SOLOPOS.COM - Ilustrasi nyamuk penyebar demam berdarah. (JIBI/Solopos/Dok.)

Jumlah penderita DBD di Sleman 525 orang hingga bulan ini.

Harianjogja.com, SLEMAN- Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman, menyatakan musim kemarau basah yang terjadi saat ini membawa dampak pada jumlah penderita demam berdarah dengue yang masih cukup tinggi.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Kemarau basah yang terjadi saat ini membuat kasus DBD masih terus ada. Sepanjang tahun memang ada, tapi kalau musim kemarau normal biasanya angka penderita turun,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman Mafilindati Nuraini seperti dikutip Antara, Rabu (20/7/2016).

Dia mengatakan dari data yang masuk hingga Senin (18/7/2016), jumlah penderita DBD di Sleman 525 orang selama 2016, tujuh di antaranya meninggal dunia. Pada Juli baru terdata dua penderita, sedangkan Juni 46 orang, serta Mei 58 orang.

“Kami terus melakukan monitoring kasus DBD yang terjadi di masyarakat, karena masih seringnya turun hujan pada musim kemarau ini cukup rawan untuk perkembangbiakan nyamuk penyebab DBD,” katanya.

Ia mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kepedulian di lingkungan sekitarnya, terhadap potensi tempat berkembangnya nyamuk Aedes Aygepti.

“Kami harapkan agar masyarakat meningkatkan kepeduliannya. Membersihkan tandon-tandon air yang kemungkinan menjadi tempat berkembangnya nyamuk. Membersihkan sampah-sampah kering maupun basah, serta jangan sampai ada genangan air. Harus tetap peduli, hujan seperti ini ancamannya masih ada,” katanya.

Mafilindati mengatakan kepedulian masyarakat tersebut lebih diutamakan yang berada di pemukiman padat, sebab perkembangan nyamuk berpotensi lebih besar terjadi di wilayah-wilayah dengan tingkat kepadatan penduduk tinggi.

“Seperti di wilayah Kecamatan Mlati, Depok, kemudian Gamping. Selain dari yang banyak manusianya, juga berdasar letak geografisnya,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya