Tutup Iklan

KESEHATAN WONOGIRI : Kekurangan 866 Tenaga Kesehatan Puskesmas, Pemkab Siapkan Trik Ini

KESEHATAN WONOGIRI : Kekurangan 866 Tenaga Kesehatan Puskesmas, Pemkab Siapkan Trik Ini

SOLOPOS.COM - Dokter memeriksa gigi pasien di Puskesmas Selogiri, Wonogiri, belum lama ini. (Rudi Hartono/JIBI/Solopos)

Wonogiri masih kekurangan sekitar 866 tenaga puskesmas untuk ditempatkan di 25 kecamatan.

Solopos.com, WONOGIRI -- Kabupaten Wonogiri masih kekurangan 866 tenaga kesehatan puskesmas mulai dari dokter hingga perawat. Dinas Kesehatan (Dinkes) tidak bisa serta merta merekrut personel baru karena terkendala regulasi.

Kendati demikian, Dinkes Wonogiri tak habis akal. Sebagai langkah awal pemenuhan kebutuhan tenaga kesehatan itu, Dinkes akan menjadikan 10 puskesmas sebagai Badan Layanan Umum Daerah (BLUD). Dengan status BLUD, puskesmas dapat merekrut tenaga kesehatan baru secara mandiri.

Kepala Dinkes Wonogiri, Adhi Dharma, saat ditemui Solopos.com di Sekretariat Daerah (Setda) Wonogiri, Minggu (25/2/2018), menyampaikan semua puskesmas kekurangan tenaga kesehatan, baik dokter umum, dokter gigi, apoteker, ahli gizi, perawat, perekam medik, dan sebagainya.

Berdasar pemetaan, saat ini ada 1.124 tenaga kesehatan berstatus pegawai negeri sipil (PNS) maupun non-PNS. Sementara kebutuhan tenaga kesehatan mencapai 1.990 orang, berarti masih kurang 866 orang.

Adhi mencontohkan kebutuhan apoteker mencapai 34 orang, tetapi baru ada dua orang sehingga masih kurang 32 orang. Dokter yang dibutuhkan 90 orang sedangkan sekarang baru ada 39 orang, jadi masih kurang 61 orang.

Dokter gigi kini baru ada 32 orang padahal idealnya di Wonogiri perlu ada 61 orang sehingga masih kurang 29 orang. Ihwal dokter, tak sedikit puskesmas yang hanya memiliki satu atau dua dokter, itu pun kepala puskesmas yang merangkap menjadi dokter.

Ada puskesmas rawat inap yang hanya memiliki dua dokter. Padahal idealnya, puskesmas rawat inap setidaknya memiliki empat dokter.

Di Wonogiri terdapat 34 puskesmas yang tersebar di 25 kecamatan. Lima di antaranya puskesmas rawat inap, yakni Puskesmas Baturetno I, Puskesmas Jatisrono I, Puskesmas Purwantoro I, Puskesmas Wuryantoto, dan Puskesmas Pracimantoro I.

Di sisi lain, Dinkes tak dapat serta merta merekrut tenaga kesehatan baru, terlebih yang berstatus PNS. Dia berharap rekrutmen PNS yang sudah diwacanakan pemerintah pusat tahun ini termasuk rekrutmen tenaga kesehatan untuk Wonogiri.

“Kekurangan itu segera dipenuhi, tetapi secara bertahap. Meski tenaga kesehatan kurang, tapi kami selalu berupaya memberi layanan yang optimal,” kata Adhi.

Dinkes tahun ini berupaya menjadikan lima hingga 10 puskesmas yang terakreditasi madya dan tidak sedang direhab sebagai BLUD. Dengan begitu puskesmas bersangkutan akan memiliki wewenang merekrut tenaga kesehatan non-PNS secara mandiri.

Puskesmas itu seperti Puskesmas Tirtomoyo I, Puskesmas Baturetno, Puskesmas Nguntoronadi I, Puskesmas Puhpelem, Puskesmas Bulukerto, dan Puskesmas Jatisrono. Saat ini Dinkes sedang mempersiapkan segala sesuatu untuk keperluan penilaian oleh tim komite akreditasi, dinkes provinsi, dan sebagainya.

Sementara itu, Ketua Komisi IV DPRD Wonogiri, Sriyono, mengatakan Dinkes perlu memetakan kebutuhan tenaga kesehatan. Hal itu supaya jumlah tenaga kesehatan yang terbatas ini dapat didistribusikan ke puskesmas sesuai kebutuhan dan cakupan wilayah. Dinkes juga perlu meminta pemerintah pusat menambah tenaga medis.

Berita Terkait

Berita Terkini

Jegal Persik Kediri, Persis Solo Boyong Rivaldi Bawuo

Selain fasih sebagai winger kiri, posisi utamanya, Rivaldi dapat dimainkan sebagai winger kanan maupun penyerang tengah.

Setahun Lebih Pandemi Covid-19, Ini Hambatan Terberat Bagi Nakes Solo

Para tenaga kesehatan atau nakes di Kota Solo menghadapi banyak tantangan dan hambatan dalam menangani kasus Covid-19 selama pandemi.

Warga Solo Positif Covid-19 Dilarang Karantina Mandiri di Rumah, SE Terbit Hari Ini

Warga Solo yang terkonfirmasi positif Covid-19 meski tanpa gejala tidak boleh lagi menjalani karantina mandiri di rumah masing-masing.

Latihan Lagi, Persis Ingin Lapangan di Solo

Persis perlu berkoordinasi dengan Bhayangkara Solo Football Club (BSFC) yang juga memakai Stadion UNS sebagai tempat latihan.

Temui Dubes Palestina, Ketum PBNU: Menurut Al-Qur'an, Israel akan Kalah

Said Aqil mengatakan NU telah menyatakan dukungan kemerdekaan dan kedaulatan Palestina sejak 1938.

Ini 5 Ekses Setuju Kebijakan Baru Privasi Whatsapp

Whatsapp seperti dibahas SAFE net secara resmi menerapkan kebijakan privasi baru mulai Sabtu (15/5/2021) lalu.

Balon Udara Meledak di Delanggu Klaten, Polisi Periksa 6 Orang Saksi

Polisi sudah meminta keterangan dari enam warga Dukuh Krapyak, Desa Sabrang, Delanggu, Klaten, terkait ledakan balon udara dengan petasan,

Pemudik Motor Wajib Rapid Test Antigen Acak saat Balik

Kemenhub bakal mengecek Covid-19 dengan rapid test antigen secara acak terhadap pemudik pengendara sepeda motor yang balik ke Jabodetabek.

Awas Licin! Belasan Sepeda Motor Berjatuhan Di Jalan Seputar Alut Keraton Solo

Belasan sepeda motor mengalami kecelakaan saat melewati jalan yang licin di seputar Alun-Alun Utara Keraton Solo pada Minggu dan Senin.

Gubernur Jateng Minta Seluruh RS Antisipasi Lonjakan Covid-19

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo meminta semua rumah sakit di Jateng siaga potensi lonjakan kasus Covid-19 pasca Lebaran 2021.

Tahukah Anda? Tiap Zodiak Punya Bakat Terpendam!

Tahukah Anda, setiap pemilik tanda zodiak memiliki bakat terpendam yang mungkin bermanfaat untuk mengarungi kehidupan manusia.

Viral Pemotor Nyemplung Pantai Jepara, Ternyata Begini Ceritanya

Dalam video berdurasi 16 detik itu memperlihatkan seorang pemotor yang tengah terjebak di pantai.