SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JOGJA—Kondisi keamanan dan kerukunan Jogja menjadi daya tarik para wakil rakyat Kabupaten Buleleng Provinsi Bali. Mereka menilai cara mengalola kerukunan antar umat beragama guna menciptakan keamanan di Jogja cukup baik.

Ketua Komisi D DPRD Kabupaten Buleleng, I Wayan Teren menilai Jogja sangat aman dan tertib.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Maka kami ingin melihat langsung sekaligus belajar bagaimana cara mengatasi khusus permasalahan kerukunan antar umat beragama,” katanya dalam rilis pers Pemda DIY, Selasa (26/6).

Menurutnya, mayoritas penduduk asli di Bali beragama Hindu. Namun tidak sedikit penduduk asli khususnya di Buleleng yang masuk Islam karena menikah dengan warga muslim. Ia tak menampik, kedatangan kelompok Islam tertentu dari luar membuat kerukunan umat agak sedikit terganggu.

“Untuk mengatasi hal itu, pemerintah mengeluarkan aturan yang melarang kelompok Islam tertentu di Kabupaten Buleleng berdakwah ke rumah-rumah,” imbuhnya.

Jika ingin berdakwah di masjid maupun bagi tamu yang menginap harus melapor aparat setempat. “Semua itu dilakukan untuk menjaga gesekan-gesekan warga masyarakat yang bisa mengakibatkan tindakan anarkis,” ungkap Wayan Teren.(ali)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya