SOLOPOS.COM - Ilustrasi Investasi (JIBI/Solopos/Antara)

UKM batik asal Jogja didorong untuk mampu bersaing dalam mengirim produknya ke Rusia

Harianjogja.com, JOGJA – Produk batik dan investasi di Jogja menarik bagi Rusia. Fakta itu terungkap dalam pertemuan antara Duta Besar Indonesia untuk Rusia dengan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X di Kepatihan, Jumat (14/10/2016) pagi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

UKM batik asal Jogja didorong untuk mampu bersaing dalam mengirim produknya ke Rusia. Selain itu dalam pertemuan tersebut, Dubes menyampaikan kepada Sultan tentang adanya tawaran Rusia untuk berinvestasi pembangunan di sekitar pengembangan Bandara Kulonprogo.

Ekspedisi Mudik 2024

Dubes Indonesia untuk Rusia Wahid Supriyadi menyatakan, pertemuannya dengan Sultan membahas beberapa hal seperti ketertarikan Rusia terhadap budaya Jogja dan keinginan Rusia untuk berinvestasi di Jogja. Menurutnya, pada festival Indonesia di Rusia pada Agustus 2016 lalu, pihaknya membuka forum bisnis dan investasi. Dalam kesempatan itu ada ketertarikan Rusia berinvestasi di Jogja.

“Festival Agustus lalu hari pertama untuk forum bisnis dan investasi, saya sudah lobi calon investor. Mereka sudah tertarik terutama di bidang resort mereka tahu kalau Jogja ini salahsatu destinasi budaya,” terangnya di Kompleks Kepatihan, Jumat (14/10/2016).

Ia menambahkan, salahsatu investasi yang disasar Rusia adalah untuk pembangunan resort di sekitar lokasi pembangunan Bandara Kulonprogo. “Termasuk Investasi di [area] pengembangan bandara di Jogjakarta [Kulonprogo], memang di sini lebih padat, pengembangan resort, kebetulan ini salahsatu minat dari investor Rusia, resort, sejenis hotel,” kata dia.

Wahid menegaskan, dalam festival di Rusia, produk Jogja sangat diminati warga lokal. Oleh karena itu produk Jogja memiliki potensi besar untuk dikirim ke Rusia terutama industri kreatif. Karena Rusia banyak mengimpor produk kerajinan.

“Saat workshop [festival di Rusia] itu ramai. Untuk penjualan dan promosi potensi luar biasa. Budaya, produk Jogja sangat diminati, saya sampaikan ke Sultan ke depan memprioritaskan Jogja untuk lebih pada UKM. Kami harapkan bisa dikirim tim budaya [dari DIY ke Rusia],” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya