SOLOPOS.COM - ilustrasi

ilustrasi

Rasa sakit pada saluran pembuangan akibat terlalu banyak duduk perlu diperhatikan. Penyakit yang disebut wasir atau ambeien itu bisa makin parah jika tidak ditangani sejak awal dirasakan.

Promosi Cerita Klaster Pisang Cavendish di Pasuruan, Ubah Lahan Tak Produktif Jadi Cuan

Wasir terjadi karena beberapa hal termasuk teralu banyak duduk ketika bekerja, diare dan sembelit dalam waktu lama dan pengaruh lain seperti penyakit turunan. “Kadang terjadi pada wanita hamil karena perubahan hormon dan juga efek yang disertai asupan makanan pedas atau asam,” kata dokter penyakit dalam, Probosuseno, Minggu (15/7).

Pemilik riwayat wasir, lanjut dia, juga penting untuk memilih asupan makanan yang tidak memperparah bakat wasir. Di antaranya mengurangi atau menghindari makanan pedas, berbumbu panas dan asam sementara faktor lain yang berpengaruh pada munculnya wasir yaitu kondisi stres atau kecapaian bekerja.

Lebih lanjut, wasir dirasakan penderita ketika bagian ujung pembuangan terasa bengkak yang kadang disertai pendarahan. Wasir tidak hanya memberi rasa sakit tetapi kesulitan untuk duduk atau kegiatan dengan penekanan area sakit. Meski kadang dinilai penyakit ringan, katanya, gejala wasir perlu diperhatikan untuk mencegah penyakit lebih parah.

Pencegahan bisa dilakukan dengan mengenali pemicu wasir sehingga jika muncul gejala-gejalanya akan segera diobati sedini mungkin. “Biasanya penderita awal akan merasa perih ketika buang air besar, duduk tidak nyaman dan bahkan ada yang langsung pecah berdarah,” jelas Probosuseno.

Untuk mengobati wasir secara total bisa dilakukan dengan mengubah pola dan gaya hidup menuju kebiasaan yang sehat. Setidaknya, menurut dokter di RSUP Dr Sardjito itu, perlu ada kesadaran untuk mengenal dan memahami asupan yang tidak sesuai untuk kesehatan pribadi.

Beberapa yang disarankan sebagai langkah pencegahan maupun pengobatan wasir yakni dengan memperhatikan makanan berserat, hindari terlalu lama duduk ketika bekerja dan banyak pikiran, hindari mengejan berlebihan, dan lakukan olahraga teratur. Disamping itu, pola hidup sehat dilakukan juga dengan minum air putih cukup, tidak menahan buang air kecil dan besar, menghindari makanan pedas.

Pemasar jamu kemasan di daerah Kabupaten Sleman, Yuliawati, mengatakan secara umum penyebab wasir antara lain karena tubuh kurang serat, terlalu banyak duduk, kurangnya cairan dalam tubuh dan sirkulasi darah yang tidak lancar.

“Pengobatannya berdasarkan tingkat keparahan, obat herbalnya antara lain sosor bebek, lidah buaya, daun saga dan tomat,” kata dia. Beberapa tanaman herbal itu memiliki kandungan untuk menghentikan pendarahan, anti radang, dan mengurangi pembengkakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya