Kereta Kelinci Dilarang di Jalan Raya, Ini Hukumannya yang Melanggar

Dalam aturan lalu lintas, kereta kelinci tak boleh beroperasi di jalan raya. Bagi yang melanggar terancan kena hukuman ini.

 Aparat Polres Sukoharjo melakukan sosialisasi dalam upaya antisipasi adanya bahaya dari kereta kelinci yang tidak standar fisik dan administrasi kendaraan, Kamis (12/5/2022). (Istimewa-Polres Sukoharjo)

SOLOPOS.COM - Aparat Polres Sukoharjo melakukan sosialisasi dalam upaya antisipasi adanya bahaya dari kereta kelinci yang tidak standar fisik dan administrasi kendaraan, Kamis (12/5/2022). (Istimewa-Polres Sukoharjo)

Solopos.com Stories

Solopos.com, SOLO — Kereta Kelinci yang kerap disukai anak-anak ternyata tak boleh beroperasi di jalan raya. Jika nekat, pelanggar akan dikenakan hukuman sesuai aturan.

PromosiCara Meningkatkan Omzet & Performa di Tokopedia, Enggak Sulit Kok!

Menurut Kasatlantas Polres Boyolali, AKP Abdul Mufid, kereta kelinci tidak memiliki izin operasional sehingga memang tidak boleh beroperasi di jalan raya. Dia menegaskan tidak ada izin operasional untuk kendaraan modifikasi, seperti halnya kereta kelinci.

Mufid pun mengakui seharusnya kendaraan modifikasi tersebut hanya beroperasi di area tempat wisata yang bekerja sama dengan Dinas Pariwisata.

“Kalau di tempat wisata, biasanya tiket masuk sudah termasuk asuransi jika terjadi kecelakaan di lokasi wisata tersebut,” jelas dia, sebagaimana diberitakan Solopos.com sebelumnya.

Baca Juga:  Benarkah Nonton Film di Bioskop Haram? Ini Hukumnya Menurut NU

Sementara itu, KBO Satlantas Polres Sukoharjo, Iptu Sri Wuri, mengatakan kereta kelinci dianggap tidak layak jalan mengingat tidak adanya penutup samping, dan tidak ada uji kelayakan jalan serta tidak memenuhi uji tipe. Tak hanya itu, kereta kelinci juga tidak memiliki TNKB, STNK, SIM, trayek, tanda lulus uji maupun cara penggandengan kendaraan.

Sementara itu, dari skripsi yang diterbitkan Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia (FH UII) berjudul Penegakan Hukum Pengaturan Kereta Kelinci di Kabupaten Bantul, berdasarkan Pasal 47 ayat 2 UU 22/2009, tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Raya, kendaraan bermotor dibagi menjadi empat jenis, yakni Sepeda motor, mobil penumpang, mobil barang, mobil bus, dan kendaraan khusus.

Baca Juga:  Akhirnya Terjawab, Ini Kepanjangan MD dalam Nama Mahfud MD

Kereta kelinci sendiri tidak termasuk dalam ke lima jenis kendaraan tersebut. Berdasarkan Pasal 285 ayat (2) Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Raya, bahwa setiap orang yang mengemudikan kendaraan roda 4 atau lebih (kereta kelinci) yang tidak memenuhi persyaratan teknis (Pasal 106 ayat 3 jo Pasal 48 ayat 2) akan dikenakan pidana kurungan maksimal 2 bulan atau denda Rp500.000.

Baca Juga:  Ternyata Ini Suami dari Dirut Pertamina Nicke Widyawati

 

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Kerusakan Lingkungan adalah Dampak Kebijakan Politik dan Pemerintahan

+ PLUS Kerusakan Lingkungan adalah Dampak Kebijakan Politik dan Pemerintahan

Urusan kerusakan lingkungan di Indonesia sebenarnya telah menjadi masalah sangat serius. Isu ini sebenarnya bagian dari domain politik. Kerusakan lingkungan adalah buah dari kebijakan dan politik.

Berita Terkini

Alessa eX3000 Motor Listrik Buatan Dalam Negeri, Ini Spesifikasinya

Pasar kendaraan listrik di Indonesia semakin ramai dengan kehadiran sepeda motor listrik Alessa eX3000

Triumph Luncurkan Street Triple RS 2022 Warna Baru di India

Tampil dengan pilihan warna baru, sepeda motor Triumph Motorcycles India yakni Street Triple RS meluncur di pasar otomotif India.

Isi Bensin Full Tank Apakah Bahaya? Ternyata Begini Jawabannya

Isi bensin full tank apakah bahaya? Pertanyaan ini sering dilontarkan beberapa pemilik kendaraan bermotor.

Gonta Ganti Merek Oli, Awas Ini Dampaknya Buat Sepeda Motor

Waktu pergantian oli, yang harus diperhatikan adalah tidak boleh gonta-ganti merek oli karena akan ada dampaknya untuk sepeda motor Anda.

Faktor Sejarah dan Budaya Bikin Mobil Jepang Rajai Jalanan di Indonesia

Sejak kali pertama mengaspal di Indonesia pada 1960-an, produk otomotif asal Jepang langsung menggeser dominasi produk serupa asal Amerika dan Eropa.

Ingin Baterai Mobil Listrik Hyundai IONIQ 5 Awet, Ini Caranya

Penurunan pemakaian baterai pada mobil listrik dipengaruhi cara dan kebiasaan mengisi daya. Umur baterai akan berbeda tergantung cara mengisi dayanya.

Cara Naik KRL Tanpa Kartu Yang Berlaku Mulai Hari Ini

Penumpang KRL atau Kereta Rel Listrik Commuter Line semakin dimudahkan untuk naik KRL tanpa kartu. Mau tahu cara naik KRL tanpa kartu?

Berapa Tarif Isi Daya Kendaraan Listrik di SPKLU PLN

Untuk pengisian daya baterai kendaraan listrik sudah ada SPKLU PLN. Lantas berapa tarif di SPKLU PLN.

Catat! Jenis Pelanggaran Tilang ETLE & Dendanya

Inilah sederet pelanggaran lalu lintas yang akan dikenai sanksi tilang elektronik atau ETLE.

Isi Radiator Mobil Masih Gunakan Air Biasa? Ini Efek Negatifnya

Mengisi radiator mobil dengan air biasa atau air dalam kemasan, bisa menimbulkan efek negatif pada radiator.

Tips Merawat Sepeda Motor Baru, Agar Performa Tetap Oke

Perawatan kendaraan, apalagi sepeda motor yang masih baru sangat diperlukan, agar tetap awet dan performa mesin tetap oke.

Barang-barang Ini Jangan Sampai Tertinggal di Dalam Mobil Ya Kak

Jangan sampai meninggalkan barang-barang ini di dalam mobil karena bisa berdampak pada kesehatan juga keamanan mobil.

Tips Merawat Kendaraan, Kapan Motor Harus Ganti Oli

Salah satu elemen sepeda motor yang harus diperhatikan adalah oli motor. Untuk itu kapan motor harus ganti oli, harus tahu.

Lagi Viral! Berapa Denda Tilang Tidak Pakai Helm Untuk Pemotor

Seorang pengendara motor di Sukoharjo mendapat surat tilang karena tidak mengenakan helm. Berapa denda tilang tidak pakai helm?

Terungkap, Penyebab Mesin Mobil Mati Mendadak Saat Melintasi Rel KA

Mesin mobil mati tiba-tiba saat melintasi rel kereta api, ternyata ini penyebabnya.

Ini Bahayanya Ada Batu Kerikil di Celah Ban Mobil

Anda harus memperhatikan kondisi ban mobil, bahkan jika ada batu kerikil yang menyelip di celah ban sekalipun.