SOLOPOS.COM - ilustrasi (JIBI/dok)

Keselamatan berkendara digencarkan Pemkot-Polres yang menggelar operasi laik jalan kendaraan.

Kanalsemarang.com, PEKALONGAN-Pemerintah Kota Pekalongan bekerja sama dengan kepolisian menggencarkan operasi laik jalan kendaraan angkutan penumpang dan barang sebagai upaya menekan angka kecelakaan lalu lintas.

Promosi Bertabur Bintang, KapanLagi Buka Bareng BRI Festival 2024 Diserbu Pengunjung

Kepala Seksi Angkutan Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika Kota Pekalongan, Purwanto di Pekalongan, Jumat (14/8/2015), mengatakan operasi laik jalan ini secara rutin dilaksanakan tiga sampai empat kali dalam sepekan.

Ekspedisi Mudik 2024

“Operasi laik jalan angkutan penumpang dan barang ini akan kami lakukan di sejumlah titik jalur yang dilintasi kendaraan itu,” katanya.

Ia mengatakan operasi laik jalan yang rutin digelar ini bertujuan untuk melindungi keselamatan penumpang angkutan karena selama ini masih banyak pelanggaran yang dilakukan oleh pengemudi.

Jenis pelanggaran tersebut, kata dia, antara lain habis masa izin trayek dan KIR, serta penggunaan surat izin mengemudi.

“Kami berharap dengan adanya operasi laik jalan yang digelar secara rutin ini bisa menyadarkan para sopir angkutan bisa tertib saat mengemudikan kendaraan agar para penumpang merasa nyaman, serta selamat sampai tujuaan,” katanya.

Menurut dia, jumlah angkutan umum yang beroperasional kini semakin berkurang karena masyarakat lebih banyak memanfaatkan menggunakan sepeda motor.

“Sebenarnya jika melihat data jumlah izin operasional angkutan umum yang terdaftar mencapai ratusan uni. Akan tetapi jumlah angkot yang masih beroperasional hanya puluhan saja,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya