Tutup Iklan

Kereta Ketel BBM Anjlok di Stasiun Madiun, Evakuasi Butuh 4 Jam

 Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLOPOS.COM - Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

Madiunpos.com, MADIUN — Kereta api ketel berisi bahan bakar minyak (BBM) anjlok di jalur 8 Stasiun Madiun, Rabu (31/7/2019) malam. Tidak ada korban jiwa maupun luka dalam kejadian itu.

Manajer Humas PT KAI Daop VII Madiun, Ixfan Hendriwintoko, mengatakan kereta ketel berisi BBM mengalami anjlok saat berada di Stasiun Madiun. Ada dua kereta dari rangkaian kereta yang anjlok yaitu kereta lokomotif bernomor CC 2040304 dan satu gerbong ketel bernomor GK 306594.

“Jadi ini satu rangkaian kereta ketel berisi BBM yang terdiri dari satu lokomotif dan 10 gerbong ketel. Tapi yang anjlok hanya dua kereta saja yaitu lokomotif dan satu gerbong ketel nomor satu atau tepat berada di belakang lokomotif,” kata Ixfan, Kamis (1/8/2019).

Dia menyampaikan untuk kereta lokomotif yang anjlok ada 6 as dan gerbong ketel urutan pertama yang anjlok ada 4 as. Menurut informasi dari pusat pengendali, peristiwa anjloknya kereta ketel itu terjadi Rabu sekitar pukul 20.41 WIB pada saat proses langsiran dari arah jalur 8 Stasiun Madiun.

Mengenai penyebab kejadian, kata Ixfan, masih dalam pengusutan tim. Yang jelas kejadian tersebut tidak berdampak pada operasional secara keseluruhan. Dua kereta yang anjlok tidak terguling.

“Korban tidak ada karena kejadian itu terjadi di jalur langsir,” jelas dia.

Proses evakuasi kemudian langsung dilakukan. Untuk gerbong ketel yang tidak anjlok selanjutnya dipindah menjauh supaya proses pekerjaan pengangkatan lancar.

Proses evakuasi membutuhkan waktu sekitar empat jam. Petugas mengangkat gerbong ketel yang anjlok menggunakan dongkrak. Sedangkan untuk pengangkatan kereta lokomotif menggunakan crane yang didatangkan dari Dipo Solo. Untuk kereta lokomotif ini mulai diangkat pukul 04.45 WIB dan berhasil diangkat pukul 05.40 WIB.


Berita Terkait

Berita Terkini

Bukan Jebakan Tikus, Petani Tanon Sragen Pilih Pasang Pagar Plastik

Sejumlah petani di Kecamatan Tanon, Sragen, memilih memakai pagar plastik daripada memakai jebakan tikus yang beraliran listrik karena berbahaya.

Wisata Heritage Diharapkan Bisa Hapus Stigma Negatif Kestalan Solo

Pengelola hotel di Kelurahan Kestalan, Banjarsari, Solo, mendukung rencana penataan kawasan sebelumnya terkenal sebagai lokasi mangkal PSK jadi tempat wisata heritage.

Peluang Indonesia Juara Piala AFF Terbuka Lebar, Ini Ulasannya

Timnas Indonesia baru akan mengawali pertandingan Kamis (9/12/2021) melawan Kamboja pada pukul 19.30 WIB.

Semeru Meletus, BPBD Klaten Siaga Antisipasi Bahaya Erupsi Merapi

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Klaten terus meningkatkan kesiapsiagaan untuk mengantisipasi potensi bahaya erupsi Gunung Merapi.

J-Hope BTS Punya 8 Juta Pengikut di Spotify, Rekor Baru Solois Korsel

Sebelumnya pada 21 Agustus 2021, J-HopeBTS  melampaui 7 juta pengikut di platform serupa.

Kelelahan Hebat Minions Diklaim Penyebab Gagal Juara

Kelelahan yang dialami pasangan berjuluk Minions ini merupakan akumulasi dari panjang dan padatnya jadwal pertandingan sejak bulan Oktober di tur Eropa.

Media Asing Sebut Indonesia Batal Beli Jet Tempur Sukhoi Rusia

Media asing sektor militer pertahanan dan militer melaporkan bahwa Indonesia telah membatalkan pembelian jet tempur Rusia Sukhoi Su-35.

Tiga Warga Boyolali Jadi Korban Pengeroyokan di Colomadu Karanganyar

Tiga warga asal Boyolali mengalami luka-luka akibat keributan yang terjadi di Cafe Jazz, Colomadu, Karanganyar, Sabtu (4/12/2021) malam.

Gunung Semeru Erupsi, Warganet Serukan Pray for Lumajang di Twitter

Warganet menunjukkan kepedulian mereka terhadap warga Lumajang yang sedang mengalami musibah dengan bersama-sama menggunakan tagar pray for Lumajang di jagat Twitter.

Duka Partai Golkar, Airlangga: Segera Bantu Warga Sekitar Semeru!

Airlangga meminta kepada Badan Penanggulangan Bencana DPP Partai Golkar segera membantu masyarakat yang terdampak dengan memenuhi kebutuhan dasar berupa sembako dan membagikan masker bagi para pengungsi.

+ PLUS Kedisiplinan Masyarakat Kunci Mencegah Ancaman Gelombang Ketiga

Komitmen pemerintah mengantisipasi ancaman lonjakan penularan Covid-19 memunculkan optimisme Indonesia bakal lolos dari potensi lonjakan gelombang ketiga penularan Covid-19.

Ada Pohon Natal Ramah Lingkungan di 2 Hotel Solo, Begini Penampakannya

Dua hotel ternama di Kota Solo membuat pohon natal ramah lingkungan untuk memeriahkan momen Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2021.

Flashmob Tari Topeng Ireng Dipentaskan di Panggung Hotel di Boyolali

Flashmob tari topeng dari Sanggar Tari Langen Beksan Kinasih (LBK) Erawati kali pertama dipentaskan di salah satu hotel di Ngemplak, Boyolali.

Tagar Randy Bagus Hari Sasongko Trending di Twitter

Diketahui, Bripka Randy Bagus ini berdinas di Polres Pasuruan dan telah ditetapkan tersangka.

Data Anak Sasaran Vaksinasi Covid-19 Sukoharjo Ditarget Siap Akhir 2021

Satgas Penanganan Covid-19 Sukoharjo menargetkan pendataan anak usia 6-12 tahun sasaran vaksinasi virus corona kelar akhir 2021 ini.