SOLOPOS.COM - ilustrasi

ilustrasi

Tampil dengan muka cerah tentu saja menambah kepercayaan diri dalam penampilan sehari-hari. Hanya, bercak hitam sekecil komedo di sekitar hidung pun bisa memengaruhi. Jika tidak dibersihkan, komedo bahkan bisa memunculkan jerawat.

Promosi Simak! 5 Tips Cerdas Sambut Mudik dan Lebaran Tahun Ini

Dokter spesialis kulit Jogja, Sulistyowati mengatakan, komedo pada umumnya muncul di area terbatas di wajah. “Ada di area T pada wajah kita, antara dahi dan hidung terutama di bagian dekat dengan lubang pernapasan,” kata Sulistyowati, Sabtu (30/6).

Kadang komedo dari permukaan kulit akan tampak berwarna hitam. Tetapi kadangkala bahkan tidak terlihat karena warnanya sama dengan warna kulit. Sulistyowati menerangkan, terbentuknya komedo berawal dari penyumbatan pori-pori wajah akibat timbunan sel kulit mati.

Penyumbatan pada pori-pori itu, lanjutnya, terjadi karena ada sisa minyak atau sisa riasan di wajah yang tidak sempurna ketika dibersihkan. Karena di sekitar dahi dan hidung memroduksi minyak cukup banyak akhirnya tersumbat dan sel yang ada tertimbun hingga mati dan menimbulkan kasar di permukaan kulitnya.

Jenis Kulit

Jenis kulit manusia tidak sama, ada yang berminyak, lembab, dan ada yang kulit kering. Karakter dari kulit itulah menurut Sulistyowati bisa berpengaruh pada terbentuknya komedo. “Pada kulit berminyak, komedo bisa saja menjadi pemicu timbulnya jerawat,” ujarnya.

Proses itu terjadi apabila tumpukan komedo terkena bakteri yang mengakibatkan pembengkakan pori-pori dan menimbulkan jerawat. Maka dari itu, dokter spesialis kulit dan kelamin itu menyarankan untuk tidak memencet area kulit berkomedo untuk menghilangkannya. “Kalau tidak bersih justru akan menyebabkan komedo terkena bakteri dan bisa terjadi jerawat,” lanjut dia.

Di samping itu, memencet komedo sembarangan akan membuat produksi minyak makin meningkat dan pori-pori kulit pada wajah membesar. Dengan demikian, disarankan untuk menghilangkan komedo dengan melakukan facial secara teratur. Bahkan, kini bisa lebih praktis menggunakan plester penghilang komedo atau pore pack yang banyak dijual di toko-toko.

Secara kesehatan kulit, jenis komedo ada dua macam yaitu whitehead dan blackheads. Whitehead yakni kumpulan minyak dan lemak kulit yang mengeras berwarna putih atau kekuningan. Sementara blackhead merupakan whitehead yang menghitam karena penumpukan debu dan kotoran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya