SOLOPOS.COM - ilustrasi (beautydiva.co)

Solopos.com, SOLO–Beberapa waktu terakhir, lensa kontak menjadi alternatif baru bagi sejumlah orang untuk menggantikan fungsi kacamata. Selain karena lebih praktis, lensa kontak yang memiliki beragam pilihan warna juga dianggap fasionable sehingga mendukung penampilan seseorang. Tak heran jika kini orang beramai-ramai membeli lensa kontak berwarna hanya agar terlihat lebih cantik dan mengikuti tren.

Salah satu pengguna lensa kontak asal Solo, Christin Cahya Ningrum, 22, mengaku memakai pengganti kaca mata itu sejak duduk di bangku SMA. Saat berbincang dengan solopos.com, Rabu (16/7/2014), alumnus Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo ini mengatakan ingin mengenakan lensa kontak karena terpengaruh dengan rekan-rekan di sekolahnya. Pilihan warna-warni yang ditawarkan lensa kontak semakin menambah kuat niatnya untuk terus mengenakan. Ia tak pernah merasa takut atau risih saat menggunakannya, karena selama ini masih merasa nyaman dibandingkan memakai kacamata yang cukup berat.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Memakai lensa kontak tak selamanya menyenangkan. Ada kalanya ia merasakan mata memerah dan mengeluarkan air mata berlebihan saat mengenakan lensa kontak jenis softlens. Namun hal itu dihiraukannya karena setelah lensa dicopot, sakitnya menjadi hilang seketika. “Saya disiplin pemakaiannya. Sesuai aturan pemakaian. Dulu pakai lensa kontak agar lebih menarik ketimbang kacamata. Kalau sekarang sudah enggak pakai lagi karena rasanya ngganjel,” kata Christin.

Dokter spesialis mata Rumah Sakit (RS) Mata Solo, Rita Hendrawati, saat diwawancarai solopos.com di ruang kerjanya, beberapa waktu lalu, mengatakan bahwa pemakaian lensa kontak sebagai pengganti kacamata sebenarnya tidak dilarang, asal penggunanya disiplin dalam memakai. Pengunaan lensa kontak biasanya ditempelkan langsung pada kornea, jika penggunanya tidak disiplin membersihakan akan berakibat pada iritasi dan infeksi. Sementara, jika infeksi tidak segera ditangani maka bisa berakibat fatal pada pengurangan penglihatan dan penurunan nilai estetik pada mata.

Spesialis mata dari Rumah Sakit (RS) Kasih Ibu Solo, Nurcahya Ardian Bramantha, Rabu (16/7/2014), menambahkan pada dasarnya fungsi lensa kontak dengan kacamata hampir sama yaitu untuk memperbaiki penglihatan. Sementara, lensa kontak dibedakan menjadi dua yaitu soflens yang digunakan untuk jangka pendek dan hardlens yang lebih sering digunakan untuk jangka panjang. Namun, penggunanya harus disiplin membersihkan. Jika tidak, gesekan pada lensa kontak bisa menyebabkan kerusakan kornea yang bakal berakibat fatal hingga kebutaan.

Dokter yang biasa dipanggil Bram ini memaparkan bahwa pemakaian lensa kontak biasanya dilakukan dengan menempelkan softlens langsung pada kornea. Sementara kornea tidak memiliki pembuluh darah dan dipenuhi dengan saraf-saraf. Sehingga, jika penempelannya terlalu lama dan jarang dibersihkan, membuat kornea tidak sensitif. Ketidaksensitifan ini menyebabkan seseorang dengan mudah menghiraukan radang atau iritasi pada kornea. Padahal iritasi tersebut bisa berakibat pada gangguan fungsi mata. Idealnya, pemakaian soft lens ialah selama enam hingga delapan jam per hari untuk lensa kontak jenis harian. “Kalau memakai softlens lebih direkomendasikan yang daily, sekali pakai langsung buang. Itu risikonya kecil. Tapi ya memang boros,” terangnya.

Pada dasarnya, lanjut Bram, di dalam mata manusia memiliki kuman yang bernama flora normal di kelopak mata. Selama tidak berpindah tempat, flora normal tidak mengganggu kesehatan. Akan tetapi, jika sudah berpindah tempat misal menempel pada kornea, bisa menyebabkan infeksi. Jika goresan atau luka tersebut hanya dalam kategori ringan, dalam waktu 24 jam, saat digunakan untuk tidur di malam hari bisa sembuh dengan sendirinya. Namun, jika luka pada kornea ditumpangi dengan kuman lain yang lebih banyak bisa menyebabkan infeksi lanjutan berupa matinya sel-sel kecil pada kornea atau keratitis superfisialis. Jika diperlakukan sesuai kebutuhan, perawatan penyakit mata level ini biasanya berakhir dengan penyembuhan sempurna.

Selanjutnya, Iritasi kornea paling parah ialah ketika sudah mengalami luka terbuka di bagian paling luar atau yang biasa disebut ulkus.

Bram bercerita bahwa ia pernah menangani pasien berusia 17 tahun yang mengalami iritasi pada kornea karena lupa tidak mencopot softlens saat tidur di malam hari. Paginya, pasien merasa gatal dan menggaruk matanya. Saat ingin mencopot softlens, ia mengalami kesulitan karena terlalu menempel dan lengket pada kornea sehingga susah diangkat. Setelah softlens berhasil diangkat, korneanya sudah tak sempurna lagi dan ia merasakan sakit luar biasa. Setelah dilakukan treatment pengobatan, infeksi tersebut bisa ditangani dengan baik meski pada akhirnya tidak bisa kembali normal.

Itulah sebabnya, Bram, mewanti-wanti masyarakat agar berhati-hati saat menggunakan lensa kontak. Jika mengalami gangguan mata, ia menyarankan agar pasien menggunakan kacamata. Kecuali saat-saat tertentu yang mengharuskan ia menggunakan lensa kontak. Kendati demikian, ada beberapa kasus yang menuntut seseorang lebih disarankan menggunakan lensa kontak daripada kacamata. Hal itu biasanya berlaku bagi seseorang yang memiliki penyakit anisometrobia atau mengalami refraksi yang tidak setara.

“Misal satu matanya nol satunya lagi minus dua, istilahnya anisometrobia. Mau enggak mau harus pakai softlens sebagai pengganti kaca. Asal lingkungannya bagus dan orangnya disiplin ya enggak apa-apa,” kata dokter yang biasa dipanggil Bram ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya