Keripik Jamur Dieng, Oleh-Oleh Khas Wonosobo

Keripik jamur dieng merupakan salah satu makanan khas yang berasal dari Kabupaten Wonosonbo, Jawa Tengah. Keripik ini memiliki penampakan dan warna yang bervariasi sesuai dengan bentuk dan jenis jamur.

 Keripik Jamur Dieng (Instagram/@luckyoleholeh)

SOLOPOS.COM - Keripik Jamur Dieng (Instagram/@luckyoleholeh)

Solopos.com, WONOSOBO — Keripik jamur dieng merupakan salah satu makanan khas yang biasa dijadikan oleh-oleh jika sedang mampir ke wilayah Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Keripik ini memiliki penampakan dan warna yang bervariasi sesuai dengan bentuk dan jenis jamur. Tetapi umumnya keripik jamur dieng dibuat dari jamur merang (volvaliera volvacea) yang ditanam di Dataran Tinggi Dieng.

PromosiWHO: Jutaan Orang Meninggal Akibat "Dapur Ngebul"

Keripik jamur ini memiliki rasa asin gurih dan berwarna coklat kehitaman dengan rasa yang khas, tetapi harganya agak sedikit mahal. Meskipun demikian, keripik jamur ini sering dicari wisatawan yang berkunjung ke Dataran Tinggi Dieng untuk dijadikan buah tangan.

Salah satu keunikan makanan yang satu ini adalah penambahan paru sapi, telur, dan bumbu-bumbu lainnya serta proses penggurangannya dapat meningkatkan nilai gizi serta kelezatan dari keripik jamur tersebut.

Kabar baiknya, untuk menikmati keripik jamur dieng ini, Anda tidak perlu jauh-jauh ke Dieng lagi karena Solopos.com akan memberikan resep membuat kudapan legendaris ini. Dikutip dari Okezone.com, proses pembuatan keripik jamur diawali dengan memotong tangkai jamur lalu suwir-suwir kasar bagian payungnya, kemudian letakkan pada nampan yang lebar.

Baca Juga: Tape Sugihan Khas Blora Awalnya Dicibir Kini Nikmatnya Dikangenin

Adapun bumbu yang diperlukan adalah bawang putih halus, merica, kaldu bubuk, dan garam. Lumurkan bumbu halus pada jamur, aduk rata, sisihkan. Campur tepung beras dan tepung kanji hingga rata, taburkan ke atas jamur, aduk-aduk hingga tepung melekat pada jamur, sisihkan ± 15 menit.

Panaskan minyak dalam wajan untuk menggoreng keripik. Tepuk-tepuk kelebihan tepung yang menempel pada jamur, lalu masukkan secara bertahap ke dalam minyak panas. Goreng sambil aduk hingga jamur setengah kering, angkat, tiriskan, sisihkan hingga dingin betul.

Saring minyak dari endapan tepung di dasar wajan, panaskan kembali minyak di atas api kecil hingga sedang. Goreng jamur setengah matang secara bertahap, aduk-aduk hingga jamur berwarna kecokelatan dan renyah, angkat, tiriskan, dinginkan dan siap untuk dinikmati.

Baca Juga: Pabrik Volta Semarang Targetkan 5.000 Unit Motor Listrik Tiap Bulannya

Keripik jamur buatan sendiri ini mungkin rasanya tidak mampu menandingi kelezatan oleh-oleh khas Wonosobo tersebut. Namun semoga resep ini dapat mengobti rasa penasaran akan keripik jamur dieng.

Berita Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Netizen Geger! Bupati Husein Prediksi Omicron Sudah Masuk Banyumas

Bupati Banyumas Achmad Husein membuat geger netizen setelah menyebut virus SARS CoV-2 varian Omicron telah masuk Banyumas.

Tak Cuma di Semarang, Harta Pengusaha Terkaya Asia Tersebar Luas

Aset kerajaan bisnis yang dibangun pengusaha terkaya Asia dari Semarang, Jawa Tengah, Oei Tiong Ham, bukan hanya berada di Indonesia. Melainkan tersebar di berbagai negara.

Misteri Akhir Hayat Pengusaha Terkaya Asia Semarang: Warisan Disita

Akhir hayat Oei Tiong Ham si pengusaha terkaya Asia dari Semarang, Jawa Tengah, menyimpan misteri. Baik tentang penyebab kematian hingga sengketa harta warisan.

Dibuka, Penerimaan Anggota Polri dari Jalur Sarjana, Simak Caranya Lur!

Kepolisian Republik Indonesia atau Polri membuka pendaftaran siswa Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS) tahun 2022.

Triawan Munaf Kepincut Baju Adat Ganjar Pranowo, Seperti Apa Sih?

Komisaris Utama PT Aviasi Pariwisata Indonesia, Triawan Munaf, tertarik dengan baju adat yang dikenakan Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo.

Kerupuk Tayamum, Makanan Legend Khas Pantura Kriuk-Kriuk Shrpp

Kerupuk/krupuk tayamum alias kerupuk pasir atau kerupuk melarat merupakan salah satu makanan khas Pantura Jawa yang melegenda.

Istana Gergaji, Warisan Pengusaha Terkaya Asia di Semarang

Istana Gergaji merupakan salah satu warisan peninggalan kerajaan bisnis pengusaha terkaya Asia, Oei Tiong Ham, di Semarang, Jawa Tengah.

Intip Istana Megah Pengusaha Terkaya Asia di Semarang

Kondisi Istana Pamularsih, salah satu peninggalan pengusaha terkaya Asia dari Semarang kini sangat memprihatinkan.

Ini Total Harta Kekayaan Pengusaha Terkaya Asia dari Semarang

Tidak ada yang tahu pasti total harta kekayaan pengusaha terkaya Asia asal Semarang, Oei Tiong Ham, karena asetnya pun sulit didata saking banyaknya.

Mengulik Asal Kekayaan Pengusaha Terkaya Asia dari Semarang

Oei Tiong Ham, pengusaha terkaya Asia asal Semarang tak hanya dikenal sebagai Raja Gula dari Semarang, tapi juga perdagangan candu atau opium.

Ini Deretan Warisan Pengusaha Terkaya Asia dari Semarang yang Disita

Inilah deretan harta warisan peninggalan si pengusaha terkaya Asia dari Semarang, Jawa Tengah, Oei Tiong Ham.

Warisan Pengusaha Terkaya Asia dari Semarang Disita Rezim Sukarno?

Aset warisan pengusaha terkaya se-Asia dari Semarang, Jawa Tengah, Oei Tiong Ham, disita negara pada pemerintahan Presiden Sukarno tahun 1961.

Meski Jalan Putus, PLN Berhasil Pulihkan Listrik di Pekalongan

PLN berhasil pulihkan listrik pascabencana tanah longsor yang melanda Kecamatan Lebakbarang, Kabupaten Pekalongan.

Polres dan BIN Gelar Vaksinasi di Grobogan, Tapi Beda Sasaran

Polres Grobogan melaksanaan vaksinasi booster untuk seluruh anggotanya, sedang vaksinasi oleh BIN Jateng sasarannya anak/pelajar.

Udinus Kembali Gelar Dinusfest, Pelajar SMA/SMK Merapat!

Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang akan kembali menggelar ajang Dinusfest pada awal Februari 2022.

Kisah Si Raja Gula Asia, Pengusaha Terkaya dari Semarang

Beginilah riwayat kerajaan bisnis Raja Gula Asia yang merupakan pengusaha terkaya asal Semarang, Oei Tiong Ham.