Kereta Kelinci Dilarang di Jalan Raya, Ini Hukumannya yang Melanggar

Dalam aturan lalu lintas, kereta kelinci tak boleh beroperasi di jalan raya. Bagi yang melanggar terancan kena hukuman ini.

 Aparat Polres Sukoharjo melakukan sosialisasi dalam upaya antisipasi adanya bahaya dari kereta kelinci yang tidak standar fisik dan administrasi kendaraan, Kamis (12/5/2022). (Istimewa-Polres Sukoharjo)

SOLOPOS.COM - Aparat Polres Sukoharjo melakukan sosialisasi dalam upaya antisipasi adanya bahaya dari kereta kelinci yang tidak standar fisik dan administrasi kendaraan, Kamis (12/5/2022). (Istimewa-Polres Sukoharjo)

Solopos.com Stories

Solopos.com, SOLO — Kereta Kelinci yang kerap disukai anak-anak ternyata tak boleh beroperasi di jalan raya. Jika nekat, pelanggar akan dikenakan hukuman sesuai aturan.

PromosiIsu Strategis Penentu Kelancaran Pemilu 2024

Menurut Kasatlantas Polres Boyolali, AKP Abdul Mufid, kereta kelinci tidak memiliki izin operasional sehingga memang tidak boleh beroperasi di jalan raya. Dia menegaskan tidak ada izin operasional untuk kendaraan modifikasi, seperti halnya kereta kelinci.

Mufid pun mengakui seharusnya kendaraan modifikasi tersebut hanya beroperasi di area tempat wisata yang bekerja sama dengan Dinas Pariwisata.

“Kalau di tempat wisata, biasanya tiket masuk sudah termasuk asuransi jika terjadi kecelakaan di lokasi wisata tersebut,” jelas dia, sebagaimana diberitakan Solopos.com sebelumnya.

Baca Juga:  Benarkah Nonton Film di Bioskop Haram? Ini Hukumnya Menurut NU

Sementara itu, KBO Satlantas Polres Sukoharjo, Iptu Sri Wuri, mengatakan kereta kelinci dianggap tidak layak jalan mengingat tidak adanya penutup samping, dan tidak ada uji kelayakan jalan serta tidak memenuhi uji tipe. Tak hanya itu, kereta kelinci juga tidak memiliki TNKB, STNK, SIM, trayek, tanda lulus uji maupun cara penggandengan kendaraan.

Sementara itu, dari skripsi yang diterbitkan Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia (FH UII) berjudul Penegakan Hukum Pengaturan Kereta Kelinci di Kabupaten Bantul, berdasarkan Pasal 47 ayat 2 UU 22/2009, tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Raya, kendaraan bermotor dibagi menjadi empat jenis, yakni Sepeda motor, mobil penumpang, mobil barang, mobil bus, dan kendaraan khusus.

Baca Juga:  Akhirnya Terjawab, Ini Kepanjangan MD dalam Nama Mahfud MD

Kereta kelinci sendiri tidak termasuk dalam ke lima jenis kendaraan tersebut. Berdasarkan Pasal 285 ayat (2) Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Raya, bahwa setiap orang yang mengemudikan kendaraan roda 4 atau lebih (kereta kelinci) yang tidak memenuhi persyaratan teknis (Pasal 106 ayat 3 jo Pasal 48 ayat 2) akan dikenakan pidana kurungan maksimal 2 bulan atau denda Rp500.000.

Baca Juga:  Ternyata Ini Suami dari Dirut Pertamina Nicke Widyawati

 

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Aksi Gladiator Rampokan Macan, Satu Penyebab Punahnya Harimau Jawa

+ PLUS Aksi Gladiator Rampokan Macan, Satu Penyebab Punahnya Harimau Jawa

Aksi pertarungan antara manusia dengan hewan sebagai tontonan publik layaknya gladiator pernah berlangsung di wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur pada abad ke-17 hingga awal abad ke-20, berjuluk Rampokan Macan yang diduga menjadi salah satu penyebab menyusutnya populasi hingga punahnya harimau Jawa.

Berita Terkini

Telat Bayar Pajak Motor, Ini Cara Hitung Dendanya

Perhatikan tengat waktu pembayaran pajak motor jangan sampai telat karena jika telat Anda harus membayar denda pajak motor juga.

Begini Cara Mendapatkan Pelat Nomor Putih Untuk Kendaraan Bermotor

Pemilihan warna putih untuk pelat nomor supaya mudah terlihat di kamera CCTV ETLE atau yang sering disebut tilang elektronik.

Daftar Mobil Pikap Bekas Untuk Usaha, Harga di Bawah Rp50 Juta

Di pasaran banyak dijual mobil pikap bekas dengan harga yang cukup terjangkau, bahkan ada yang di bawah Rp50 jutaan.

Ini Dia DFSK Gelora E Yang Siap Mendukung KTT G20

DFSK Gelora E cocok digunakan sebagai kendaraan angkutan shuttle di lingkungan KTT G20 yang nyaman dan ramah lingkungan

Sejarah Mobil di Dunia Dimulai Pada 1769 dari Negara Ini

Keberadaan mobil yang saat ini terdiri dari berbagai merek dan varian tidak terlepas dari sejarah awal penemuan mobil.

Pelat Nomor Berwarna Putih Berlaku Pertengahan 2022, Catat!

Korlantas Polrsi segera menerapkan kebijakan plat nomor putih dengan tulisan hitam untuk kendaraan bermotor mulai pertengahan 2022

Anak Pandai Besi, Soichiro Wujudkan Mimpi Raih Sukses Bersama Honda

Sukses hanya satu persen dari pekerjaan dan sisanya adalah berani mengatasi rintangan. Itu adalah prinsip Soichiro Honda yang mewujudkan mimpi bisa mendirikan Honda Motor Company walau dia terlahir sebagai anak seorang pandai besi.

Ini Harga OTR di Jateng Honda CRF1100L Africa Twin Adventure Sports

Sebelum mengetahui harga on the road atau OTR di Jateng, simak terlebih dulu sejumlah penyegaran di model anyar Honda CRF1100L Africa Twin Adventure Sports ini.

Digelar di Tawangmangu, Deklarasi CB150X Chapter Jawa Tengah Meriah

Sepeda motor sport adventure CB150X kian menjadi sorotan sebagai idaman bagi anak muda sejak diluncurkan secara Regional Jawa Tengah pada Desember lalu. 

Ini Tips Merawat Mobil Tetap Prima Setelah Mudik

Berikut ini beberapa tips merawat mobil agar tetap prima dan siap digunakan beraktivitas kembali dari Daihatsu.

Ini Penyebab Rantai Sepeda Motor Cepat Kendur

Masalah yang sering atau umum terjadi pada rantai adalah kendur atau melar. Penyebabnya banyak faktor.

Penjualan Daihatsu Hingga April 2022 Cetak Market Share 19,5%

Penjualan Daihatsu hingga April 2022 mencatatkan tren pertumbuhan positif.

Kenapa Pembatas Jalan Berwarna Hitam Putih, Mau Tahu Jawabannya?

Rambu yang melekat pada jalan warnanya hanya hitam, putih dan kuning. Termasuk juga pembatas jalan yang berwarna hitam putih.

Motor Baru Tak Boleh Buat Boncengan? Ini Lho Penjelasannya

Sepeda motor baru boleh buat boncengan? Pertanyaan ini sering muncul ketika baru saja membeli sepeda motor baru.

Porsche Luncurkan Model Mobil E-Hybrid di Indonesia

Model Cayenne dan Panamera E-Hybrid melengkapi Taycan serba listrik sebagai komponen utama dari strategi E-Performance Porsche Indonesia.

Subaru Luncurkan Forester Generasi Kelima di Indonesia

Subaru melalui PT Plaza Auto Mega sebagai agen pemegang merek (APM), meluncurkan The All New Subaru Forester generasi kelima di Indonesia.