Ketika Pimpinan PKI Gelar Pertemuan Kilat di Prambanan Klaten

Peristiwa G30S sampai sekarang masih membekas di benak masyarakat Indonesia.

 Kota Klaten. (Istimewa/Kabupaten Klaten).

SOLOPOS.COM - Kota Klaten. (Istimewa/Kabupaten Klaten).

Solopos.com, KLATEN — Peristiwa G30S sampai sekarang masih membekas di benak masyarakat Indonesia. Partai Komunis Indonesia (PKI) pernah menjadi partai besar di Indonesia.

Dilansir dari laman sejarahone.id, Kamis (29/9/2022), para pimpinan PKI melakukan pertemuan kilat yang berlokasi di wilayah Prambanan, Klaten, Jawa Tengah, 25 Desember 1925. Dalam pertemuan tersebut, para pimpinan PKI membahas tentang aksi mogok sampai aksi angkat senjata yang akan dilaksanakan para tani dan buruh.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

Ada tujuan yang harus dicapai dalam pertemuan tersebut, yaitu aksi pemberontakan harus dilancarkan di seluruh wilayah Indonesia terhadap warga Belanda. Rencana itu kemudian disampaikan ke wakil komunis Internasional (Komintern) di Singapura.

Selanjutnya, PKI mengutus Alimin dan Musso pergi ke Singapura. Setelah Komintern Singapura menindaklanjuti aksi tersebut maka Alimin dan Muso diberangkatkan langsung dan menghadap pemimpin besar Komunis, yaitu Stalin di Moskow, Uni Soviet.

Setelah menerima perintah membatalkan aksi pemberontakan dan mengubah cara kerja PKI serta menyebarkan propaganda terhadap Belanda, akhirnya Muso dan Alimin pulang ke Indonesia. Namun, Muso dan Alimin melanggar perintah tersebut dengan melancarkan aksinya di Sumatera Barat dan di Batavia.

Baca Juga: Peristiwa Kentong Gebyok Klaten 1965, Daerah Tegalgondo hingga Prambanan Gempar

Akibatnya, pemberontakan tersebut cepat dicegah oleh Belanda karena persiapan Muso dan Alimin yang kurang matang dan adanya larangan PKI di Indonesia. Akhirnya Muso dan Alimin tertangkap Belanda dan dimasukan ke penjara.

Tahun 1935 sampai 1936 ketika Muso keluar dari penjara, ia sempat pulang pergi ke Moskow, Uni Soviet namun diusir dan balik lagi. Sampai 11 Agustus 1948, Muso pulang ke Indonesia melalui Yogyakarta. Seperti tidak takut terhadap hukuman, ia kembali melancarkan aksinya dengan para militan PKI di Madiun tanggal 18 September 1948.

Aksi tersebut dapat ditumpas oleh Divisi Siliwangi TNI. Muso dikepung satu peleton di Pacitan sampai akhirnya meninggal dunia karena ditembak dan jasadnya dibawa ke RS Ponorogo guna diawetkan sampai akhirnya dibakar secara diam-diam.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Pemkab Klaim Tak Ada PHK di Boyolali, tapi Ada Pengurangan Jam Kerja

      Pemkab Boyolali melarang keras perusahaan melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) kepada karyawan di Boyolali.

      Orasi Tuntas Subagyo di Hadapan Massa: Dukung IKN Nusantara & NKRI Harga Mati

      Pendiri sekaligus Ketua Umum Dewan Pembina YSNW, Tuntas Subagyo, menyampaikan orasi mendukung program pemerintah, salah satunya membangun IKN Nusantara di Kalimantan Timur.

      Pecah! Nella & Woro Sukses Pukau Penonton Konser Tengah Sawah di Sukoharjo

      Tuntas Subagyo menyelenggarakan konser di tengah sawah dan perkampungan Purbayan, Sukoharjo dalam rangka launching YSNW dan Doa Bersama Lintas Agama pada Jumat (2/12/2022).

      Alhamdulillah Lega! Warga Bengle Boyolali Dapat Bantuan Sumur Bor dari KIPS

      Warga Dusun Cupit, Kabupaten Boyolali, mendapatkan bantuan pembuatan sumur dalam dari Komunitas Isuzu Panther Soloraya (KIPS) Peduli.

      Tok! Hanya Naik Rp10.299, UMK 2023 Boyolali Diusulkan Rp2,1 Juta

      Upah Minimum Kabupaten (UMK) Boyolali pada 2023 diusulkan sebesar Rp2.155.712,29.

      Percepatan Pemulihan Pascapandemi Jadi Tema ISETH ke-8 UMS

      Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) akan menyelenggarakan International Summit on Science, Technology, and Humanity (ISETH) pada Senin-Selasa (5-6/12/2022) mendatang.

      UMK 2023 Klaten Diusulkan Naik 6,78%, Jadi Rp2,1 Juta

      Nilai upah minimum kabupaten (UMK) 2023 Klaten diusulkan Rp2.152.322,94 atau naik sekitar 6,78 persen dibandingkan UMK 2022.

      Gending Bertema Persis Solo akan Dibawakan saat Pernikahan Kaesang-Erina

      Grup karawitan dari Institut Seni Indonesia (ISI) Solo mempersiapkan gending (lagu dari gamelan) bertema Persis Solo dalam acara pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Sofia Gudono.

      Pidato Tuntas Subagyo saat DBLA di Purbayan Sukoharjo Membius Ribuan Orang

      Pidato Pendiri sekaligus Ketua Umum Dewan Pembina YSNW, Tuntas Subagyo, membius 6.000-an anggota organisasi itu saat DBLA di Desa Purbayan, Baki, Kabupaten Sukoharjo, pada Jumat (2/12/2022).

      ISI Solo Siapkan 2 Grup Karawitan di Pernikahan Kaesang-Erina

      Dua grup karawitan dari Institut Seni Indonesia (ISI) Solo akan tampil dalam acara pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Sofia Gudono.

      Tanpa Dukungan Penuh Pemkab, Wonogiri Sulit Capai Target Bebas AIDS Tahun 2030

      Target bebas acquired immune deficiency syndrome (AIDS) pada 2030 di Wonogiri sulit tercapai jika tidak ada dukungan serius dari Pemkab setempat.

      Fakta-Fakta Penangkapan Terduga Teroris di Sukoharjo Pada Kamis Pagi

      Fakta-fakta penangkapan terduga teroris di empat lokasi wilayah Kabupaten Sragen, Kamis (1/12/2022).

      Sudah 40 Persen, DPU BMCK Jateng Hentikan Pekerjaan Jembatan Ganefo Sragen

      DPU BMCK Jateng menghentikan kontrak pembangunan Jembatan Ganefo Sragen. Penghentian proyek tersebut disebabkan adanya revisi desain bawah jembatan.

      Menjelajahi Geopark Dunia di 7 Geosite Wonogiri

      Wonogiri menyimpan keindahan situs taman Bumi yang indah serta kekayaan arkeologi di zaman purbakala.

      Membeludak! Ribuan Orang Ikut Doa Bersama Lintas Agama di Purbayan Sukoharjo

      Ribuan orang anggota organisasi dan tamu undangan Tuntas Subagyo dari berbagai daerah memadati Taman Ratu Maulidya di Desa Purbayan, Baki, Sukoharjo, pada Jumat (2/12/2022).

      Truk Uruk Tol Solo-Jogja Terguling di Ceper Klaten, Tak Ada Korban Jiwa

      Kecelakaan lalu lintas melibatkan satu unit mobil dan satu unit truk terjadi di ruas jalan Ceper-Besole, Desa Ceper, Kecamatan Ceper, Jumat (2/12/2022) sore.