SOLOPOS.COM - Kegiatan Pencanangan Abatisasi Masal dan 1 Rumah 1 Jumantik di Lapangan Manisrejo, Jl. Dharmamanis, Kelurahan Manisrejo, Kecamatan Taman, Kota Madiun, Jawa Timur (Jatim), Jumat (30/10/2015) pagi. (Irawan Sapto Adhi/JIBI/Madiunpos.com)

Kesehatan Madiun didukung dengan Pencanangan Abatisasi Massal dan 1 Rumah 1 Jumantik untuk mencegah penularan penyakit demam berdarah.

Madiunpos.com, MADIUN – Pemerintah Kota (Pemkot) Madiun melalui Dinas Kesehatan Kota (DKK) Madiun menyelenggarakan acara bertajuk Pencanangan Abatisasi Masal dan 1 Rumah 1 Jumantik di Lapangan Manisrejo, Jl. Dharmamanis, Kelurahan Manisrejo, Kecamatan Taman, Kota Madiun, Jawa Timur (Jatim), Jumat (30/10/2015) pagi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Wali Kota Madiun, Bambang Irianto, mengatakan bersama puskesmas, seluruh pemerintah kelurahan di Kota Madiun wajib menindaklanjuti program Pencanangan Abatisasi Masal dan 1 Rumah 1 Jumantik. Dia meminta pemerintah kelurahan mendorong masyarakat untuk melakukan berbagai tindakan pencegahan penyakit demam berdarah yang ditularkan nyamuk.

“Gerakan pencegahan penyakit demam berdarah di Kota Madiun harus ditingkatkan. Pencanangan Abatisasi Masal dan 1 Rumah 1 Jumantik tidak boleh berhenti hari ini, melainkan harus dilakukan secara terus menerus dan menyebar luas ke masyarakat,” kata Bambang yang dalam acara tersebut juga mempraktikan abatisiasi di beberapa rumah di Manisrejo, Jumat.

Sementara itu, Lurah Pandaian, Kecamatan Taman, Kota Madiun, Surat, menjelaskan kelompok juru pemantau jentik (Jumantik) sebenarnya telah terbentuk di setiap lingkungan RT di Kota Madiun. Namun, menurut dia, setelah acara Pencanangan Abatisasi Masal dan 1 Rumah 1 Jumantik, Pemkot Madiun menargetkan membentuk Jumantik di setiap rumah.

“Jumantik di setiap rumah di Kota Madiun nanti dikoordinatori oleh masing-masing ibu rumah tangga. Pemerintah berharap masyarakat siap untuk melakukan pencegahan terhadap penyebaran penyakit demam berdarah yang ditularkan nyamuk. Semua pihak berharap Kota Madiun terbebas dari wabah demam berdarah,” jelas Surat.

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Madiun Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya