SOLOPOS.COM - Kondisi terakhir PT Suwastama di Jl.Slamet Riyadi 280, Gumpang, Kartasura, Sukoharjo, usai di lalap si jago merah, Senin (25/7/2022). (Solopos.com/ Magdalena Naviriana Putri).

Solopos.com, SUKOHARJO – Kebakaran PT Suwastama, Gumpang, Sukoharjo, Senin (25/7/2022), disebabkan percikan api dari grenda potong yang digunakan untuk pembersihan kawasan setempat.

“Kami sedang melakukan pembersihan rutin ya, saat pembersihan itu ada bagian yang harus di lepas,” kata Tim Renovasi PT Suwastama, Winarto saat ditemui wartawan di lokasi pabrik tersebut.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

“Tetapi karena sudah lama dan terkena korosi, sehingga harus di lepas menggunakan alat. Kami menggunakan alat grenda potong, dari percikan api [grenda potong] menyebabkan terbakarnya area,” tambah Winarto.

Dia membeberkan di dalam area PT Suwastama yang kebakaran tersebut ada barang-barang sisa produksi yang menempel di dinding. Hal itulah yang menyebabkan api dari percikan grenda membakar lokasi setempat.

“Sebetulnya dinding sendiri berbahan galvanis [material seng yang melapisi besi, baja murni dan baja ringan untuk melindungi agar besi maupun baja tidak terjadi korosi]. Tetapi karena ada kotoran yang menempel sehingga menyebabkan kebakaran,” jelasnya.

Baca juga: Breaking News, Pabrik Suwastama Gumpang Kartasura Terbakar

Winarto mengatakan penanganan cukup cepat, api sudah separuh dikendalikan ketika pemadam kebakaran (damkar) datang ke area  PT Suwastama yang terbakar.

“Kalau saya sendiri tidak tahu berapa lama damkar datang setelah kejadian. Kalau saya langsung di lokasi memimpin rekan rekan memadamkan api, dengan [alat pemadam kebakaran] Apar dan juga hidran yang kita miliki. Mungkin sekitar 20 menitan damkar kemudian datang,” katanya.

Dia menambahkan di dalam lokasi kejadian sebagian besar berisi furniture dari rotan. Lebih lanjut, luas lahan yang terbakar sekitar 8 meter x 10 meter. Mesin produksi seperti  kipas blower dan alat lain turut hangus dilalap si jago merah.

“Kerugian lebih dari Rp100 juta, tetapi belum bisa memastikan berapa angka pastinya,” kata dia.

Human Resource dan General Affair, PT Suwastama, Hayu Wijayanto, menambahkan tidak ada korban jiwa dalam kebakaran itu.

Baca juga: Pabrik Tepung di Nguter Terbakar, Berikut Kronologinya

Berikut kronologi kejadian kebakaran PT Suwastama berdasarkan wawancara dan catatan Solopos.com.

Pertama, Hayu  mengatakan kejadian sekitar pukul 10.00 WIB. Tempat kejadian sedang tidak digunakan saat kejadian, namun sedang dalam proses pembersihan itu.

Selanjutnya, alarm emergency tiba-tiba berbunyi, sejumlah karyawan yang sedang membersihkan ruangan langsung menyelamatkan diri dan lainnya mengecek kondisi lapangan.

Kemudian sekitar pukul 10.15 WIB Hayu dan tim menghubungi damkar karena ternyata sebagian dari area finishing itu mengalami kebakaran.

“Sekitar pukul 10.15 WIB kami hubungi Damkar, kenapa kami hubungi damkar karena ternyata sebagian dari area finishing itu mengalami kebakaran. Alhamdulilah tidak ada korban jiwa semua terselamatkan,” imbuhnya.

Baca juga: Pabrik Tepung Sukoharjo Dilalap Api, Diduga Korsleting Listrik

Berdasarkan pantauan di lokasi kejadian ada delapan mobil Damkar yang diturunkan menangani kejadian itu.

Kabupaten Sukoharjo dan Kota Solo mengirimkan dua unit, selanjutnya Kabupaten Boyolali, Wonogiri, Sragen, dan Karanganyar masing-masing mengirimkan satu unit.

Diberitakan sebelumnya, terjadi kebakaran di PT Suwastama yang bergerak di bidang mebel di Jl.Slamet Riyadi 280, Gumpang, Kartasura, Sukoharjo, Senin (25/7/2022).

Informasi dihimpun Solopos.com, dari Sekretaris Desa Gumpang, Benny Raharjo, mengatakan belum diketahui penyebab kejadian kebakaran yang terjadi di PT Suwastama.

“Betul, sekitar pukul 10.15 WIB. Mesin oven katanya, mungkin apinya kebesaran, tapi belum diketahui penyebab pasti kejadiannya,” kata dia saat dihubungi, Senin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya