SOLOPOS.COM - Kepala SMK Pancasila 1 Wonogiri, Heri Winanto (dua dari kiri) saat melakukan tanda tangan kerjasama dengan Toyota Nasmoco Solo Baru, disaksikan Direktur Jendral Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Wikan Sakarinto (dua dari kanan) di Aula di SMK Pancasila 1 Wonogiri, Minggu (6/12). (Solopos.com/Aris Munandar)

Solopos.com, WONOGIRI -- SMK Pancasila 1 Wonogiri kini memiliki bengkel resmi Toyota di sekolah mereka. Menyusul adanya kemitraan antara SMK Pancasila 1 Wonogiri dengan Toyota Nasmoco, Solo Baru, Sukoharjo.

Peresmian kerja sama (link and match) antara kedua instansi ini dilakukan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Wikan Sakarinto, Minggu (6/12/2020).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Peresmian ditandai dengan pembukaan service point Nasmoco Solo Baru di SMK Pancasila 1 Wonogiri. Hal itu sebagai tanda bahwa Nasmoco Solo Baru merupakan mitra industri SMK 1 Pancasila Wonogiri.

Begini Akal-Akalan Wonogiri Lanjutkan BLT DD

Selain dengan Toyota Nasmoco, SMK Pancasila 1 Wonogiri juga bekerja sama dengan tiga pihak lain. Yakni,  PT. King Manufactur dan PT. Hasil Karya Indonesia di bidang permesinan, serta Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) Solo.

Kepala SMK Pancasila 1 Wonogiri, Heri Winanto, menuturkan sesuai dengan program dari Kemendikbud, setiap sekolah vokasi diwajibkan bekerja sama dengan industri. Bukan hanya berkaitan dengan praktek kerja lapangan atau PKL, namun juga berkaitan dengan penyusunan kurikulum dan serapan lulusan SMK di dunia industri.

"Kerja sama yang kami lakukan dengan Nasmoco Solo Baru ini sebagai wujud bahwa SMK Pancasila 1 Wonogiri telah melaksanakan apa yang menjadi program Kemendikbud," kata dia kepada Solopos.com, di ruang kerjanya, Minggu.

Warga Diharapkan Datang ke TPS Sesuai Jadwal, Ibu Hamil dan Lansia Harus Diprioritaskan

Tingkatkan Kompetensi

Dengan kerja sama itu, lulusan SMK Pancasila 1 akan mempunyai kompetensi yang dibutuhkan perusahaan, terutama siswa yang mengambil jurusan teknik kendaraan ringan.

"Karena dengan adanya kerjasama tersebut, kurikulum yang akan diterapkan atau diajarkan kepada siswa sesuai dengan kebutuhan Nasmoco," ungkap dia.

Selain itu, kata Heri, dengan adanya kerjasama itu, siswa bisa melaksanakan PKL di Nasmoco dengan mudah dan mendapat sertifikat. Sehingga saat lulus dari SMK, sebagian siswa bisa terserap bekerja di Nasmoco. "Kami sudah lama bekerjasama dengan Toyota. Namun baru pada tingkatan pendekatan atau istilahnya pacaran. Kalau kerj asama hari ini istilahnya sudah menikah, antara SMK Pancasila 1 Wonogiri dengan Nasmoco Solo Baru," ujar dia.

Tenggelam Saat Mancing di Genangan WGM, Manula di Wonogiri Ditemukan Meninggal

Dalam acara tersebut hadir pula Rektor UNS Solo beserta jajaran, Dewan Pengurus Apindo, Kepala Dinas Provinsi Jawa Tengah beserta jajaran, para Direktur Perusahaan dan pihak lainnya yang terlibat dalam pendidikan vokasi.

"Di tengah pandemi Covid-19, acara persemian atau penandatanganan MoU ini dilakukan dengan pertemuan terbatas. Selebihnya mengikuti secara online atau daring. Hal ini guna mencegah kerumunan," kata Heri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya