SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Solopos/Reuters)

Solopos.com, BAGHDAD — Serangkaian serangan di seluruh Irak, Rabu (27/11/2013), menewaskan 46 orang dan melukai 71 orang. Hal ini meningkatkan kekhawatiran anggota milisi dan kelompok fanatik dapat menjerumuskan negeri itu ke kerusuhan sektarian yang tak terkendali.

Seperti laporkan kantor berita Xinhua, sedikitnya 10 orang tewas dan 30 orang lainnya cedera dalam sebuah serangan bom bunuh diri di acara pemakaman di sebelah barat Ibu Kota Irak, Baghdad, Rabu. Sebuah sumber menyatakan serangan tersebut terjadi saat matahari terbenam ketika seorang pelaku meledakkan diri di sebuah tenda pemakaman di daerah Abu Ghraib, sekitar 25 kilometer sebelah barat Baghdad.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Jumlah korban jiwa diperkirakan bisa bertambah. Sementara mobil ambulans, kendaraan polisi, dan kendaraan pribadi mengungsikan korban cedera ke beberapa rumah sakit terdekat. Di Irak Barat, kerusuhan meletus pada pagi hari setelah sebuah bom mobil meledak di luar kantor polisi Jowaiba, daerah Habaniyah, sebelah timur Ramadi, sekitar 110 kilometer di sebelah barat Baghdad.

Ekspedisi Mudik 2024

Tak lama setelah ledakan tersebut, dua pelaku meledakkan rompi bom mereka di pintu masuk kantor polisi. Ledakan ini menewaskan empat polisi dan melukai 12 orang lainnya.

Sementara itu, seorang pembom bunuh diri meledakkan dirinya di gerbang kantor polisi di barat laut Ramadi. Pada saat yang sama, beberapa pria melancarkan serangan dengan senjata ringan dan mortir terhadap kantor polisi tersebut. Serangan ini menewaskan tiga polisi dan melukai delapan orang.

Di Qaim, perbatasan Irak-Suriah, bom meledak di pinggir jalan dan menghancurkan kendaraan patroli militer. Dua tentara terluka dalam peristiwa itu. Di Baghdad, polisi menemukan delapan mayat di kawasan Arab Jubour, selatan Ibu Kota Irak itu. Lima mayat lainnya ditemukan di Kabupaten Shula, bagian barat-laut Baghdad.

Di tempat terpisah, beberapa pria bersenjata menerobos rumah satu keluarga di Kabupaten Hurriyah, Baghdad utara, dan menembak mati lima anggota keluarga tersebut. Sementara itu, dua orang tewas dan tiga orang cedera dalam ledakan bom pinggir di sebuah pasar di Kabupaten Doura, bagian selatan Baghdad. Bom juga meledak di daerah industri Talbiyah, Baghdad timur laut dan menewaskan seorang warga dan melukai empat orang lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya