SOLOPOS.COM - ilustrasi (JIBI/dok)

Kesenian tradisional Tari Topeng Ireng dilombakan dalam peringatan Hari Guru yang digelar Disdik Magelang.

Kanalsemarang.com, MAGELANG – Dinas Pendidikan Kota Magelang menggelar lomba tarian tradisional daerah setempat, Topeng Ireng, dengan peserta kalangan siswa SD hingga SLTA serta para guru dalam rangkaian peringatan Hari Guru Nasional 2015 di daerah itu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pelaksana Harian Kepala Dinas Pendidikan Kota Magelang Sumartono di Magelang, Kamis (15/10/2015), mengatakan kegiatan itu sebagai bentuk apresiasi pemerintah bersama masyarakat terhadap tarian Topeng Ireng yang juga berkembang di berbagai sekolah setempat.

“Hampir semua sekolah memiliki kelompok kesenian Topeng Ireng, menjadi salah satu kegiatan ekstrakurikuler. Dalam peringatan Hari Guru, HUT Ke-70 PGRI, dan HUT Ke-44 Korpri tingkat Kota Magelang, kami menggelar lomba tersebut,” tuturnya.

Ia menyebut sekitar 30 grup mengikuti lomba tersebut. Mereka berasal dari kelompok siswa SD, SMP, SMA, SMK, dan guru.

“Untuk SD memang harus kita batasi setiap kecamatan dua kelompok, sedangkan untuk guru ada empat kelompok yang ikut dalam lomba,” ucap Sumartono yang juga Asisten Bidang Ekonomi, Pembangunan, dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Pemerintah Kota Magelang itu.

Ia mengatakan mereka yang meraih juara akan mendapatkan piagam dan penghargaan dari Dinas Pendidikan Kota Magelang.

Pihaknya juga akan membahas salah satu grup di antara pemenang dari sejumlah kategori tersebut, untuk tampil dalam penyambutan Tim Ekspedisi Kapsul Waktu 2085. Tim ekspedisi tersebut akan singgah di Kota Magelang dalam perjalanan dari Yogyakarta ke Semarang pada awal November mendatang.

“Akan kita lihat potensi untuk tampil, tetapi salah satu di antara grup Topeng Ireng yang meraih juara pada lomba itu, akan kita tampilkan dalam penyambutan Ekspedisi Kapsul Waktu 2085 dari Yogyakarta ke Semarang,” imbuhnya.

Pada 7 November 2015, Tim Ekspedisi Kapsul Waktu 2085 singgah di Kota Magelang dalam perjalanan menuju Ibu Kota Provinsi Jateng di Semarang, sedangkan Kapsul Waktu rencananya diinapkan di gedung eks-Keresidenan Kedu di kota setempat yang sekarang menjadi Kantor Badan Koordinasi Pembangunan Wilayah II Jateng yang meliputi eks-Keresidenan Kedu dan Surakarta.

Rangkaian peringatan Hari Guru Nasional 2015, HUT Ke-77 PGRI, dan HUT Ke-44 Korpri tingkat Kota Magelang juga ditandai dengan lomba menyanyi antarkepala sekolah, lomba macapat, donor darah, dan pertandingan tenis lapangan antarguru, serta lokakarya penulisan karya tulis ilmiah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya