SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, SEMARANG —PT Kereta Api Indonesia (KAI) menjadwalkan operasional kereta komuter yang menghubungkan sejumlah kota di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta mulai 1 Desember mendatang.

Manajer Humas PT KAI Daops V Supriyanto mengatakan kereta api sebagai moda transportasi yang cukup digemari karena aman dan terjadwal akan diupayakan memberikan layanan terbaik kepada masyarakat. “Ini masih kami bahas [di pusat], tapi ini memang baru bocoran. Yang jelas 1 Desember nanti ada perjalanan KA baru,” ujarnya. Senin (19/11/2018).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurutnya, pembahasan menyangkut hal-hal teknis, termasuk jadwal serta rangkaiannya. Intinya, kereta api tersebut bakal melayani penumpang dengan rute Purwokerto-Tegal-Semarang-Solo-Jogja-Kutoarjo-Kroya-Purwokerto.

Kendati demikian, Supriyanto berujar bahwa pihaknya masih belum bisa memastikan titik pemberangkatan KA komuter ini. Apakah dari Purwokerto atau Jogja terlebih dahulu. “Kemungkinan besar pakai satu eksekutif dan tujuh Premium. Tapi bisa berubah nanti,” tambahnya.

Prediksi rangkaiannya, bisa saja meneruskan KA Kamandaka dengan relasi Purwokerto-Semarang Tawang, atau bahkan ada KA baru lain lagi nantinya.

Lebih lanjut, Supriyanto menyampaikan bahwa KA ini mampu menjadi sarana angkutan alternatif bagi masyarakat atau penumpang dari kawasan pantai utara, ke wilayah selatan Jateng dan sebaliknya. Baik untuk kepentingan pekerjaan, pendidikan, wisata, dan lain sebagainya.

“Ini juga untuk masa angkutan Natal dan Tahun Baru. Karena okupansi KA Kamandaka sendiri rata-rata okupansinya di atas 80%. Purwokerto-Semarang, Purwokerto-Tegal-Semarang, cukup bagus,” katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya