SOLOPOS.COM - Foto Bandara Adisutjipto JIBI/Bisnis Indonesia/Rahmatullah

Foto Bandara Adisutjipto
JIBI/Bisnis Indonesia/Rahmatullah

SLEMAN-Landasan pacu 09 atau runway zero nine yang berada di sisi barat Bandara Adi Sucipto Yogyakarta mengalami kerusakan, Kamis (11/4) pagi.

Promosi Kisah Pangeran Samudra di Balik Tipu-Tipu Ritual Seks Gunung Kemukus

Akibat kerusakan ini penerbangan dari dan menuju ke arah barat seperti Jakarta dan lainnya terpaksa dialihkan untuk menghindari kecelakaan.

Berdasarkan pantauan Harian Jogja, sejak Kamis (11/4) pagi memang langit Yogyakarta tidak seperti biasanya. Lalu lalang pesawat komersial silih berganti dengan ketinggian bisa disaksikan atribusi maskapainya melalui panca indera tak lagi tampak.

Sejak pagi hingga pukul 12.00 WIB tidak ada satupun pesawat komersial yang akan mendarat di bandara Adisucipto. Ada beberapa pesawat komersial menghiasi langit Jogja ke arah barat namun dengan ketinggian sudah lebih dari 1.000 kaki.

Menurut Kepala Penerangan dan Perpustakaan (Kapentak), Markas TNI AU Yogyakarta, Mayor Hamdi Londong pesawat yang terbang menuju ke arah barat tersebut mereka berputar terlebih dahulu melalui landasan pacu bandara bagian timur.
Seluruh pesawat komersial dipastikan tidak bisa mendarat dan take off melalui ke arah barat.

Akibatnya penerbangan terganggu karena kerusakan landasan pacu bandara bagian barat atau dikenal dengan runway zero nine.

Seluruh penerbangan dari dan menuju ke barat terutama Jakarta tidak diperkenankan melewati runway tersebut.

“Penerbangan jelas ada dampak kalau dari arah barat zero nine itu semua dihentikan tidak diperbolehkan, kalau dari arah timur semua msh diperbolehkan. Dari Jakarta dialihkan semua. Sampai menunggu cuaca, kalau anginnya tidak terlalu kencang dari barat bisa mendarat tetapi dengan memutar melalui landasan sebelah timur,” terangnya kepada Harian Jogja, Kamis (11/4).

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya