SOLOPOS.COM - Upil kerap menumpuk di pagi hari. (Ilustrasi/Freepik)

Solopos.com, SOLO–Saat bangun tidur, tak jarang kita menjumpai upil menumpuk di hidung. Tentu hal ini membuat kita merasa tidak nyaman dan bahkan ingin mengoreknya keluar bukan?

Mengorek hidung refleks dilakukan karena beberapa orang merasa tidak nyaman akibat upil  yang menumpuk selama tidur. Lantas, apa yang menyebabkan upil menumpuk di pagi hari?

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Berikut ini sejumlah penyebab upil menumpuk saat bangun tidur seperti dikutip dari Klikdokter.com pada Rabu (30/6/2021):

1. Infeksi hidung

Penyebab pertama upil menumpuk di pagi hari adalah adanya infeksi bakteri dan virus, ini dapat membuat hidung menghasilkan lendir yang berlebih. Lendir berfungsi menjebak dan mengeluarkan bakteri penyebab infeksi.

Baca Juga: Waspada! Tingkat Penularan Varian Delta Hampir 100 Persen pada Klaster Keluarga

Lendir tersebut dapat keluar dan menumpuk di hidung pada malam hari. Saat tidur, lendir bisa mengering dan menumpuk menjadi upil di pagi hari.

2. Polusi

Polusi juga bisa menjadi penyebab seseorang bangun tidur dengan hidung penuh upil. Partikel polusi sangat ringan dan dapat masuk ke kamar tidur melalui celah-celah jendela atau ventilasi.

Ketika Anda tidur atau berada di lingkungan yang penuh polusi, hidung akan mengeluarkan lendir untuk menjebak polusi tersebut. Maka tak heran bila saat bangun tidur hidung Anda dipenuhi dengan lendir yang mengering atau upil.

3. AC yang kotor

Sama seperti polusi, air conditioner (AC) yang kotor juga bisa menjadi penyebab upil menumpuk di pagi hari. AC berperan mengisap udara panas di sekitar ruangan dan mengeluarkan udara dingin.

Udara panas yang masuk ke dalam AC bisa menumpuk dan membuat udara yang dikeluarkan justru menjadi kotor. Ketika dihirup oleh sistem pernapasan, kotoran udara dapat disaring hidung dan berubah menjadi upil.

Baca Juga : Viral Penjelasan Virus Corona di Buku IPA, Apa Isinya?

Oleh karena itu, AC Anda perlu dilengkapi dengan filter High Efficiency Particulate Air (HEPA). Selain itu, penting untuk selalu mengganti filter AC secara teratur agar tidak ada penumpukan bakteri, debu, atau jamur di dalamnya.

4. Seprai yang kotor

Seprai yang kotor bisa menyebabkan upil menumpuk saat bangun tidur. Sebab, seprai kasur banyak mengandung sel kulit mati, keringat, air liur, kotoran serta debu yang dapat menyebabkan hidung teriritasi lalu mengeluarkan lendir.

Oleh karena itu, Anda disarankan untuk mengganti seprai paling tidak seminggu sekali.

Itu dia penyebab upil menumpuk saat bangun tidur. Dokter Dyah Novita Anggraini menyarankan, “Oleh karena itu, kalau sering upilan selain lagi pilek, ya, perlu dibersihkan rutin AC, jendela, tirai, seprai.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya