Tutup Iklan

Kesadaran Protokol Kesehatan Masyarakat Mulai Kendur

Kepala Satpol PP Kota Solo, Arif Darmawan, mengatakan penurunan kasus Covid-19 di Solo bukan berarti protokol kesehatan boleh diabaikan.

 Tim gabungan TNI/Polri dan Satpol PP Kabupaten Sukoharjo melaksanakan penertiban dan penegakan prokes di salah satu pertokoan di Kecamatan Grogol, Senin (22/11/2021). (Istimewa/Dokumentasi Pemkab Sukoharjo)

SOLOPOS.COM - Tim gabungan TNI/Polri dan Satpol PP Kabupaten Sukoharjo melaksanakan penertiban dan penegakan prokes di salah satu pertokoan di Kecamatan Grogol, Senin (22/11/2021). (Istimewa/Dokumentasi Pemkab Sukoharjo)

Solopos.com, SOLO — Kesadaran masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan (prokes) disebut sudah mengendur. Satpol PP Kota Solo terus mengimbau warga tidak patah semangat menerapkan prokes untuk mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19.

Kepala Satpol PP Kota Solo, Arif Darmawan, mengatakan penurunan kasus Covid-19 di Solo bukan berarti protokol kesehatan boleh diabaikan. Dia mengatakan prokes tetap dibutuhkan untuk mengantisipasi munculnya lonjakan kasus lagi.

Di sisi lain dia menilai saat ini di kalangan masyarakat sudah mulai menunjukkan turunnya kesadaran untuk menerapkan prokes.

“Mungkin jenuh, kemudian sudah divaksin sehingga merasa sudah aman. Kemudian pelonggaran juga sudah mulai dilakukan. Kami imbau masyarakat tetap waspada. Apalagi ada kemungkinan munculnya gelombang ketiga lonjakan kasus Covid-19 di akhir tahun ini,” jelas dia, Kamis (25/11/2021).

Baca Juga: Pocil Ingatkan Pengguna Jalan di Solo Tertib Lalu Lintas & Taat Prokes 

Prokes yang diamksud di antaranya adalah penerapan 5M, yakni memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menghindari kerumunan, menjaga jarak dan mengurangi mobilitas.

Hal yang sama juga disampaikan Kasatlantas Polresta Solo, Kompol Adhytiawarman Gautama Putra, belum lama ini. Menurutnya penerapan prokes tetap harus berjalan.

“Saat ini mulai ada kecenderungan lupa prokes. Mungkin sudah vaksin, kurva kasus turun, cenderungnya sudah melupakan pakai masker, jaga jarak. Pelan-pelan kami akan melakukan penegakan prokes kembali,” kata dia.

Untuk itu dalam Operasi Zebra Candi tahun ini, penerapan prokes menjadi salah satu perhatiannya.

Salah satu warga, Rian, mengatakan saat ini banyak warga sudah menjalani vaksin Covid-19. Untuk itu tingkat imunitasnya tentunya lebih baik dari sebelumnya.

“Kalau protokol kesehatan mungkin tetap berjalan. Tapi tidak seperti dulu ketika belum ada vaksinasi. Saat ini jumlah kasus juga sudah cenderung landai. Saya sediri kalau keluar rumah juga pakai masih masker,” kata dia.


Berita Terkait

Berita Terkini

Terkait Rencana Reuni 212 di Manahan, Kodim 0735/Solo Back Up Polisi

Jajaran Kodim 0735/Solo memberikan dukungan penuh kepada Polresta Solo dalam menjaga kondusivitas wilayah mendekati Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Gandeng PMI Wonogiri, Desa Pule Gelar Latihan Sukarelawan Bencana

Pelatihan diikuti 20 sukarelawan Desa Pule dan tiga perwakilan PMI yang terdiri atas bagian kebencanaan, bantuan hidup dasar (BHD), dan water rescue  (penyelamatan di air).

Ada Makam Pinggir Jalan di Pajang Solo, Empunya Siapa?

Ada makam pinggir jalan di Pajang, Laweyan, Solo, Jawa Tengah, yang dulu ternyata sumur. Kira-kira siapa yang dikubur di makam tersebut?

Dedy dan Suwardi Jadi Kandidat Kuat Ketua Kwarcab Pramuka Sragen

Nama Dedy Endriyatno dan Suwardi mencuat sebagai kandidat kuat Ketua Kwarcab Pramuka Sragen.

Vaksin AstraZeneca Tidak Diminati Lansia Klaten

Lansia di Klaten lebih suka vaksin Sinovac daripada vaksin AstraZeneca.

Round Up: Misteri Lorong Rahasia Bawah Tanah di Laweyan Solo

Pada masa Kerajaan Pajang, lorong bawah tanah di Laweyan, Solo, itu diperkirakan menjadi jalur distribusi candu.

Unik, Buah Belimbing Milik Warga Wonogiri Ini Berwarna Merah

Buah belimbing berwarna merah itu dibagikan oleh akun Instagram @tani_ndezo pada Sabtu (27/11/2021).

Penting Banget, Percepatan Layanan Deteksi HIV pada Ibu Hamil

Penularan HIV bisa terjadi dari ibu ke anak selama masa kehamilan, persalinan, dan menyusui.

Paling Rentan, Ada 2 Pasien Tuberkulosis-HIV di Wonogiri

Pasien TB-HIV bisa ditangani di Perawatan Dukungan Pengobatan (PDP) melalui 13 puskesmas dan empat rumah sakit di Wonogiri.

UMK Naik Tipis, Ibu Buruh Pabrik di Solo Rela Nyambi Bersihkan Makam

Seorang ibu yang juga buruh pabrik di Solo harus memutar otak supaya penghasilan selama sebulan cukup untuk menutup kebutuhan sehari-hari, salah satunya rela membersihkan makan demi dapat penghasilan tambahan.

Belum Vaksinasi, Sejumlah ODHA di Wonogiri Tak Siap Ditanya Petugas

Sejumlah ODHA yang belum divaksinasi disebabkan belum siap menyampaikan riwayat penyakitnya kepada petugas.

Selamatkan Produksi Kakao, Indonesia Perlu Kemitraan & Industri Kreatif

Pola kemitraan dan penumbuhan industri kreatif olahan biji kakao berpotensi menyelamatkan produksi kakao Indonesia.

Kreatif! PKK Klaten Bikin Video untuk Kampanyekan Vaksin

Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Klaten membuat video kreatif untuk mengedukasi warga terkait pentingnya vaksin.

Seruduk Truk Tronton Parkir di Jalan Solo-Sragen, Bodi Truk Ini Ringsek

Sebuah truk ringsek setelah menyeruduk truk tronton boks yang parkir di jalan Solo-Sragen, tepatnya di depan Warung You Sri, Dukuh Nguwer RT 017, Desa Duyungan, Sidoharjo, Sragen.

Hari Ini Ada Pemeliharaan Jaringan, Listrik Boyolali Padam 3 Jam

Berikut ini jadwal pemadaman dan pemeliharaan listrik oleh PLN di Boyolali hari Kamis, 2 Desember 2021 yang berlangsung tiga jam.

Ada Pemeliharaan Jaringan, Listrik di Sragen Padam 3 Jam

Berikut ini jadwal pemadaman dan pemeliharaan listrik oleh PLN di Sragen hari Kamis, 2 Desember 2021 yang berlangsung tiga jam.