Tutup Iklan

KETERSIDAAN GAS ELPIJI : Disperindag Boyolali: Pasokan Elpiji Melon Boyolali Aman

KETERSIDAAN GAS ELPIJI : Disperindag Boyolali: Pasokan Elpiji Melon Boyolali Aman

SOLOPOS.COM - Ilustrasi elpiji 3kg alias gas si melon. (JIBI/Bisnis/Dok.)

Ketersediaan gas elpiji 3 kg atau elpiji melon di wilayah Boyolali dikatakan aman.

Solopos.com, BOYOLALI—Disperindag Boyolali menyatakan ketersediaan pasokan gas melon 3 kilogram di Kabupaten Boyolali masih aman dan mencukupi.

Kelangkaan elpiji melon 3 kilogram (kg) hanya terjadi di sebagian kecil wilayah perbatasan Boyolali. Kepala Disperindag Kabupaten Boyolali, Suyitno, mengatakan Disperindag Kabupaten Boyolali secara umum jumlah pasokan gas elpiji di Boyolali masih aman.

“Kami sudah melakukan pengecekan ke beberapa penyalur, dan hasilnya tidak ada masalah. Pasokan elpiji 3 kg untuk wilayah Boyolali masih mencukupi,” kata dia saat dihubungi solopos.com, Sabtu (16/5/2015) sore.

Lebih lanjut Kepala Bidang Perdagangan Boyolali, Y. Supriyanto, mengatakan kelangkaan yang terjadi di sejumlah daerah perbatasan seperti Sawit yang berbatasan dengan Sukoharjo dan Klaten adalah hal yang wajar. Daerah perbatasan rawan terjadi rembesan elpiji, yakni warga dari luar Boyolali yang daerahnya langka elpiji memilih untuk menyerbu elpiji dari perbatasan Boyolali.

“Sulit elpiji hanya di daerah perbatasan saja, selebihnya aman karena di daerah perbatasan seperti Sawit, itu kan dekat dengan Sukoharjo dan Klaten, jadi pembelinya banyak dari luar daerah. Padahal itu tidak boleh karena di luar haknya, karena tiap daerah sudah dijatah sendiri-sendiri,” kata dia saat dihubungi solopos.com, Sabtu sore.

Supriyanto menambahkan sekitar awal Mei Operasi Pasar (OP) pernah dilakukan setelah mendapat laporan kelangkaan elpiji melon di Selo, Boyolali. Namun setelah dilakukan OP, elpiji melon yang terbeli hanya 10 tabung. Menurutnya Ini menandakan kelangkaan tidak benar-benar terjadi.

Pengecer gas melon di Dukuh Gatak Gede, Desa Kateguhan, Kecamatan Sawit, Dondit, 45, mengatakan meski pasokan gas yang diterima dari pangkalan berkurang, hingga Sabtu tidak sampai menimbulkan kelangkaan yang mengakibatkan krisis elpiji di kalangan masyarakat pengguna elpiji. Dondit menjelaskan harga elpiji melon mencapai Rp20.000 di warung-warung kecil.

“Di sini Alhamdulillah meski sempat kiriman gas molor sampai 2 minggu dan kosong beberapa hari, tapi tidak sampai separah di Sukoharjo.” kata dia saat dijumpai Espos, Sabtu.

Pemilik pangkalan elpiji melon di Desa Manukan, Kecamatan Bangak, Lestari, 35, mengatakan pasokan dari agen masih normal. Dia mendapat jatah rata-rata 100 tabung gas per hari. Dia mengaku menjatah ketat distribusi elpiji melon kepada sejumlah pelanggannya.

“Yang diutamakan pelanggan dari Bangak dulu, terutama home industry dan pelaku usaha yang membutuhkan banyak pasokan elpiji, seperti home industry kue dan pedagang bakso keliling. Tiap 3-7 hari sekali saya jatah 3-10 tabung,” kata dia saat dijumpai solopos.com, Sabtu.

Sementara itu Marfuah, 60, warga RT 005/RW 004 Dukuh Kebon Luwak, Desa Ringin Larik, Kecamatan Musuk, Boyolali, mengatakan tidak mengalami kesulitan memperoleh elpiji melon. Dia mengatakan sebagian besar warga masih menggunakan kayu bakar.

“Selain elpiji 3 kg, saya juga pakai kayu bakar untuk masak. Saya pakai elpiji hanya untuk yang butuh dimasak cepat saja,” kata dia saat dihubungi solopos.com, Sabtu.

Berita Terkait

Berita Terkini

Temui Dubes Palestina, Ketum PBNU: Menurut Al-Qur'an, Israel akan Kalah

Said Aqil mengatakan NU telah menyatakan dukungan kemerdekaan dan kedaulatan Palestina sejak 1938.

Ini 5 Ekses Setuju Kebijakan Baru Privasi Whatsapp

Whatsapp seperti dibahas SAFE net secara resmi menerapkan kebijakan privasi baru mulai Sabtu (15/5/2021) lalu.

Balon Udara Meledak di Delanggu Klaten, Polisi Periksa 6 Orang Saksi

Polisi sudah meminta keterangan dari enam warga Dukuh Krapyak, Desa Sabrang, Delanggu, Klaten, terkait ledakan balon udara dengan petasan,

Pemudik Motor Wajib Rapid Test Antigen Acak saat Balik

Kemenhub bakal mengecek Covid-19 dengan rapid test antigen secara acak terhadap pemudik pengendara sepeda motor yang balik ke Jabodetabek.

Awas Licin! Belasan Sepeda Motor Berjatuhan Di Jalan Seputar Alut Keraton Solo

Belasan sepeda motor mengalami kecelakaan saat melewati jalan yang licin di seputar Alun-Alun Utara Keraton Solo pada Minggu dan Senin.

Gubernur Jateng Minta Seluruh RS Antisipasi Lonjakan Covid-19

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo meminta semua rumah sakit di Jateng siaga potensi lonjakan kasus Covid-19 pasca Lebaran 2021.

Tahukah Anda? Tiap Zodiak Punya Bakat Terpendam!

Tahukah Anda, setiap pemilik tanda zodiak memiliki bakat terpendam yang mungkin bermanfaat untuk mengarungi kehidupan manusia.

Viral Pemotor Nyemplung Pantai Jepara, Ternyata Begini Ceritanya

Dalam video berdurasi 16 detik itu memperlihatkan seorang pemotor yang tengah terjebak di pantai.

Polrestabes Semarang Gelar Tes Antigen Acak Pemudik di Simpang Lima

Total ada sekitar 100 kendaraan dari luar daerah yang terjaring operasi Satlantas Polrestabes Semarang di Simpang Lima.

Polri Akui Ratusan Kecelakaan di Puncak Arus Balik Lebaran 2021

Polri serius mencegah warga mudik Idulfitri atau Lebaran 2021, meski demikian Polri mengakui ratusan kecelakaan sepanjang puncak arus balik.

Wisata Kedungombo Dibuka Lagi, Terapkan Prokes Ketat

Seiring selesainya proses pencarian korban perahu terbalik, kemudian wisata Kedungombo dibuka kembali.

Tribun Sinagoge di Tepi Barat Ambruk, 2 Tewas & 100 Terluka

Musibah maut menyeruak di tengah konflik berdarah Israel dan Palestina ketika tribun sebuah sinagoge di Tepi Barat, Palestina ambruk.