KESEHATAN MATA : Pasien Katarak Belum Operasi, Ini Alasannya

 ILUSTRASI (Armin Abdul Jabbar/JIBI/Bisnis Indonesia)

SOLOPOS.COM - ILUSTRASI (Armin Abdul Jabbar/JIBI/Bisnis Indonesia)

Kesehatan mata perlu terus diperhatikan.

PromosiDrone Makin Dibutuhkan, Pengembangan Teknologi Pesat

Harianjogja.com, JOGJA — Spesialis dokter mata, Prof. dr. Suhardjo menyebut menyatakan angka prevalensi katarak di DIY tiap tahun bertambah 0,1 persen dari jumlah penduduk.

Suhardjo mengatakan sebagian besar penduduk dengan katarak di Indonesia belum menjalani operasi katarak karena faktor ketidak tahuan penderita soal penyakit katarak yang dideritanya. Alasan kedua, kata dia, penderita katarak belum dioperasi karena tidak dapat membiayai operasi, dan alasan lainnya tidak berani operasi.

“Biaya operasi katarak dengan jahitan umumnya Rp4-5 juta, kalau tanpa jahitan sampai Rp10 juta,” kata Suhardjo yang sehari-harinya prakter di Rumah Sakit Mata Dr.Yap dan juga pengurus Perdami Cabang DIY.

Suhardo menambahkan selain katarak yang perlu diwaspadai adalah Miopia atau kelainan refraksi dimana fokus bayangan terletak di depan retina atau lebih mata minus. Kelainan itu diakuinya sering dijumpai pada anak sehingga bisa mengganggu fokus belajar. Data Riskesda 2013, kelainan refraksi pada usia lebih dari enam tahun 9,2 persen.

Penelitian yang dilakukan Fakultas Kedokteran UGM pad 2015, pada anak usia 6-13 tahun menunjukan dari anak yang mengalami keluhan penglihatan di kelas 42,2 persen memiliki kelainan refraksi (penurunan tajam penglihatan) dan 32,8 persen terdiagnosa miopia.

“penanganan koreksi kecamata yang terlambat dan kurang tepat dapat mengakibatkan gangguan penglihatan permanen,” kata Suhardjo.

Menurut Suhardjo sebenarnya kepdulian pemerintah dalam mengatasi katarak sudah ada namun belum optimal. Karena itu perlu dibantu melalui kerja sosial pengobatan katarak gratis bagi warga yang kurang mampu.

Ketua Jogja Eye Help, Tri Kirana Muslidatun mengatakan operasi katarak gratis akan dilksanakan di Rumah Sakit Happy Land pada 12 November mendatang. Hanya, operasi katarak tahap ini dikhususnya bagi yang ber-KTP Jogja. Berikutnya juga akan dilesenggarakan di Bantul, dan kabupaten lainnya.

Untuk tahap pertama peserta dibatasi sampai 60 pasien karena menyesuaikan dengan tenaga medis. Sebelum operasi terlebih dahulu akan discrening pada 5 November. Ana-sapaan akrabnya menyatakn pihknya bersma Perdami dan Happy Land bertanggungjawab melakukan pengobatan katarak sampai sembuh, “Setelah dioperasi nanti akan kita cek terus perkembangannya,” kata Ana.

Ana meminta warga Jogja khususnya baik anak-anak mau pun lansia yang mengalami gangguan penglihatan bisa segera memeriksakan diri. Selain operasi gratis, pihaknya juga akan melakukan pemeriksaan mata pada anak usia SD-SMP ke sekolah-sekolah dan membagikan kacamata gratis bagi yang menderita mata minus.

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Berminat Adu Nasib di IKN? Segini Loh Biaya Hidup di Kalimantan Timur

+ PLUS Berminat Adu Nasib di IKN? Segini Loh Biaya Hidup di Kalimantan Timur

Sebagai calon Ibu Kota Negara (IKN), Nusantara yang berlokasi di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, akan menjadi magnet kaum urban untuk mengadu nasib di sana. Berikut perkiraan biaya hidup tinggal di Kalimantan Timur yang bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan.

Berita Terkini

Zaini Mustofa Buka Posko Pengaduan Investasi Yusuf Mansur

Rencana pembentukan posko pengaduan itu dipicu banyaknya orang yang menghubungi dirinya dan mengaku menjadi peserta investasi Yusuf Mansur.

Dugaan Rudapaksa Wanita Boyolali, Terlapor Ngaku Kenal R Tapi Tak Akrab

Tukinu menjelaskan GWS ingin membantu R untuk bertemu suaminya dan akan dibantu bertemu dengan penyidiknya.

2021, DKPP Deteksi 65 Pelanggaran Peredaran Daging Sapi di Kota Solo

Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Solo menemukan ada 65 pelanggaran dalam pengawasan peredaran daging sapi di Kota Bengawan.

+ PLUS Berminat Adu Nasib di IKN? Segini Loh Biaya Hidup di Kalimantan Timur

Sebagai calon Ibu Kota Negara (IKN), Nusantara yang berlokasi di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, akan menjadi magnet kaum urban untuk mengadu nasib di sana. Berikut perkiraan biaya hidup tinggal di Kalimantan Timur yang bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan.

Kantongi Sertifikat, Wisata OMAC Klaten segera Dipermak

Sebelumnya Pemkab Klaten terkendala mengembangkan kawasan OMAC lantaran belum mengantongi sertifikat.

Diduga Dialami Puteri Artis Nurul Arifin, Apa Itu Henti Jantung

Berkonsultasi rutin dengan dokter jantung, seperti di poli jantung RS JIH Solo untuk mengurangi faktor risiko henti jantung.

Viral! NCT Dream Joget TikTok Mendung Tanpa Udan Denny Caknan

NCT Dream kejutkan penggemar dengan konten terbaru mereka joget TikTok Mendung Tanpa Udan milik Denny Caknan.

Ratusan Bidang Tanah Pemkab Klaten Ternyata Belum Bersertifikat

BPN menyerahkan 770 sertifikat hak atas tanah aset Pemkab Klaten yang terdiri atas  tanah perkarangan dan jalan sebanyak 649 bidang atau 743 sertifikat.

Ribuan Koleksi Buku Perpustakaan Mangkunegaran Solo Dipindah, Ada Apa?

Ribuan koleksi perpustakaan Reska Pustaka di Pura Mangkunegaran Solo dipindahkan dari sebelumnya di lantai II ke lantai dasar.

2.500 Paket Sembako Disalurkan ke Warga Madiun

Polres Madiun menggandeng pengusaha produk kecantikan asal Surabaya memberikan bantuan kepada warga terdampak Covid-19 dan bencana alam.

Pelaku UKM di Karanganyar Bakal Dipetakan Sesuai Klaster Usaha

Pemkab Karanganyar akan mendata ulang UKM yang dipetakan sesuai dengan klaster usaha. Ini untuk memudahkan pendampingan.

Destinasi Wisata Kayutangan di Malang Dibersihkan

Pemkot Malang menerjunkan ratusan personel kebersihan untuk membersihkan destinasi wisata koridor Kayutangan.

Sulitnya Dapatkan Minyak Goreng Bersubsidi di Karanganyar

Ibu-ibu di Karanganyar mengeluhkan sulitnya mendapatkan minyak goreng dengan harga murah. Ritel modern yang menjual minyak goreng seharga Rp14.000 liter selalu kehabisan stok.

KPK Klarifikasi Laporan tentang Gibran dan Kaesang, Apa Hasilnya?

Ali menjelaskan setiap laporan masyarakat akan ditindaklanjuti oleh KPK dengan melakukan klarifikasi dan verifikasi terlebih dahulu.

Menkeu Sri Mulyani Indrawati Bertemu Reza Rahadian, Bahas Apa Ya?

Dalam unggahan tersebut, terlihat Sri Mulyani ngobrol berbalut tawa saat bertemu dengan Reza Rahadian.

Luas dan Bikin Bingung, Pasar Legi Solo Butuh Banyak Penunjuk Arah

Pasar Legi Solo yang luas dan terdiri atas beberapa lantai dan blok membutuhkan banyak penanda atau penunjuk arah agar pengunjung tidak bingung.