Tutup Iklan
Kesepian hingga Menyesal, 10 Hal Ini Bikin Sulit Melupakan Mantan
Ilustrasi mantan kekasih mengajak balikan (Boldsky.com)

Solopos.com, JAKARTA — Sebagian orang mungkin merasa sangat sulit melupakan eks pasangan, meskipun hubungan percintaan mereka sudah lama putus dan tak lagi bersua dengan si mantan.

Hal itu karena perpisahan adalah salah satu hal paling traumatis yang dapat terjadi dalam kehidupan seseorang dan sulit untuk melupakan, apalagi jika putusnya hubungan dengan mantan dilatarbelakangi keterpaksaan.

Mencari Pria Setia dan Berani Berkomitmen, Seperti Apa ya?

Walaupun sudah memulai hubungan baru, namun butuh waktu cukup lama bisa hitungan pekan, bulan atau tahun bagi seseorang dengan kondisi tersebut untuk melupakan mantan.

Dilansir Insider.com, berapa waktu lalu, berikut adalah 10 alasan mengapa sangat sulit melupakan mantan pasangan, bahkan jika hubungan itu benar-benar salah untuk Anda sejak awal:

1. Belum Belajar Melepaskan

Niels Eek, seorang ahli fisiologi dan salah satu pendiri kesejahteraan mental dan pengembangan aplikasi pribadi Remente, mengatakan belajar untuk melepaskan mantan pasangan adalah salah satu langkah paling penting untuk membebaskan diri dari suatu hubungan, terutama jika itu beracun.

“Anda harus menerima bahwa semua orang membuat kesalahan dan sekarang ini di masa lalu,” katanya.

“Pikirkan sebaliknya tentang apa yang bisa kamu ambil dari situasi itu. Walaupun mungkin awalnya sulit, semakin kamu mempraktikkan, semakin mudah proses ini akan terjadi,” tambah dia.

2. Masih Mengingat Momen Terbaik

Di tengah perpisahan, Anda cenderung hanya berfokus pada saat-saat menyenangkan yang Anda dan mantan Anda alami.

“Hubungan itu rumit, dan kadang-kadang ketika kita sedih, kita ingin melupakan semua masalah dan melihat hubungan melalui kacamata berwarna merah,” kata Erika Ettin, konsultan hubungan dan pendiri A Little Nudge.

“Anggap kamu putus karena alasan yang sah, tidak akan membantu untuk memikirkan hal baik yang ada di sana,” tambah dia.

3. Kesepian

Sederhananya, salah satu alasan utama Anda tidak melupakan mantan kekasih adalah karena Anda kesepian.

“Daripada merindukan seseorang yang tidak tepat untukmu, fokuslah pada dirimu sendiri,” kata Ettin.

“Kembalilah ke hobi yang biasa kamu lakukan, manjakan dirimu dengan sesuatu yang membuatmu bahagia, dan kembali berhubungan dengan teman-teman yang sudah lama tidak kamu temui. Jauh lebih baik menjadi lajang daripada bersama orang yang salah,” beber dia.

4. Melihat Sosial Medianya

Segera setelah putus, Anda cenderung masih terhubung satu sama lain di media sosial. Ettin mengatakan ini bukan ide yang bagus.

“Blokir, jangan berteman, jangan lakukan segalanya,” katanya. “Dalam hal ini, ketidaktahuan adalah kebahagiaan. Menguntit daring bisa lepas kendali. Jangan lakukan itu.”

5. Tidak Berpisah Secara Baik

Ketika seseorang menyakitimu, kamu tidak akan menyukai alasan mengapa itu terjadi. Jadi memeras pikiran Anda untuk mendapatkan penjelasan tidak akan membantu Anda dalam jangka panjang. Yang terbaik adalah mencoba dan melepaskannya.

6. Selalu Merenung

Kadang-kadang sulit untuk tidak mengulangi mengingat kenangan dengan mantan. Sebuah penelitian pada 2008 menemukan bahwa penolakan sering dihubungkan dengan perenungan, atau terus-menerus memikirkan mantan pasangan.

Pria Pun Bisa Trauma Setelah Istri Melahirkan, Ketahui Gejalanya

Perenungan sering dikaitkan dengan gangguan kecemasan dan depresi dan dapat mencegah orang dari mengakui dan menangani emosi mereka, karena mereka mencoba memperbaiki situasi daripada mencoba memahami perasaan mereka bahwa situasi telah menyebabkan.

7. Selalu Berduka

Shannon Thomas, seorang terapis dan penulis berlisensi, mengatakan orang sering berduka betpotensi mengingat hubungan masa lalu mereka.

Lamunan kita dipicu oleh pemikiran ‘seandainya …’ Ini terjadi bahkan jika kita tidak secara sadar sadar tetapi pikiran-pikiran itu merambat ke tingkat bawah sadar kita.”

8. Menyesal

Anda mungkin mendapati diri Anda berpikir tentang semua pilihan yang Anda buat dan hal-hal yang Anda katakan sebelum putus, pada dasarnya menyesali setiap kesalahan kecil yang Anda berdua buat.

Lagi Galau karena Hati, Ini Tanda-Tanda bila Jatuh Cinta

Seringkali, koneksi yang tidak sehat juga termasuk saat-saat hebat yang pada saat itu memberi kita harapan bahwa semua akan baik-baik saja dalam hubungan. Setelah putus, sangat mudah untuk membiarkan pikiran kita melayang ke penyesalan dan keinginan yang tidak terpenuhi. ”

9. Merasa Bisa Memperbaiki Keadaan

Perpetua Neo, seorang terapis dan psikolog, mengatakan hubungan Anda di masa lalu dapat mempengaruhi hubungan baru Anda karena sesuatu yang disebut pengulangan.

10. Masih Terhubung

Akhirnya, Anda mungkin kesulitan untuk move on karena Anda masih berhubungan dengan mantan Anda. Ini adalah ide yang sangat buruk jika Anda mencoba untuk pindah dari hubungan yang lama.

Pasang batas-batas yang sehat, katanya, atau Anda tidak akan pernah bisa melampaui dan menyembuhkan diri dari hubungan.

Sumber: Bisnis.com


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Pasang Baliho