Tutup Iklan

Kerja Nyata UNS Solo Dukung Pengembangan Pariwisata Soloraya

Pusat Penelitian dan Pengembangan Pariwisata dan Budaya (Puspari) LPPM Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo menggelar dua jenis kegiatan pengabdian masyarakat pada 2018.

Kerja Nyata UNS Solo Dukung Pengembangan Pariwisata Soloraya

SOLOPOS.COM - Kegiatan pendampingan Puspari LPPM UNS Solo dalam pengembangan produk batik kayu (istimews-UNS Solo)

Solopos.com, SOLO – Pusat Penelitian dan Pengembangan Pariwisata dan Budaya (Puspari) LPPM Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo menggelar dua kegiatan pengabdian masyarakat pada 2018. Adapun kegiatan pertama yang dilakukan berupa program kemitraan masyarakat (PKM) bertajuk Aplikasi Bahasa Inggris Persuasif untuk Meningkatkan Efektifitas Promosi Pariwisata Solo Raya.

Dalam siaran pers yang diterima Solopos.com, Kamis (24/1/2019), dijelaskan, kegiatan tersebut melibatkan dua biro perjalanan wisata, Wilis Tours dan Bumi Kentingan Tour and Travel. Program tersebut bertujuan meningkatkan kompetensi mitra dalam berbahasa Inggris untuk mempromosikan dan memasarkan produk pariwisata Solo Raya.

  

Kegiatan pendampingan di Wilis Tours (Istimewa-UNS Solo)

Program tersebut dibuat oleh tim UNS Solo karena terbatasnya pengetahuan mitra tentang bahasa Inggris serta peralatan untuk menunjang promosi dan pemasaran produk pariwisata di Soloraya. Adapun metode yang dipakai meliputi diskusi, transfer pengetahuan dan keterampilan, serta pendampingan. Program kemitraan masyarakat (PKM) bertajuk Aplikasi Bahasa Inggris Persuasif untuk Meningkatkan Efektifitas Promosi Pariwisata Soloraya didanai oleh PNBP UNS Solo. 

Hasil PKM terlihat dari peningkatan kompetensi mitra menggunakan bahasa Inggris secara persuasif. Sementara pendampingan yang dilakukan sukses memperbaiki situs promosi untuk Wilis Tours yang bisa dilihat di Wilistravel.com. Serta situs Bumikentinganholiday.com untuk Bumi Kentingan Tour and Travel. Program pendampingan ini dilaksanakan langsung oleh tim dari UNS Solo yang dipimpin Rara Sugiarti dan Susilorini.

 

Kegiatan pendampingan di Bumi Kentingan Tour & Travel (istimewa-UNS Solo)

Puspari LPPM UNS Solo juga melaksanakan pengabdian masyarakat dengan program pengembangan produk unggulan daerah (PPPUD) di Klaten, Jawa Tengah. Kegiatan bertajuk Pengembangan Kerajinan Batik Kayu sebagai Potensi Unggulan Daerah Kabupaten Klaten dilakukan dalam proses produksi hingga pemasaran.

Sektor produksi difokuskan pada pengembangan desain dan proses finishing produk batik kayu hasil UKM Taruntum dan UKM Batik Jino. Selanjutnya mereka diajarkan cara mengembangkan promosi produk batik kayu melalui pariwisata. Program ini didanai langsung oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

Program itu digagas karena kurangnya kreasi produk serta terbatasnya media promosi. Tujuan program ini adalah mendorong penguatan ekonomi lokal sekaligus melestarikan seni budaya tradisi yang telah ada.

Hasil kegiatan ini berupa pengingktan diversifikasi desain produk, terbangunnya lokasi swafoto di UKM Batik Kayu, serta bertambahnya jumlah produksi. Tak ketinggalan, jangkauan pemasaran batik kayu semakin luas sehingga mendorong peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Tim pelaksana PPPUD Batik Kayu terdiri atas Margana, Muthmainah dan Rara Sugiarti.

Berita Terkait

Berita Terkini

Tenda Darurat di RSUD Tugurejo Diisi Pasien Berpenyakit Penyerta

RSUD Tugurejo Semarang terpaksa mendirikan tenda darurat untuk merawat pasien Covid-19 yang membeludak sehingga tak tertampung.

Sering Bersin Ciri Penerima Vaksin Kena Covid-19

Seseorang yang sudah mendapatkan vaksinasi Covid-19 masih harus tetap menghindari virus corona pemicu Covid-19.

Solo Bersiap Terapkan Jam Malam

Meningkatnya penularan virus corona di wilayah eks Karesidenan Surakarta membuat Pemkot Solo berencana menerapkan jam malam Covid-19.

Dompet Cekak, Mungkinkah Jakarta Disuntik Dana Sri Mulyani?

Dompet Jakarta terlampau cekak untuk menggerakkan iklim membangun sehingga harus mengharap disuntik dana dari Menkeu Sri Mulyani.

Korsel Gencarkan Vaksinasi, Jumlah Pasien Kritis Covid-19 Menurun

Korea Selatan atau Korsel menyatakan efek vaksinasi virus corona pencegah Covid-19 mulai terlihat pada penurunan jumlah pasien kritis.

Kendaraan Listrik Diramalkan Capai Puncak Penjualan 2033

Kendaraan listrik global diramalkan mencapai puncak penjualan tahun 2033 yang berarti lima tahun lebih awal daripada perkiraan sebelumnya.

Malaysia Targetkan Vaksinasi 60% Penduduk

Pemerintah Malaysia menargetkan dapat melakukan vaksinasi terhadap 60% penduduk dengan deadline akhir September 2021.

Panen Hadiah Simpedes BRI Klaten Diundi, Ini Nasabah Yang Beruntung Dapat Honda Mobilio

Bank BRI Cabang Klaten menggelar penarikan undian panen hadiah Simpedes periode II dengan hadiah utama satu unit mobil Honda Mobilio.

Kronologi Munculnya Klaster Takziah Covid-19 di Kabupaten Pasuruan

Satgas Covid-19 Kabupaten Pasuruan menemukan klaster takziah di Desa Dayurejo, Kecamatan Prigen. Ada 21 orang positif terpapar Covid-19.

Begini Perketatan Aktivitas Masyarakat Jakarta

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kembali melakukan perketatan aktivitas masyarakat selama masa PPKM Skala Mikro.

Sinyal Ferdinand Sinaga Merapat ke Persis Solo

Seorang sumber Solopos.com menyebut peluang Ferdinand merapat ke Persis mencapai 90%.