SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, JAKARTA — Penyebaran hoaks terkait tujuh kontainer asal China yang mengangkut surat suara tercoblos dinilai serius. Ketua DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) menilai ada upaya terencana untuk merusak stabilitas pertahanan dan kemananan nasional (Hankamnas) menjelang Pilpres 2019.

“Upaya merusak stabilitas Hankamnas dan ketertiban umum masih berlanjut. Di awal tahun 2019 ini, upaya merusak stabilitas Hankammas itu dilakukan dengan menyebarluaskan hoaks tentang tujuh kontainer berisi surat suara pemilu yang sudah tercoblos,” kata Bamsoet, Jumat (4/1/2018).

Promosi Kisah Agen Mitra UMi di Karawang: Penghasilan Bertambah dan Bantu Ekonomi Warga

Dia menilai aksi penyebaran hoaks itu tidak bisa ditolerir karena jelas-jelas ingin merusak proses persiapan pelaksanaan Pemilu 2019. Bahkan dia menduga penyebaran isu tersebut telah dirancang sejak dini.

Bambang menilai hoaks tersebut patut dilihat sebagai benih instabilitas yang secara sistematis ditumbuhkembangkan untuk membangun persepsi di ruang publik. Pesannya, seolah-olah ada pihak yang jauh-jauh hari sudah berbuat curang demi meraih kemenangan pada Pilpres dan Pileg 2019.

“Karena itu, saya sebagai pimpinan DPR mendesak penegak hukum untuk menindak tegas penyebar hoaks dan siapa pun yang berada dibalik aksi yang brutal ini,” ujarnya.

Bambang yang merupakan politikus Partai Golkar itu menilai persepsi kecurangan itu yang nantinya akan dijadikan alasan atau pijakan untuk menggelar aksi atau gerakan yang mengacaukan proses pemungutan dan perhitungan suara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya