SOLOPOS.COM - Sejumlah anggota Komisi D DPRD Kabupaten Ponorogo melakukan inspeksi mendadak (sidak) di sejumlah Puskesmas yang akan beralih menjadi BLUD. (dprd-ponorogo.go.id)

Kesehatan Ponorogo didukung sejumlah puskesmas yang tidak memadahi, dipaksa jadi BLUD?

Madiunpos.com, PONOROGO — Komisi D DPRD Kabupaten Ponorogo menemukan sejumlah puskesmas di Ponorogo yang belum siap beralih status menjadi badan layanan umum daerah (BLUD). Fasilitas kesehatan yang ada di puskesmas-puskesmas tersebut juga dinilai belum layak menjadi BLUD.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Ketua Komisi D DPRD Ponorogo, Ubahil Islam, mengatakan dari 31 puskesmas yang tersebar di Ponorogo, ada sejumlah puskesmas yang belum memiliki tenaga administrasi, dokter, serta fasilitas kesehatan penunjang yang memadahi. Padahal, ketersediaan fasilitas kesehatan yang baik menjadi salah satu syarat puskesmas yang awalnya berstatus umum menjadi puskesmas BLUD.

Ubahil Islam mengatakan saat melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah Puskesmas, Kamis (11/2/2016), Komisi D menemukan beberapa puskesmas tidak siap beralih status BLUD karena tidak memiliki fasilitas kesehatan yang memadahi. Puskesmas yang belum siap BLUD antara lain Puskesmas Tonatan dan Puskesmas Sampung.

Menurut dia, sesuai dengan program pemerintah yakni pada pertengahan 2016 mendatang seluruh Puskesmas akan berubah status menjadi BLUD. Untuk itu, perlu ada persiapan yang matang dalam peralihan status tersebut.

“Dengan melihat kondisi seperti ini, tentu harus segera dicari solusinya agar seluruh Puskesmas siap menjadi BLUD,” kata Ubahil Islam yang dikutip Madiunpos.com di laman dpdr-ponorogo.go.id, Jumat (12/2/2016).

Perubahan status dari puskesmas bertarif retribusi menjadi puskesmas BLUD, kata Ubahil, akan berpengaruh ke semua pelayanan kesehatan dan puskesmas akan menjadi pusat pelayanan kesehatan. Seharusnya, Pemkab Ponorogo menyiapkan terlebih dahulu sarana dan prasarana penunjang puskesmas yang akan menjadi BLUD.  “Kami melakukan sidak ini untuk mengetahui kesiapan puskesmas sebelum beralih status menjadi BLUD,” kata dia.

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Madiun Raya
KLIK di sini untuk mengintip Kabar Sragen Terlengkap

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya