SOLOPOS.COM - Ilustrasi cek oli mobil. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Agar mensin mesin awet, sebaiknya ketahui tanda oli mobil harus diganti. Sebab hal ini merupakan salah satu bentuk perawatan terhadap tunggangan kamu. Simak ulasannya di info otomotif kali ini.

Jika terlambat, tentu ada dampak yang bisa ditimbulkan. salah satunya adalah performa mobil yang menurun sampai terbakarnya piston.  Hal ini bisa berujung pada harus turun mesin.

Promosi Ayo Mudik, Saatnya Uang Mengalir sampai Jauh

Tidak sedikit pemilik mobil yang belum paham kapan waktunya tanda ganti oli mobil. Cara termudah yaitu dilihat dari kilometer kendaraan. Selain itu, ada beberapa tanda lain yang bisa diperhatikan.

Berikut ini sejumlah tanda oli mobil harus diganti seperti dikutip dari deltalube pada Rabu (12/7/2023):

1. Perubahan Warna Oli

Salah satu tanda mobil harus ganti oli adalah perubahan pada warna oli. Tidak ada salahnya untuk sesekali memeriksa warna oli mobil. ketika fisik oli sudah menghitam dan lebih encer, segeralah untuk mengganti oli.

2. Mesin Mobil Terasa Kasar

Ketika mesin mobil terasa lebih kasar dari biasanya, bisa jadi pertanda oli mesin harus diganti. Lebih mudah terasa pada mobil yang kondisinya masih baru, perbedaan mesin yang halus ke lebih kasar lebih mudah terdeteksi.

3. Perhatikan Jarak Tempuh Mobil

Selain melihat warna oli, jarak tempuh mobil juga bisa jadi patokan kapan harus mengganti oli. Jarak tempuh yang disarankan adalah antara 4.000-6.000 Km.

4. Cek Kartu Pengingat Ganti Oli

Ketika sedang mengganti oli mobil di bengkel, biasanya akan diberi kartu pengingat ganti oli. Bengkel mematok di angka 5.000 Km setiap penggantian. Maka, jika lupa kapan ganti oli, cukup melihat kartu tersebut.

5. Peringatan Mobil untuk Ganti Oli

Mobil zaman sekarang sudah didesain lebih canggih, salah satunya yakni tanda peringatan untuk mengganti oli. Tanda ini akan menyala bila tekanan oli dalam mesin mobil sudah terlalu rendah.

6. Cek Tongkat Pengukur Oli Mesin

Tanda terakhir oli mobil harus diganti bisa dilihat dari tongkat pengukur.  Sebelum memeriksa oli mobil, pastikan mesin mobil dalam keadaan dingin. Tongkat ini akan memperlihatkan berapa banyak oli yang masih tersedia di mobil. Jika sudah di bawah ambang batas, lebih baik langsung datang ke bengkel untuk mengganti oli.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya