SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SLEMAN: Kesal hanya panen satu karung, petani di Dusun Kasuran, Desa Margomulyo, Seyegan membakar padi di sawah mereka, Selasa (24/5). Hanya dalam waktu sebulan, wereng batang cokelat (WBC) menyebabkan petani didusun itu gagal panen.

Sadi Utomo, 80, mengatakan serangan wereng terjadi sejak tanaman berusia 60-70 hari. Ciri cirinya seluruh padi langsung kering dan tidak berbuah.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Bertahun tahun tanaman saya belum pernah terserang wereng. Sekarang saya hanya panen satu karung (sekitar 20 kilogram), itu saja saya petik saat masih hijau,” ujar dia seraya mengaku serangan kali ini yang paling hebat.

Sebelumnya, Sadi biasa memanen sekitar 6 kuintal gabah setiap musim penan. Ia memiliki satu petak sawah dengan luas sekitar 1.000 meter persegi.

Serangan serupa juga melanda sawah milik Kamto yang terletak bersebelahan dengan milik Sadi. Sawah seluas sekitar 800 meter itu sama sekali tidak panen.

Sementara masih di blok yang sama, sedikitnya tiga petak sawah lain juga terserang. Oleh pemiliknya, sisa padi dibakar.(Harian Jogja/Sumadiyono)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya