SOLOPOS.COM - Anak demam ilustrasi (sarigula.wordpress.com)

Anak demam ilustrasi (sarigula.wordpress.com)

JOGJA—Perubahan cuaca yang tidak menentu pada musim pancaroba berdampak pada kondisi anak-anak usia dini yang rentan terhadap alergi.

Promosi Selamat Datang di Liga 1, Liga Seluruh Indonesia!

Demikian diungkapkan Dokter spesialis THT, Bambang Hariwiyanto saat memberikan ceramah kesehatan bertema Alergi dan Penyakit yang Rentan Diderita Anak pada Musim Pancaroba yang digelar TK dan KB Pedagogia di UNY, Jumat (27/4).

Menurut Bambang, penyebab alergi bisa bermacam-macam.

“Penyebab alergi bisa dari faktor keturunan, lingkungan dan alergen. Apalagi di musim pancaroba saat ini, anak akan sangat rentan terhadap penyakit khususnya flu dan batuk,” kata Bambang.

Gejala yang perlu diwaspadai orangtua adalah jika anak mengalami bersin yang terlalu sering, hidung meler, hidung tersumbat dan sering mengalami gatal di sekitar mata dan hidung.

“Jika sudah diketahui gejala tersebut, akan sangat mudah bagi orangtua untuk segera mengobatinya,” urai Bambang.

Pada dasarnya, lanjut Bambang dalam menghadapi musim pancaroba orangtua harus menjaga ketahanan tubuh anak.

“Beri anak istirahat yang cukup, tidur yang cukup dan beri asupan gizi yang baik. Dengan asupan gizi yang baik akan menghindari anak dari penyakit,” imbuh dia. (ali)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya