SOLOPOS.COM - Pencari kerja mendaftar di acara Berkah Job Fair 2017 di atrium Solo Square, Senin (18/9/2017). (Sunaryo Haryo Bayu/JIBI/Solopos)

Berkah Job Fair di Solo Square Mall, Solo, menyediakan lebih dari 10.000 lowongan pekerjaan.

Solopos.com, SOLO — Lebih dari 10.000 lowongan pekerjaan ditawarkan kepada pencari kerja di Solo dan sekitarnya dalam Berkah Job Jair, Senin-Selasa (18-19/9/2017), di Atrium Solo Square. Lowongan kerja yang ditawarkan mulai dari driver hingga level manajer.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Ketua Berkah Job Fair, Gus Minging D. Setiawan, menyampaikan acara kali kelima ini menggandeng 42 perusahaan di Soloraya. Perusahaan tersebut dari latar belakang berbeda, di antaranya tekstil, transportasi, konstruksi, consumer goods, otomotif, perbankan, media, pusat perbelanjaan, dan lainnya.

Job fair kali ini menawarkan lebih dari 10.000 lowongan pekerjaan karena ada satu perusahaan tekstil yang membuka 4.000 lowongan. Job fair dibuka pukul 10.00 WIB-22.00 WIB bagi pelamar yang sudah bekerja tapi ingin mencari pekerjaan baru atau mahasiswa yang ingin mulai bekerja karena ada perusahaan yang membuka lowongan untuk lulusan SMA,” ungkap Gus Minging saat ditemui Solopos.com di Atrium Solo Square, Senin (18/9/2017).

Dia mengungkapkan perusahaan membutuhkan banyak tenaga kerja tapi kesulitan mencari pekerja. Begitu juga tidak sedikit masyarakat yang mengeluh kesulitan mendapat pekerjaan karena tidak tahu perusahaan mana yang butuh pekerja dan apa spesialisasinya.

Oleh karena itu, acara tersebut berupaya menjembatani kebutuhan masyarakat pencari kerja dan perusahaan. Acara digelar di mal karena mudah dijangkau dan fasilitas lengkap sehingga diharapkan memudahkan pelamar.

Sebelum datang ke lokasi acara, pelamar bisa mendaftar dan memasukkan lamaran secara online melalui lokerloka.com. Dia mengungapkan sistem ini baru diterapkan tahun ini. Melalui sistem baru, pelamar juga bisa memantau sampai di mana berkas lamaran yang telah dimasukkan.

Namun, bagi calon pelamar yang belum registrasi online, bisa registrasi di lokasi langsung karena panitia menyediakan laptop atau bisa juga mendaftar melalui smartphone. Gus Minging mengatakan beberapa perusahaan ada yang langsung melakukan ujian dan wawancara sehingga disediakan juga tempat ujian.

“Jumlah pendaftar terus meningkat setiap tahun. Tahun lalu ada 6.000-an orang dan tahun ini diprediksi mencapai 10.000 orang karena sejak dibuka langsung ramai. Kebanyakan pelamar atau sekitar 80% merupakan masyarakat Soloraya,” ujarnya.

Dia mengungkapkan untuk menjaga lowongan yang dibuka bisa dipertanggungjawabkan, dia mewajibkan perusahaan yang bekerja sama melaporkan pelamar yang lolos seleksi di masing-masing posisi. Hal ini juga untuk evaluasi kepesertaan tahun berikutnya.

Salah satu pelamar, Dessy Rahmawati, mengaku tahu ada job fair tersebut dari Instagram. Dia mengaku tertarik untuk melamar pekerjaan supaya bisa mendapat tambahan penghasilan sambil menyelesaikan kuliah S2 di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya