Ketahui Penyebab Masa Menstruasi Tiba-Tiba Lebih Singkat dari Biasanya

Lantas, bagaimana jika masa menstruasi yang biasa tiba-tiba menjadi lebih singkat dari bulan sebelumnya?

 Ilustrasi menstruasi. (Freepik)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi menstruasi. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Pada umumnya masa menstruasi wanita adalah selama tujuh hari, tapi berbagai penyebab masa haid ini bisa lebih singkat dari biasanya.  Hal ini tentu bisa memicu rasa penasaran.

PromosiJejak Pasukan Penyerang Singasari di Seputar IKN Nusantara

Lantas, bagaimana jika masa menstruasi yang biasa tiba-tiba menjadi lebih singkat dari bulan sebelumnya? Apakah hal ini menandakan adanya masalah kesehatan?

Untuk mengetahui penyebab masa menstruasi tiba-tiba lebih singkat dari biasanya, Anda perlu mengenal lebih dulu bahwa faktor utama yang memengaruhi siklus dan lamanya menstruasi Anda adalah hormon estrogen. Hormon ini berfungsi untuk mematangkan organ reproduksi wanita. Tak hanya itu, hormon ini juga membantu mempersiapkan dinding rahim sebelum proses perlekatan dengan embrio.

Baca Juga:  Awas Tertipu! Ini Perbedaan Monstera Marmorata dengan Sirih Gading

Berikut ini sejumlah penyebab siklus menstruasi tiba-tiba lebih singkat dari biasanya seperti dikutip dari hellosehat.com pada Selasa (30/11/2021):

1. Perimenopause

Perimenopause bisa jadi salah satu penyebab siklus menstruasi tiba-tiba jadi singkat. Permenopause adalah periode menjelang menstruasi terakhir sebelum menopause. Selama rentang waktu ini, produksi estrogen kian berkurang sehingga menstruasi menjadi tidak lancar.  Perubahan ini membuat masa menstruasi Anda juga akan menjadi lebih pendek dibandingkan biasanya.

Kondisi ini sering kali disertai dengan gejala lain. Anda mungkin mengalami perdarahan tidak normal selama menstruasi, atau tidak mengalami menstruasi pada bulan-bulan tertentu sehingga totalnya tidak mencapai 12 kali dalam setahun.

2. Stres

Stres dapat memengaruhi berbagai sistem dalam tubuh, termasuk menghambat produksi hormon estrogen. Kondisi stres yang parah bahkan tidak hanya mengganggu siklus menstruasi, tapi juga bisa membuatnya berhenti selama beberapa bulan.

Baca Juga:  Kebiasaan Tidur yang Buruk Bikin Orang Merasa Tua, Ini Penjelasannya

Stres biasanya disertai dengan gejala lain, seperti tubuh lesu, munculnya perasaan cemas berkepanjangan, gangguan tidur, serta penurunan berat badan. Jika lama menstruasi Anda berubah secara mendadak, coba amati apakah Anda turut mengalami tanda-tanda stres tersebut.

3. Penggunaan KB hormon

KB hormon mengandung hormon progesteron dan estrogen yang berdampak secara langsung pada siklus menstruasi.  Salah satu efek yang muncul pada penggunaan KB pertama kali adalah perubahan masa menstruasi yang menjadi lebih pendek dibandingkan sebelumnya.

Perubahan ini juga dapat terjadi saat Anda mengganti jenis KB yang digunakan, misalnya dari suntik menjadi pil.  Efek samping lain yang sering dikeluhkan dari penggunaan KB hormon adalah munculnya bercak darah sebelum masa menstruasi, nyeri perut, serta sakit kepala.

4. Mengalami sindrom ovarium polikistik

Sindrom ovarium polikistik (PCOS) adalah gangguan pada ovarium yang menyebabkan tubuh lebih banyak memproduksi hormon seks laki-laki.  Jumlah estrogen pun menjadi jauh lebih rendah dibandingkan seharusnya sehingga berdampak pada siklus menstruasi secara keseluruhan.

Baca Juga:  Telinga Berdenging Pertanda Firasat Buruk? Ini Penjelasan Ilmiahnya

Penderita PCOS biasanya mengalami menstruasi tidak teratur, memiliki masa menstruasi yang lebih pendek, atau tidak mengalami menstruasi selama beberapa kali.  Penyakit ini juga dapat menyebabkan munculnya rambut halus pada wajah, suara yang lebih dalam, hingga kesulitan untuk hamil.

5. Menyusui

Tubuh Anda memproduksi ASI dengan bantuan hormon prolaktin. Namun, hormon ini juga memengaruhi menstruasi dengan menghambat pelepasan sel telur dari ovarium dalam proses yang disebut ovulasi. Tanpa ovulasi yang cukup, masa menstruasi Anda akan menjadi lebih pendek dibandingkan biasanya. Gejala lain yang dapat Anda alami adalah terhentinya menstruasi selama beberapa bulan serta munculnya bercak darah di luar masa menstruasi.

Perubahan lama menstruasi Anda menjadi lebih pendek tidak selalu menandakan masalah kesehatan. Akan tetapi, bukan berarti Anda bisa mengabaikan perubahan masa menstruasi yang terjadi terus-menerus.

Berita Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Kemenkes Sediakan Pelayanan Bagi Pasien Positif Omicron, Begini Caranya

Teknologi telemedisin Kemenkes ini bertujuan menyediakan akses kesehatan terjangkau secara online dengan fleksibel, terjangkau, dan mudah.

Waspada! Gejala Omicron Bisa Bertahan Lama di Tubuh

Beberapa penelitian menyebutkan varian Omicron ini memiliki gejala yang dapat bertahan lama di dalam tubuh orang yang terpapar virus tersebut.

Jadi Enggak Seram! Jalan Permakaman Dipenuhi Bakul Jajanan dan Mainan

Permakaman yang identik dengan tempat menyeramkan bagi sebagian orang malah digunakan bakul jajanan berjualan.

Joget Mendung Tanpo Udan, Instagram NCT Dream Diserbu Netizen Indonesia

NCT Dream membuat heboh netizen Indonesia dengan joget lagu koplo Mendung Tanpo Udan, yang dipopulerkan oleh Ndarboy Genk.

Doa Agar Anak Rajin Ibadah Salat, Lengkap dengan Latin dan Artinya

Berikut ini terdapat doa agar anak rajin ibadah salat yang bisa dibaca oleh para orang tua, dilengkapi dengan latin dan artinya.

Viral! Pria Pamerkan Kekuatan Mistis yang Buat Mandau Terbang

Sosok pria menampilkan kekuatan mistis yang membuat mandau terbang tanpa disentuh.

Tata Cara Salat Jenazah, Lengkap dengan Doa

Berikut tata cara dan doa salat jenazah sebagaimana yang diajarkan Nabi Muhammad.

Begini Tanda Seseorang Merasa Klik dengan Orang Lain

Penelitian tentang bagaimana tanda seseorang klik dengan orang lain ini diterbitkan dalam Proceedings of the National Academy of Sciences.

7 Dekorasi Imlek Ini Dipercaya Mendatangkan Keberuntungan

Setiap dekorasi dalam perayaan Imlek memiliki makna tersendiri dan dipercaya dapat membawa keberuntungan pada sebuah rumah berikut penghuninya.

Unik! Bakul Mi Ayam Ini Masak Sambil Joget, Alasannya Bikin Heran

Seorang bakul berjoget saat memasak mi ayam pesanan pembeli, konon agar masakannya lebih lezat.

Awas! Lima Ruam Kulit Ini Menunjukkan Gejala Awal Covid-19

Ada lima jenis ruam kulit yang menunjukkan gejala awal Covid-19, apa saja ya?

Demam di Musim Hujan dan Banjir Bisa Jadi Tanda 7 Penyakit Ini

Keluhan seperti demam dan tidak enak badan sering kali terdengar di musim hujan dan banjir.

Viral! Aksi Heroik Sejumlah Santri Gagalkan Pencurian Motor

Viral video aksi heroik sejumlah santri yang berhasil mengagalkan pencurian motor di tempat parkir Jalan Raya Pasar Nongkojajar, Mesagi, Wonosari, Kecamatan Tutur, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.

Viral Video Ridho DA Suruh Istri Makan Bekas Jilatan, Netizen: Jorok!

Video viral Ridho DA yang meminta istrinya untuk memakan jajanan yang habis ia jilat mendapatkan kritikan netizen.

Fakta-Fakta Varian BA.2, Virus Baru yang Disebut Son of Omicron

Meskipun informasi mengenai varian BA.2 masih sedikit, berikut fakta-faktanya yang perlu Anda ketahui.

Catat, Ini Tiga Bahan untuk Mengatasi Jerawat

Ada sejumlah bahan untuk mengatasi jerawat.