SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Kerusuhan di Jayapura (foto: Erwin Senduk/detikcom)

Kerusuhan di Jayapura (foto: Erwin Senduk/detikcom)

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Jakarta–Kerusuhan antar suku di Papua menyebabkan tiga orang luka, dan 35 rumah dibakar. Salah satu rumah yang dirusak adalah rumah milik wartawan yang letaknya berada di Kampung Yoka.

Ekspedisi Mudik 2024

Pantauan di lapangan, rumah milik wartawan, Jorsul Satuan ikut dirusak oleh warga. Untungnya, rumah Jorsul tidak jadi dibakar oleh massa. “Jadi, waktu penyerangan saya lagi meliput Sholat Ied. Lalu dengar info penyerangan. Setelah sampe di kampung saya, rumah-rumah sudah dibakar habis dan dirusak termasuk rumah saya nyaris di bakar,” cerita Jorsul.

Jorsul mengaku shock dengan kejadian ini. Ia bersyukur rumahnya tidak sampai dibakar massa. Rumahnya pun hanya mengalami kerusakan ringan.

Sementara itu, aparat masih bersiaga di semua titik di Kampung Yoka. Sementara satu unit mobil Baracuda dan Water Canon juga disiagakan untuk menjaga kemungkinan adanya serangan susulan. Sampai saat ini, polisi setempat belum melakukan penangkapan bagi para pelaku pembakaran.

Dalam kerusuhan ini, 35 rumah dibakar, dua mobil dirusak. Tiga orang warga mengalami luka-luka karena sabetan parang, panah dan senapan angin. Aksi penyerangan dipicu dari pembuatan lagu nada dering atau ringtone handphone seluler oleh masyarakat suku yang diserang, yang dinilai menganggu kehormatan dan martabat suku lain.

Masyarakat suku yang disinggung pun tak terima, langsung melakukan penyerangan. Kejadian ini tak sampai menimbulkan korban jiwa, namun korban material diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.

dtc/tiw

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya