SOLOPOS.COM - Ilustrasi suami selingkuh. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Ada sejumlah ciri suami selingkuh menurut psikolog, sebelum terlambat para istri sebaiknya mengetahui tanda-tanda ini. Setelah mengetahui tanda-tandanya, keputusan berada di tangan Anda apakah tetap bertahan atau memilih berpisah?

Perselingkuhan kerap menjadi salah satu faktor perceraian atau perpisahan pasangan suami istri. Sejumlah rumah tangga artis juga kerap didera isu kehadiran orang ketiga atau pelakor ini, yang terbaru rumah tangga artis Ayu Dewi dan Lesti Kejora

Promosi Jaga Keandalan Transaksi Nasabah, BRI Raih ISO 2230:2019 BCMS

Penyebab KDRT yang dilakukan Rizky Billar terhadap Lesti Kejora berawal saat Lesti Kejora mengetahui suaminya itu memiliki orang ketiga. Lesti minta dipulangkan dan hal ini memicu pertengkaran yang berujung pada KDRT.

Nah, agar tidak salah menebak, ketahui ciri suami selingkuh menurut psikolog berikut ini seperti dikutip dari doktersehat.com pada Sabtu (1/10/2022):

1. Kebiasaannya Berubah

Ketika pria berselingkuh, ia akan cenderung ingin terlihat lebih menarik di depan wanita idaman lain (WIL) tersebut. Oleh sebab itu, mereka akan mengubah sedikit demi sedikit kebiasaan mereka sesuai dengan selera wanita yang menjadi incarannya dengan harapan mereka dapat menarik perhatian targetnya.

Baca Juga: Suami Ayu Dewi Terseret Lantaran Pengakuan Denise Chariesta Pria Inisial R

Meskipun tak semua perubahan kebiasaan merupakan tanda perselingkuhan, namun tidak ada salahnya apabila para istri mulai siaga pada perubahan suami yang cukup mencolok disertai dengan tanda-tanda lainnya.

2. Selalu Memicu Pertengkaran

Seorang profesor di bidang Psychology and Brain Sciences, Dr. Susan Krauss Whitbourne, mengungkapkan bahwa ketika suami berselingkuh maka ia akan cenderung sering memicu pertengkaran dengan pasangan mereka. Hal tersebut biasanya dilakukan bahkan tanpa alasan yang jelas maupun dipicu oleh faktor masalah yang kelihatannya sepele.

Baca Juga: Denise Chariesta Akui Pernah Jadi Selingkuhan Pria Berinisial R

Pertengkaran ini bisa menjadi red flag yang harus diperhatikan oleh para istri. Pasalnya dalam beberapa kasus, para pria sengaja memicu pertengkaran agar pasangannya merasa ilfeel atau terluka kemudian meminta agar mereka berpisah. Namun dalam beberapa kasus pula, pertengkaran tersebut dapat berujung pada kekerasan dalam rumah tangga (KDRT).

3. Tidak Lagi Peduli

Hati manusia pada dasarnya tidak didesain untuk mendua. Ketika seseorang dalam hubungan mulai jatuh cinta pada pihak ketiga, maka ia akan cenderung dingin dan enggan melakukan interaksi dalam bentuk apapun dengan pasangannya. Biasanya hal ini dipicu oleh perasaan bosan terhadap pasangan dan ditandai dengan minimnya komunikasi yang intim seperti menanyakan kabar, pencapaian  karier maupun hal-hal kecil lainnya yang biasa dibicarakan dengan pasangan.

Baca Juga: Profil Devina Kirana yang Dituding Jadi Selingkuhan Rizky Billar

Dalam beberapa kasus, para pria dapat bersikap tidak peduli secara terang-terangan. Misalnya dengan menolak kontak fisik dengan cara menghardik atau bahkan tidak menganggap pasangannya ada dan berharga- tidak seperti dia yang dulu.

4. Bersikap Impulsif

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) mendefinisikan sikap impulsif sebagai sikap seseorang yang selalu berubah-ubah tergantung dengan suasana hatinya. Ciri-ciri suami selingkuh menurut psikolog adalah sikap impulsif ini. Jika ia sedang merasa senang, maka ia akan melakukannya. Namun jika mood-nya sedang buruk maka ia akan menolak dengan kasar bahkan memiliki kecenderungan untuk melukai pasangannya secara fisik.

Berdasarkan ilmu psikologi, orang yang bersikap impulsif cenderung mudah merasa bosan dan seluruh aktivitasnya sangat ditentukan oleh mood atau suasana hati. Tipikal pasangan yang seperti ini jauh lebih tinggi kemungkinannya untuk melakukan perselingkuhan, bahkan pemicunya pun bisa jadi sangat sepele.

5. Sering Menghilang

Masih seputar ponsel, ciri pria selingkuh menurut psikologi adalah kebiasaan “menghilang” yang mendadak dilakukan oleh suami. Kebiasaan baru ini cukup kontras dengan kebiasaan di mana ia terus memegang ponselnya kemanapun. Biasanya, kebiasaan ini disebabkan ia terlalu asyik dan sibuk menghabiskan waktu dengan selingkuhannya ditambah rasa cintanya pada istri sah sudah menjadi dingin.

Baca Juga: Warganet Tuding Devina Kirana Selingkuhan Rizky Billar

6. Pengeluaran yang Tidak Wajar

Pria yang sedang jatuh cinta pada dasarnya memiliki naluri yang besar untuk memberi sesuatu pada orang yang ia cintai. Dalam beberapa kasus, para pria bahkan tidak segan untuk menghabiskan banyak uang agar selingkuhan barunya merasa bahagia. Apabila Anda seorang istri yang juga berperan mengatur keuangan, tentunya pengeluaran yang tidak wajar ini dapat diketahui dengan mudah. Namun jika tidak menemukan pengeluaran yang jumlahnya tidak wajar, Anda perlu memeriksa apakah ada kemungkinan suami memiliki tabungan atau kartu kredit yang tidak Anda ketahui.

Baca Juga: Penyebab Dugaan KDRT terhadap Lesti Kejora, Rizky Billar Ketahuan Selingkuh

7. Tidak Lagi Merasa Intim

Raganya dekat namun hatinya jauh adalah perkataan yang paling tepat menggambarkan keadaan pasangan yang telah berpaling ke lain hati. Dalam hal ini, apabila suami Anda memiliki wanita idaman lain maka tentu saja hubungannya dengan Anda akan semakin renggang. Hal ini seharusnya dapat dirasakan oleh para istri. Tidak ada lagi waktu untuk berkomunikasi secara intim, juga hubungan seksual yang semakin jarang.

8. Sering Menuduh

Ciri suami selingkuh menurut psikolog berikutnya adalah sering menuduh pasangannya berselingkuh. Ketika seseorang melakukan kesalahan prinsip dan merasa takut akan ditinggalkan, maka ia akan cenderung menilai seseorang sebagaimana ia menilai dirinya. Bahkan dalam beberapa kasus cara mereka menuduh bersifat agresif dan mereka tak segan untuk berbuat kasar untuk mendapatkan pembenaran. Psikologi pria selingkuh adalah jadi suka menuduh, sering berbohong, jarang di rumah, sering menghilang, dan tidak peduli lagi pada keluarga.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya