SOLOPOS.COM - Kesemek (kompitech.blogspot.com)

Kesemek (kompitech.blogspot.com)

Kesemek tergolong buah langka. Selain tidak familiar, buah lusuh itu tidak banyak disukai karena rasa yang aneh. Dibalik warna kulit yang kusam ternyata terdapat khasiat sebagai penyembuh batuk dan asma.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kesemek ditemukan di daratan China. Perkembangannya menyebar dan berkembang di Jepang. Di Jepang kesemek disebut buah Kaki yang berarti mengandung zat tanin. “Buah dan sayur dengan kandungan tanin pasti baik untuk dikonsumsi asal kadarnya tidak berlebihan,” kata pengamat gizi, Supriyono, di Jogja, Selasa (11/12/2012).

Kesemek diketahui memiliki kandungan tanin cukup tinggi. Itu sebabnya, buah dengan nama ilmiah Diospyros kaki memiliki rasa sepat dan terasa menebal di lidah ketika dikunyah. Kandungan tanin sebenarnya akan berkurang ketika buah berada pada kondisi matang yang pas.

Zat tanin dalam buah atau sayur memiliki fungsi antiseptik dan membantu mengurangi luka atau peradangan. ”Jadi buah dengan kandungan tanin tinggi termasuk kesemek ada yang bisa digunakan sebagai obat batuk. Kalau jenis buah bisa langsung dimakan segar,” ujar Supriyono.

Praktisi pengobatan tradisional, Suwarti menyampaikan, kesemek banyak dianggap buah kampung karena tidak memiliki nilai jual tinggi. ”Padahal kalau dicari manfaatnya pasti ada,” jawabnya.

Disebutkan pula, buah kesemek pada umumnya hidup dan ditanam di daerah-daerah dataran tinggi pegunungan yang berhawa dingin. Di pasar tradisional maupun supermarket, kesemek dijual dengan kulit berselubung lapisan putih. Jika dibersihkan, kesemek matang berwarna jingga kekuningan.

Rasa asli buah kesemek menyertakan sepat yang kuat. Untuk menghilangkan atau menyamarkan rasa sepat itu, menurut Suwarti, kesemek perlu diperam hingga matang atau daging buahnya lebih empuk.

Selain tanin yang cukup tinggi, kandungan pada buah kesemek yaitu senyawa antioksidan, karbohidrat, ruktosa, glukosa, protein, dan vitamin A. Sedangkan kandungan mineralnya berupa kalium, kalsium, fosfor, retinol, asam askorbat, dan polifenol.

Manfaat Kesemek

1. Mengobati batuk berdahak dan asma
– Ambil dua potong buah kesemek, iris tipis dan keringkan
– Kukus sampai matang
– Bisa langsung dimakan atau dihaluskan dengan tambahan sedikit madu murni

2. Mengobati sakit perut
– Makan buah kesemek segar
– Kesemek segar mengandung 19,6% karbohidrat, terutama fruktosa dan glukosa, 0,7% protein, vitamin A dan kalium
– Kandungan akan membantu membuat rasa nyaman di perut

3. Penyakit diare dan disentri
– Siapkan beberapa potongan buah kesemek yang sudah dikeringkan
– Rebus sampai jadi bubur
– Campur dengan beras ketan dan irisan jeruk dua potong
– Campur sampai rata, angkat dan konsumsi tiga kali sehari
Diolah dari berbagai sumber

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya