SOLOPOS.COM - Ilustrasi virus corona atau covid-19 (Freepik)

Solopos.com, KLATEN – Warga Klaten diimbau tetap menaati protokol kesehatan (prokes) pencegahan Covid-19 meski telah divaksin lengkap atau mendapatkan dua dosis imunisasi. Pasalnya, masih ada potensi terpapar Covid-19 setelah divaksin.

Seperti yang dialami oleh warga Gergunung, Klaten Tengah, Andre Pradipta. Pria 28 tahun itu terpapar Covid-19 meski sudah sudah mengikuti vaksinasi lengkap sebulan sebelumnya. Andre bahkan mengalami sesak napas dan nyeri di dada.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Baca Juga: BUMDes Penggarit Angkat Potensi Desa Wisata Hutan Lindung

Ekspedisi Mudik 2024

Meski segera mereda setelah mengonsumsi obat dan suplemen tambahan, ia mengatakan gejala sakit tetap dirasakan hingga beberapa hari. “Saya sudah mendapatkan vaksin lengkap, juga tidak memiliki komorbid dan Riwayat penyakit di saluran pernapasan. Tapi gejala sakit yang saya rasakan seperti kebanyakan pasien Covid-19 lainnya,” ungkap Andre seperti dilansir Klatenkab.go.id, Kamis (8/7/2021).

Andre pun berpesan kepada masyarakat untuk tetap waspada terhadap penularan Covid-19. Tak lupa dia mengingatkan kepada masyarakat untuk tetap menerapkan prokes pencegahan Covid-19.

“Mungkin yang saya alami belum tentu dialami semua orang yang positif Covid-19. Namun bukan berarti virus ini tidak berbahaya bagi yang tidak punya komorbid atau orang sehat sekalipun. Prokes harus tetap disiplin dan selalu jaga kesehatan,” terangnya.

Senada, Kepala Dina Kesehatan Kabupaten Klaten, Cahyono Widodo, meminta warga Klaten untuk tetap menerapkan prokes meski sudah mengikuti vaksinasi Covid-19 lengkap sebanyak dua kali. Hal ini lantaran tidak ada jaminan kebal terhadap Covid-19 meskipun sudah mendapatkan vaksin.

“Tujuan vaksin itu kan memang untuk tidak tertular (Covid-19), tapi kan tidak ada jaminan seratus persen menjadi kebal,” ujar Cahyono.

Baca Juga: Tiktok Hapus 7 Juta Akun Pengguna di Bawah Umur

Oleh karenanya, ia meminta masyarakat yang sudah tervaksin tetap disiplin melaksanakan prokes agar penyebaran Covid-19 di Kabupaten Klaten dapat ditekan. Yaitu memakai masker, mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

“Makanya yang penting meski kita sudah divaksin tolong protokol kesehatan tetap dijaga,” sambungnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya