KERUKUNAN UMAT BERAGAMA : GP Ansor Tolak Acara HTI di Semarang
Ilustrasi pos pengamanan Ramadan dan Lebaran yang dioperasikan Banser NU. (ansorkarangpuri.blogspot.com)

Kerukunan umat beragama di Semarang terancam terkoyak.

Solopos.com, SEMARANG - Kerukunan umat beragama di Kota Semarang berpotensi memanas. Kondisi ini menyusul adanya penolakan dari Pengurus Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kota Semarang terhadap acara yang diadakan Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) di Semarang.

Aksi penolakan GP Ansor Jateng ditunjukkan dengan upaya menggagalkan acara Masyirah Panji Rasulillah yang akan digelar DPD HTI Jawa Tengah (Jateng) di GOR Tri Lomba Juang, Semarang, Minggu (9/4/2017).

Kasatkorcab Banser Kota Semarang Suharmanto menyebutkan anggotanya telah menurunkan beberapa atribut HTI yang bertuliskan ajakan khilafah, Senin (3/4/2017).

"Khilafah Kewajiban Syar'i, Jalan Kebangkitan Umat merupakan tema yang menjurus pada upaya makar. Negara ini jelas berlandaskan Pancasila dan UUD 45. Jadi NKRI sudah harga mati. Sudah final dan tidak butuh ideologi lain," ujar Suharmanto dalam siaran pers yang diterima Semarangpos.com dari PC GP Ansor Kota Semarang, Selasa (4/4/2017).

Pernyataan senada juga disampaikan Sekretaris PC GP Ansor Kota Semarang Rahul Saiful Bahri yang menyatakan anggotanya akan tetap berupaya menjaga keutuhan NKRI. Hal itu sesuai dengan instruksi dari para ulama NU amanat para sesepuh NU yang turut berjuang dalam kemerdekaan Indonesia.

"Sesuai instruksi dari Pimpinan Pusat GP Ansor, garis koordinasi untuk kerja sama kita dalam hal yang sensitif ini adalah dengan TNI dan Polri. Kami bangga dan bersyukur dengan Kader NU yang peduli dengan keutuhan NKRI sehingga peka terhadap hal yang sensitif ini," beber Rahul.

Dalam pesan tertulis kepada Semarangpos.com, Selasa malam, PC GP Ansor Kota Semarang menyebutkan telah mendapat informasi bahwa Pemkot Semarang belum memberikan izin penyelenggaraan acara HTI Jateng di GOR Tri Lomba Juang pada Minggu nanti.

Berdasarkan informasi yang mereka peroleh, Pemkot Semarang berencana menggelar kegiatan di GOR Tri Lomba Juang saat acara HTI Jateng itu digelar.

Sementara itu dari pihak Polrestabes Semarang hingga kini belum mendapatkan permintaan dari HTI Jateng untuk menggelar acara. PC GP Ansor pun berharap agar aparat keamanan tidak mengeluarkan izin untuk acara HTI.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya



Kolom