SOLOPOS.COM - Dekan Fakultas Pertanian UTP dan UNS Solo menandatangani MoU pengembangan perkuliahan. (Septhia Ryanthie/JIBI/Solopos)

Kerja sama universitas, FP UNS dan UTP menjalin kerja sama kegiatan pendidikan.

Solopos.com, SOLO–Fakultas Pertanian (FP) Universitas Tunas Pembangunan (UTP) Solo menjadi fakultas pertama di UTP yang menindaklanjuti kesepakatan kerja sama antara UTP dan Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kerja sama kedua universitas tersebut sebelumnya telah dituangkan dalam nota kesepahaman atau MoU dan ditandatangani Rektor UTP, Ongko Cahyono, dan Rektor UNS, Ravik Karsidi.

Bertempat di Kampus II UTP, Balekambang, Senin (16/11/2015), dilangsungkan penandatanganan MoU antara FP UTP dan FP UNS, yang dilakukan Dekan FP UTP, Endang Suprapti dan Dekan FP UNS, Bambang Pujiasmanto.
Endang mengatakan MoU kerja sama dengan UNS tersebut menindaklanjuti MoU sebelumnya yang sudah diteken masing-masing rektor dua universitas tersebut. Kerja sama pengembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi tersebut meliputi kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. MoU berlaku untuk jangka waktu lima tahun setelah penandatanganan.

“Salah satunya diwujudkan dengan menggelar kuliah umum yang menghadirkan dosen tamu, Joko Sutrisno, yang mengambil tema Agribisnis, Peluang dan Tantangan di dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA),” ujar Endang ketika ditemui wartawan di Kampus UTP sebelum penandatanganan MoU, Senin.

Endang berharap dengan mengundang dosen dari luar UTP dapat lebih meningkatkan kualitas pengajaran di UTP dan memberikan motivasi kepada mahasiswa. Selain dari sisi dosen atau pengajar, Endang berharap kerja sama yang diwujudkan antara lain bisa berupa pertukaran mahasiswa.

“Artinya mahasiswa nanti bisa punya kesempatan untuk belajar bersama, apakah mahasiswa UTP bisa belajar di UNS, atau sebaliknya,” imbuhnya.

Selain itu, kerja sama juga bakal diwujudkan dengan pemanfaatan fasilitas, sarana, dan prasarana pembelajaran di kedua kampus tersebut.
“Diharapkan bisa saling melengkapi. Misalnya, dalam pemanfaatan laboratorium dan lokasi penelitian, ada sebagian laboratorium yang saat ini belum dimiliki UTP, nantinya bisa menggunakan laboratorium di UNS, juga kalau UNS membutuhkan lokasi penelitian yang termasuk binaan UTP, bisa ikut memanfaatkan lokasi penelitian tersebut. Ini juga termasuk dalam hal penelitian dosen atau mahasiswa,” paparnya.

Khusus untuk penelitian dosen, Endang menyatakan, kerja sama sudah kerap dilaksanakan kerja sama antara dosen UTP dan dosen UNS sejak lama walaupun sebelumnya tidak ada MoU. “Nah dengan MoU ini, diharapkan bisa lebih menguatkan lagi,” katanya. Dalam pengabdian kepada masyarakat, lanjutnya, salah satu yang ingin dikerjasamakan dengan FP UNS adalah pelaksanaan program kuliah kerja nyata (KKN).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya