SOLOPOS.COM - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo. (M. Ferri Setiawan/JIBI/Solopos)

Kesehatan Jateng menurut Gubernur Ganjar Pranowo turut ditentukan suksesnya program imunisasi Measles Rubella (MR).

Semarangpos.com, SEMARANG – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo terus mengingatkan masyarakat—terutama kalangan orang tua—mengenai pentingnya imunisasi Measles Rubella bagi anak-anak. Terjaminnya kesehatan masyarakat Jateng, menurut dia turut terjamin dengan suksesnya program imunisasi MR di wilayah ini.

Promosi Safari Ramadan BUMN 2024 di Jateng dan Sulsel, BRI Gelar Pasar Murah

“Bagi orang tua yang belum sempat mengimunisasikan MR kepada anaknya, wajib membawa anaknya ke layanan kesehatan untuk imunisasi sebab imunisasi MR sangat penting untuk mencegah anak terjangkit penyakit campak dan rubella,” katanya di Semarang, Jumat (22/9/2017).

[Baca juga Ratusan Warga 3 Desa di Jateng Tolak Vaksinasi Rubella]

Ganjar menceritakan, ada ibu-ibu pengasuh pondok pesantren di Kabupaten Purbalingga mempunyai anak yang mengalami cacat karena saat mengandung terkena virus rubella. “Anaknya sekarang berumur 23 tahun, tapi mboten saget mireng [menderita tuna rungu],” kisahnya.

Terkait dengan hal itu, mantan anggota DPR itu mengajak para orang tua segera membawa anak mereka ke posyandu terdekat agar mendapat imunisasi MR. Ganjar mengakui jika perlu dilakukan sosialisasi yang komprehensif tentang imunisasi MR kepada masyarakat.

“Kekhawatiran orang tua untuk mengikutsertakan anaknya pada program imunisasi MR dapat diatasi dengan menyampaikan informasi yang komprehensif tentang vaksin tersebut,” katanya.

[Baca juga Gubernur Jateng Jenguk Pasien Lumpuh setelah Imunisasi MR]

Sosialisasi komprehensif tersebut juga mencakup penjelasan tentang kejadian ikutan pascaimunisasi (KIPI) agar kalangan orang tua tidak khawatir. Ganjar juga meminta pihak terkait untuk memberikan penjelasan yang rasional dampak orang yang terkena penyakit campak dan rubella.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya