Usia 25 Tahun dan Masih Lajang, Ini Sosok Ketua Baru DPC PKB Solo
Ketua DPC PKB Solo periode 2021-2026, Muhammad Birawan Aulia Abshar, 25, saat ditemui wartawan di Pondok Jowi Manahan, Solo, Senin (8/3/2021) malam.(Solopos/Kurniawan)

Solopos.com, SOLO -- DPC Partai Kebangkitan Bangsa atau PKB Kota Solo memiliki ketua baru yang berusia muda dan masih lajang. Namanya Muhammad Birawan Aulia Abshar.

Birawan ditunjuk DPP PKB untuk mengisi jabatan Ketua DPC PKB Solo menggantikan seniornya, Mohamad Rofik, 36. Kendati belum pernah menjadi pengurus PKB, Birawan mendapatkan rekomendasi dari DPP PKB.

Saat berbincang dengan wartawan di Pondok Jowi, Manahan, Banjarsari, Solo, Birawan mengaku berusia 25 tahun dan belum menikah. Ia bekerja di bidang sanitasi atau pengolahan limbah. “Bersih-bersih lingkungan,” tuturnya.

Baca Juga: Bak Adegan Film Silat, Polisi Bekuk Orang Gangguan Jiwa Bersenjata Pedang Di Pedan Klaten

Sarjana jurusan Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota UNS Solo itu merupakan warga asli Kota Bengawan, tepatnya dari Premulung, Sondakan, Laweyan.

Saat ini ketua baru PKB Solo itu sedang menjalani studi jenjang S2 di Jurusan Kebijakan Publik UNS Solo. Ihwal pekerjaannya, Birawan mengaku mengurus limbah yang dihasilkan di perkantoran, mal, dan hotel.

Pekerjaan

“Di limbah itu ada kandungan zat tertentu yang saya olah menjadi air bersih sesuai baku mutu air,” terangnya.

Baca Juga: Wali Kota Solo Gibran Jawab Soal Viaduk Gilingan Kerap Banjir, Ini Katanya

Wilayah operasi pekerjaan Birawan meliputi seluruh wilayah Tanah Air, misalnya pembuatan sanitasi IPAL di Ponpes Ciganjur dan Jombang. Mengenai ada atau tidaknya darah kiai di tubuhnya, ia tak menjawab. “Rahasia ya,” katanya.

Pemuda Solo itu mengakui ia merupakan Ketua DPC PKB termuda di seluruh Tanah Air saat ini. Menurutnya, kaum muda atau milenial mempunyai semangat juang tinggi dan progresivitas. Apalagi Solo dipimpin Wali Kota muda.

“Jadi Solo ini kan dipimpin figur muda, Mas Gibran. Orang muda, kaum muda, kaum milenial, punya semangat juang tinggi, punya progresivitas, dan sebagainya. Itu yang jadi semangat yang kita semua kobarkan,” urainya.

Baca Juga: Sebut Polisi Terima Jatah Dalam Razia Prostitusi, Pemuda Ini Dijemput Ke Mapolresta Solo

Menurut Ketua DPC PKB Solo itu, saatnya anak muda untuk tampil dan mengambil peran. Tidak hanya bidang politik, tapi juga berbagai peran lain di negara ini.

Mendukung Pemerintahan

Ihwal sikap politik PKB, ia menyatakan menjadi pendukung pemerintahan. Sikap itu tidak hanya di kancah nasional, tapi juga di pemerintahan Solo.

Birawan juga tidak menampik akan menemui Gibran sebagai Wali Kota dan pimpinan parpol di Solo. Menurutnya, komunikasi yang baik harus dijalin semua parpol.

Baca Juga: Tiwas Bikin Geger! Dikira Tenggelam, Bocah Sukoharjo Ini Ternyata Lagi Nonton TV Di Rumah

“Tentu kami mendukung pemerintah, di Solo dan nasional. Tentu komunikasi harus terjalin. Sepenuhnya harus bersatu,” ujarnya.

Mengenai statusnya belum menikah, Birawan mengaku sedang fokus terhadap keluarga. Sebab ia merupakan tulang punggung keluarga.

“Waktu dan tenaga saya selama ini untuk keluarga. Dengan tanggung jawab baru yang saya emban saat ini waktu, tenaga dan pikiran saya untuk partai,” tegas Birawan.



Berita Terkini Lainnya








Kolom