Kereta Kelinci Dilarang di Jalan Raya, Ini Hukumannya yang Melanggar

Dalam aturan lalu lintas, kereta kelinci tak boleh beroperasi di jalan raya. Bagi yang melanggar terancan kena hukuman ini.

 Aparat Polres Sukoharjo melakukan sosialisasi dalam upaya antisipasi adanya bahaya dari kereta kelinci yang tidak standar fisik dan administrasi kendaraan, Kamis (12/5/2022). (Istimewa-Polres Sukoharjo)

SOLOPOS.COM - Aparat Polres Sukoharjo melakukan sosialisasi dalam upaya antisipasi adanya bahaya dari kereta kelinci yang tidak standar fisik dan administrasi kendaraan, Kamis (12/5/2022). (Istimewa-Polres Sukoharjo)

Solopos.com Stories

Solopos.com, SOLO — Kereta Kelinci yang kerap disukai anak-anak ternyata tak boleh beroperasi di jalan raya. Jika nekat, pelanggar akan dikenakan hukuman sesuai aturan.

PromosiKendaraan Nyelonong Jadi Kekhawatiran Saat Penerapan MLFF di Jalan Tol

Menurut Kasatlantas Polres Boyolali, AKP Abdul Mufid, kereta kelinci tidak memiliki izin operasional sehingga memang tidak boleh beroperasi di jalan raya. Dia menegaskan tidak ada izin operasional untuk kendaraan modifikasi, seperti halnya kereta kelinci.

Mufid pun mengakui seharusnya kendaraan modifikasi tersebut hanya beroperasi di area tempat wisata yang bekerja sama dengan Dinas Pariwisata.

“Kalau di tempat wisata, biasanya tiket masuk sudah termasuk asuransi jika terjadi kecelakaan di lokasi wisata tersebut,” jelas dia, sebagaimana diberitakan Solopos.com sebelumnya.

Baca Juga:  Benarkah Nonton Film di Bioskop Haram? Ini Hukumnya Menurut NU

Sementara itu, KBO Satlantas Polres Sukoharjo, Iptu Sri Wuri, mengatakan kereta kelinci dianggap tidak layak jalan mengingat tidak adanya penutup samping, dan tidak ada uji kelayakan jalan serta tidak memenuhi uji tipe. Tak hanya itu, kereta kelinci juga tidak memiliki TNKB, STNK, SIM, trayek, tanda lulus uji maupun cara penggandengan kendaraan.

Sementara itu, dari skripsi yang diterbitkan Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia (FH UII) berjudul Penegakan Hukum Pengaturan Kereta Kelinci di Kabupaten Bantul, berdasarkan Pasal 47 ayat 2 UU 22/2009, tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Raya, kendaraan bermotor dibagi menjadi empat jenis, yakni Sepeda motor, mobil penumpang, mobil barang, mobil bus, dan kendaraan khusus.

Baca Juga:  Akhirnya Terjawab, Ini Kepanjangan MD dalam Nama Mahfud MD

Kereta kelinci sendiri tidak termasuk dalam ke lima jenis kendaraan tersebut. Berdasarkan Pasal 285 ayat (2) Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Raya, bahwa setiap orang yang mengemudikan kendaraan roda 4 atau lebih (kereta kelinci) yang tidak memenuhi persyaratan teknis (Pasal 106 ayat 3 jo Pasal 48 ayat 2) akan dikenakan pidana kurungan maksimal 2 bulan atau denda Rp500.000.

Baca Juga:  Ternyata Ini Suami dari Dirut Pertamina Nicke Widyawati

 

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Konsumen dan Aktivis Desak McDonald’s Asia Tinggalkan Kandang Baterai

+ PLUS Konsumen dan Aktivis Desak McDonald’s Asia Tinggalkan Kandang Baterai

Koalisi organisasi perlindungan hewan Act for Farmed Animals bersama Open Wing Alliance menyelenggarakan protes massal menuntut McDonald’s Asia menghentikan penggunaan telur ayam dari kandang baterai.

Berita Terkini

Istilah Mobil Bodi Kaleng, Apa Maksudnya Bro?

Pasar otomotif Indonesia saat ini cukup memanjakan konsumen dengan beragam pilihan merek mobil dan jenis mobil.

Begini Efek Terendam Air Laut terhadap Motor Korban Banjir Rob

Efek terendam air laut terlalu lama, sejumlah sepeda motor korban banjir rob harus menjalani service berat.

Pebalap AHRT Optimis Raih Podium di ARRC Sepang

Lima pebalap Astra Honda Racing Team (AHRT) menatap optimis seri kedua Asia Road Racing Championship (ARRC) 2022 di Sepang, Malaysia.

Trabas Hujan, Sepeda Motor Wajib Dicuci Ini Alasannya

Sepeda motor setelah menerabas hujan sebaiknya segera dicuci, selain agar tampilannya tetap bersih, juga mengindari dampak buruk.

All New Tracker RS, SUV Kecil dari Chevrolet

Chevrolet mengenalkan sport utility vehicle atau SUV berukuran kecil, All New Tracker RS khusus untuk pasar otomotif di China.

Jangan Salah Beli, Kenali Ciri-ciri Mobil Bekas Banjir

Mobil bekas kena banjir, pada dasarnya walau sudah dibersihkan tidak bisa benar-benar bersih. Pasti masih ada sisa lumpur atau jamur.

Begini Cara Memperbaiki Motor Kena Banjir Rob, Biar Tidak Parah

Memperbaiki motor kena banjir rob adalah dengan menguras dan flushing oli dalam mesin yang sudah tercampur air, atau sebaiknya bawa ke bengkel motor.

Ini Bahayanya Jika Sepeda Motor Terkena Banjir Rob

Sepeda motor yang terendam banjir rob membuat karyawan tidak berani menghidupkan mesin. Karena bahaya jika motor kena banjir rob langsung dinyalakan.

Kenali Penyebab Nyala Lampu Mobil Anda Kurang Terang

Lampu mobil adalah salah satu komponen yang cukup penting saat berkendara, karena dengan lampu pengemudi bisa nyaman dan aman berkendara pada malam hari.

Sakura, Mobil Listrik Nissan Yang Dijual Seharga Rp200 Jutaan

Pasar mobil listrik semakin ramai dengan kehadiran Nissan Sakura, mobil bergaya kei car yang kompak mungil.

Motor Adventure dari Zero Motorcycles Meluncur di 2023

Produsen motor listrik asal Amerika Serikat (AS), Zero Motorcycles akan menghadirkan motor adventure.

Hino Kenalkan Line Up Euro4 kepada Konsumen Soloraya, Ini Kelebihannya

PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) bersama PT Mitra Pratama Mobilindo mengenalkan langsung truk Hino dengan standar mesin emisi Euro4.

Sudah Kantongi SIM, Ini Tips Aman Naik Motor untuk Pemula

Meski sudah mengantongi SIM, seorang pemula membutuhkan beberapa tips agar aman berkendara naik motor.

Ini Yang Dilakukan Setelah Motor Terendam Banjir

Akibat rob tanggul di Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang jebol, Senin (23/5/2022) banyak sepeda motor yang terendam banjir.

Mau Cari Mobil Angsuran Rp1 Jutaan, Ini Rekomendasinya

Anda tetap bisa memiliki mobil bekas dengan angsuran ringan yakni Rp1 jutaan per bulannya.

Mobil Honda Ini Resmi Jadi Safety Car di Mandalika Track Day 2022

Sebagai safety car, All New Honda Civic RS mempunyai karakter sporty, mulai dari desain eksterior dan performa mesin yang responsif.