Kerja Nyata UNS Solo Dukung Pengembangan Pariwisata Soloraya

Pusat Penelitian dan Pengembangan Pariwisata dan Budaya (Puspari) LPPM Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo menggelar dua jenis kegiatan pengabdian masyarakat pada 2018.

Kerja Nyata UNS Solo Dukung Pengembangan Pariwisata Soloraya

SOLOPOS.COM - Kegiatan pendampingan Puspari LPPM UNS Solo dalam pengembangan produk batik kayu (istimews-UNS Solo)

Solopos.com, SOLO – Pusat Penelitian dan Pengembangan Pariwisata dan Budaya (Puspari) LPPM Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo menggelar dua kegiatan pengabdian masyarakat pada 2018. Adapun kegiatan pertama yang dilakukan berupa program kemitraan masyarakat (PKM) bertajuk Aplikasi Bahasa Inggris Persuasif untuk Meningkatkan Efektifitas Promosi Pariwisata Solo Raya.

Dalam siaran pers yang diterima Solopos.com, Kamis (24/1/2019), dijelaskan, kegiatan tersebut melibatkan dua biro perjalanan wisata, Wilis Tours dan Bumi Kentingan Tour and Travel. Program tersebut bertujuan meningkatkan kompetensi mitra dalam berbahasa Inggris untuk mempromosikan dan memasarkan produk pariwisata Solo Raya.

  

Kegiatan pendampingan di Wilis Tours (Istimewa-UNS Solo)

Program tersebut dibuat oleh tim UNS Solo karena terbatasnya pengetahuan mitra tentang bahasa Inggris serta peralatan untuk menunjang promosi dan pemasaran produk pariwisata di Soloraya. Adapun metode yang dipakai meliputi diskusi, transfer pengetahuan dan keterampilan, serta pendampingan. Program kemitraan masyarakat (PKM) bertajuk Aplikasi Bahasa Inggris Persuasif untuk Meningkatkan Efektifitas Promosi Pariwisata Soloraya didanai oleh PNBP UNS Solo. 

Hasil PKM terlihat dari peningkatan kompetensi mitra menggunakan bahasa Inggris secara persuasif. Sementara pendampingan yang dilakukan sukses memperbaiki situs promosi untuk Wilis Tours yang bisa dilihat di Wilistravel.com. Serta situs Bumikentinganholiday.com untuk Bumi Kentingan Tour and Travel. Program pendampingan ini dilaksanakan langsung oleh tim dari UNS Solo yang dipimpin Rara Sugiarti dan Susilorini.

 

Kegiatan pendampingan di Bumi Kentingan Tour & Travel (istimewa-UNS Solo)

Puspari LPPM UNS Solo juga melaksanakan pengabdian masyarakat dengan program pengembangan produk unggulan daerah (PPPUD) di Klaten, Jawa Tengah. Kegiatan bertajuk Pengembangan Kerajinan Batik Kayu sebagai Potensi Unggulan Daerah Kabupaten Klaten dilakukan dalam proses produksi hingga pemasaran.

Sektor produksi difokuskan pada pengembangan desain dan proses finishing produk batik kayu hasil UKM Taruntum dan UKM Batik Jino. Selanjutnya mereka diajarkan cara mengembangkan promosi produk batik kayu melalui pariwisata. Program ini didanai langsung oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

Program itu digagas karena kurangnya kreasi produk serta terbatasnya media promosi. Tujuan program ini adalah mendorong penguatan ekonomi lokal sekaligus melestarikan seni budaya tradisi yang telah ada.

Hasil kegiatan ini berupa pengingktan diversifikasi desain produk, terbangunnya lokasi swafoto di UKM Batik Kayu, serta bertambahnya jumlah produksi. Tak ketinggalan, jangkauan pemasaran batik kayu semakin luas sehingga mendorong peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Tim pelaksana PPPUD Batik Kayu terdiri atas Margana, Muthmainah dan Rara Sugiarti.

Berita Terkait

Berita Terkini

Ngaku Petugas Puskesmas Teror Peserta Vaksinasi Di Boyolali, Pelaku Sebut Ini Motifnya

Identitas dan motif pengirim pesan teror kepada dua perempuan peserta vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Teras, Boyolali, akhirnya terungkap.

Kebakaran Dua Rumah Di Grobogan Diduga Karena Korsleting

Kebakaran dua rumah di Grobogan tersebut terjadi di Kecamatan Pulokulon dan Kecamatan Toroh, pada pagi dan siang hari, Kamis (29/7/2021).

Update Covid-19 Hari Ini: Positif 43.479, Sembuh 45.494, Meninggal 1.893

Secara keseluruhan kasus positif Covid-19 di Indonesia hingga saat ini mencapai 3.31.206.

Rutan Solo Kerahkan Sipir Penjara Susuri Perkampungan Bagikan Sembako

Rutan Solo mengerahkan para sipir dan pegawai untuk berkeliling bagikan sembako kepada masyarakat terdampak pandemi corona.

Mantap! Desa Kemudo Klaten Gandeng Klinik dan Siapkan 16 Tracer Untuk Percepat Penanganan Covid-19

Upaya mempercepat pelacakan kontak erat diberlakukan di Desa Kemudo, Kecamatan Prambanan, Klaten, dengan menyiapkan 16 tracer.

Jonatan Christie Gagal Ikuti Anthony Ginting ke Perempat Final Olimpiade Tokyo 2020

Jonatan Christie ditumbangkan tunggal putra China, Shi Yuqi, dengan dua game langsung 11-21, 9-21.

Keren! 6 Organisasi Mahasiswa Siap Bantu Penanganan Covid-19 Jateng

Mereka kemudian berdiskusi dengan Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, terkait keterlibatan mahasiswa dalam penanganan Covid-19 di masyarakat.

Bantu UKM Kuliner, Fakultas Pertanian UNS Sosialisasi Keamanan Pangan Produk Frozen Food

Prodi llmu Teknologi Pangan Fakultas Pertanian (FP) UNS dengan melakukan sosialisasi keamanan pangan produk frozen food dan pengurusan izin edar MD bagi pelaku usaha kuliner di Solo.

Berbagi ke Warga Sekitar, Solo Grand Mall Bagi-bagi Paket Sembako

Puluhan paket sembako tersebut diserahkan secara oleh General Manager Solo Grand Mall, Bapak Bambang Sunarno, kepada warga Penumping.

AKBP Edy Suranta Sitepu Tak Lagi Menjabat Kapolres Klaten, Ini Pejabat Yang Baru

Kapolres Klaten diganti, AKBP Edy Suranta Sitepu sudah tidak lagi menduduki tersebut dan diganti pejabat baru per Rabu (28/7/2021).

Jos! Anthony Ginting Raih Tiket Perempat Final Olimpiade Tokyo 2020

Anthony Sinisuka Ginting menang dua game langsung 18-21, 14-21 melawan pebulu tangkis tuan rumah Jepang, Kanta Tsuneyama.

Jelang Alih Status Jadi UIN, IAIN Salatiga Buka Program Doktoral

Rektor IAIN Salatiga Prof. Dr. Zakiyuddin Baidhawy, M.Ag. menyebut kelak UIN Salatiga akan buka program vokasi sesuai kebutuhan masyarakat.