SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/dok)

Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/dok)

SOLO – Pembatalan empat perjalanan kereta api (KA) Prambanan Ekspres (Prameks) yang telah berlaku sejak 4 Januari lalu, diperpanjang. Semula pembatalan KA komuter itu direncanakan sampai Selasa (31/1/2012), namun kini diperpanjang hingga 7 Februari.

Promosi Kecerdasan Buatan Jadi Strategi BRI Humanisasi Layanan Perbankan Digital

Humas PT KAI Daops VI Jogja, Eko Budiyanto, saat ditemui wartawan di Stasiun Balapan, Senin (30/1/2012), mengatakan pembatalan dua perjalanan Prameks dari Solo dan dua perjalanan dari Jogja terpaksa diperpanjang karena salah satu rangkaian KA membutuhkan perawatan sepekan lebih lama. “Gara-gara kejadian kecelakaan yang lalu, kabin masinis harus diganti. Dicetak ulang sehingga butuh waktu maksimal sepekan,” jelas Eko.

Atas kondisi tersebut, dia meminta pelanggan Prameks bisa mengerti. Eko menegaskan pihaknya ingin memastikan pelanggan Prameks mendapatkan layanan terbaik, termasuk dalam hal kondisi fisik KA. Untuk itu, meski satu set kereta rel disel alias KRD warna ungu baru saja masuk perawatan dan rencananya selesai Selasa (31/1/2012), jadwal perjalanan belum normal. Masih ada empat perjalanan yang terpaksa dibatalkan sampai 7 Februari.

Eko mengakui pembatalan empat perjalanan Prameks berimbas buruk terhadap banyaknya jumlah penumpang yang tidak tertampung. “Memang ada yang terpaksa naik jadwal selanjutnya karena jadwal yang diinginkan sudah penuh kapasitasnya,” ujar dia.

Hal senada diakui Wakil Ketua Stasiun Balapan, Rachmad Zaini. Zaini memaparkan sejak dua perjalanan Prameks dibatalkan 4 Januari, jumlah penumpang berkurang. Dengan perhitungan satu rangkaian KA menampung 700-an penumpang, maka jumlah penumpang tak tertampung dipastikan cukup besar. “Tidak tertampung di sini maksudnya tidak di jadwal yang dibatalkan, tapi bisa pakai jadwal selanjutnya. Atau kami alihkan ke kereta lain yang berdekatan jadwalnya,” terang Zaini.

JIBI/SOLOPOS/Tika Sekar Arum

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya