Tutup Iklan

Kereta Komuter Joglosemarkerto Meluncur!

PT Kereta Api Indonesia (Persero) serius memperkuat interkoneksi antarkota di Jawa Tengah dengan meluncurkan Kereta Api Komuter Joglosemarkerto.

Kereta Komuter Joglosemarkerto Meluncur!

SOLOPOS.COM - Ilustrasi kereta api. (Antara-Raisan Al Farisi)

Solopos.com, SEMARANG — PT Kereta Api Indonesia (Persero) serius memperkuat interkoneksi antarkota di Jawa Tengah dengan meluncurkan Kereta Api Komuter Joglosemarkerto. Kereta komuter Joglosemarkerto itu bakal melintasi beberapa kota, yakni Semarang- Solo-Jogja-Kroya-Purwokerto-Tegal-Pekalongan dengan total jarak tempuh dalam mengelilingi jalur besi di wilayah Jateng itu 579 km.

Kereta Api Komuter Joglosemarkerto dijadwalkan diluncurkan pada Sabtu (1/12/2018). Peluncuran tersebut sekaligus mendukung program peningkatan kunjungan wisata dari Provinsi Jateng. 

Di sisi lain, guna mendukung operasional KA Joglosemarkerto, KAI telah menyiapkan tiga rangkaian kereta api yang masing-masing terdiri atas dua kereta eksekutif dengan kapasitas 100 tempat duduk dan tujuh kereta kelas ekonomi dengan kapasitas 560 tempat duduk. Secara keseluruhan, KA Joglosemarkerto mempunyai kapasitas 660 tempat duduk dalam setiap perjalanannya.
 
"Nantinya, setiap hari, terdapat tiga titik pemberangkatan awal untuk KA Joglosemarkerto, yaitu dari Stasiun Semarang Tawang pada pukul 06.15 WIB, Stasiun Solo Balapan pada pukul 06.00 WIB, dan Stasiun Purwokerto pada pukul 05.00 WIB. Diharapkan kehadiran dari tiga rangkaian kereta api ini bisa memenuhi kebutuhan transportasi warga Jateng untuk koridor penghubung di kota-kota sekitar provinsi ini," jelas Executive Vice President PT KAI Daop 4 Semarang Yosita, Jumat (30/11/2018).
 
Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro menjelaskan tarif KA Joglosemarkerto terbagi dalam berbagai macam golongan. Nilainya disesuaikan dengan jarak tempuh dan jenis layanan kereta, yakni eksekutif atau ekonomi.

Dalam masa perkenalan, KAI memberikan diskon khusus sebesar 10 %. Tiket bisa dipesan melalui saluran eksternal penjualan tiket KA, maupun via aplikasi KAI Access dari ponsel. "Dengan dibukanya relasi baru, KA Joglosemarkerto memberikan pilihan konektivitas relasi-relasi tujuan bepergian masyarakat Semarang, Solo, Jogja, Purwokerto, Tegal dan sekitarnya, sehingga diharapkan dapat mendukung pertumbuhan ekonomi dan wisata di daerah-daerah tersebut," ujarnya.

Edi optimistis kehadiran KA Joglosemarkerto bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan agar waktu tinggal kunjungan selama di Jateng bisa menjadi lebih lama. Pasalnya, para wisatawan bisa berkeliling ke kota-kota destinasi wisata seperti Semarang yang memiliki destinasi wisata Lawangsewu, Purwokerto dengan kawasan Baturaden, Jogja yang memiliki keraton, dan kota-kota lainnya.

Dengan semakin banyaknya wisatawan yang membelanjakan uang di Jateng, roda perekonomian diharapkan meningkat. Selain itu, dengan semakin banyaknya alternatif transportasi penghubung di provinsi tersebut, minat investor untuk berinvestasi bisa meningkat.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Berita Terkait

Berita Terkini

Solopos Hari Ini: Fatal di Tengah Wabah

Koran Solopos Hari Ini edisi Senin (17/5/2021) mengulas tentang fatal di tengah wabah terkait musibah perahu terbalik di Kedungombo, Boyolali.

Uji Coba PTM Tahap III Jenjang SMA/SMK di Wonogiri Masih Tanda Tanya

Setelah tahap II selesai, belum ada keputusan kapan uji coba pembelajaran tatap muka atau PTM tahap III SMA/SMK di Wonogiri bakal dimulai.

Ditemukan, Jasad Anak Balita 1,5 Tahun Korban Perahu Terbalik Kedungombo Boyolali

Petugas gabungan di Kedungombo, Kecamatan Kemusu, Kabupaten Boyolali, kembali menemukan satu korban terbaliknya perahu di lokasi tersebut.

20 Warga Sekampung di Sumber Solo Positif Covid-19, 1 Orang Dirawat di RS

Satu dari 20 warga sekampung di wilayah Kelurahan Sumber, Banjarsari, Solo, yang positif Covid-19 dirawat di rumah sakit karena bergejala.

AC Milan Gagal Kunci Tiket Liga Champions Seusai Diimbangi Cagliari

Cagliari menggagalkan upaya AC Milan mengunci tiket Liga Champion seusai menahan lawannya itu dengan skor 0-0 dalam laga pekan ke-36 Liga Italia.

Belajar Dari Kasus WKO, Perahu Wisata Rawa Jombor Klaten Dilarang Angkut Penumpang Lebihi Kapasitas!

Pengelola perahu wisata di Rawa Jombor, Klaten, diminta tidak mengangkut penumpang melebihi kapasitas.

Tundukkan Bilbao, Real Madrid Tetap Berjuang hingga Pekan Terakhir

Real Madrid menang 1-0 di kandang Athletic Bilbao di San Mames, Minggu (16/5/2021) malam waktu setempat. Namun Real Madrid harus tetap berjuang hingga pekan terakhir kompetisi

2 Korban Perahu Terbalik Kedungombo Belum Ketemu, Pencarian Lanjut Pakai Drone Bawah Air

Dua korban perahu terbalik di Waduk Kedungombo, Boyolali, yang belum ketemu akan dicari pakai drone robotic underwater atau drone bawah air.

Indonesia, Malaysia, dan Brunei Kutuk Agresi Israel ke Palestina

Keterangan tertulis pernyataan bersama tiga negara itu diunggah oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui akun twitternya, Minggu (16/5/2021).

Ini Foto-Foto Pengeboman Gedung Al Jazeera oleh Israel...

Gedung media massa internasional, Al-Jalaa, tempat Associated Press atau AP dan Al Jazeera berkantor di Gaza, Palestina dibombardir Israel.

Lalu Lintas ke Jakarta Sepi, Puncak Arus Balik Lebaran Tak Terlihat

Kakorlantas Polri, Irjen Pol. Istiono, mengatakan arus balik belum tampak karena kendaraan masuk ke Jakarta 21.000, padahal biasanya di atas 60.000.

Barcelona 1-2 Celta Vigo: Barca Keluar dari Perburuan Gelar

Hasil ini membuat Barca tertahan di posisi ketiga dengan 76 poin.