SOLOPOS.COM - Kereta bandara Solo di Stasiun KA Bandara Adi Soemarmo Solo, Sabtu (28/12/2019). (Solopos/Farida Trisnaningtyas)

Solopos.com, SOLO—PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daops) VI Yogyakarta kembali mengoperasikan KA Bandara Internasional Adi Soemarmo (BIAS) yang disetop sejak Maret 2020 sebagai dampak pandemi Covid-19. KA yang melayani rute Bandara Adi Soemarmo - Stasiun Solo Balapan - Stasiun Klaten ini jalan lagi mulai Jumat (1/1/2021).

Kepala Stasiun KA Bandara, Helly Indrayanto, mengatakan KA BIAS mulai beroperasi lagi pada 1 - 19 Januari 2021. Menurutnya, Kereta BIAS kembali jalan dengan tiga relasi, yakni Bandara Adi Soemarmo - Klaten pergi pulang (PP), Solo Balapan - Klaten PP, dan Bandara Adi Soemarmo - Solo Balapan PP.

Promosi Anak Usaha Telkom Ikut Garap Proyek Kabel Laut Internasional 11.000 Km

Warga Nongkrong Diminta Pulang, Solo Lancar di Malam Tahun Baru

“Jadwal perjalanannya sama dengan dulu. Namun demikian tarifnya yang berbeda. Relasi Bandara Adi Soemarmo - Klaten Rp15.000, Solo Balapan - Klaten Rp8.000, dan Solo Balapan - Bandara Adi Soemarmo Rp7.000,” ujar dia, kepada Solopos.com, Jumat (1/1/2021).

Kereta Bandara  untuk relasi Bandara Adi Soemarmo - Klaten ada 22 perjalanan, relasi Solo Balapan - Klaten 2 perjalanan, dan Bandara Adi Soemarmo - Solo Balapan 10 perjalanan. Sedangkan jadwal keberangkatan KA BIAS relasi Bandara Adi Soemarmo - Klaten paling pagi dari bandara pada pukul 04.59 WIB. Sementara KA BIAS keberangkatan paling terakhir dari Bandara Adi Soemarmo - Klaten pukul 21.01 WIB dan pukul 22.58 WIB dari bandara - Stasiun Solo Balapan.

Melalui Aplikasi KAI Access

Di sisi lain, keberangkatan dari Klaten menuju Bandara Adi Soemarmo paling pagi pukul 05.35 WIB, sementara terakhir pukul 18. 36 WIB. Selain itu, jika dari Stasiun Solo Balapan - Bandara Adi Soemarmo paling pagi pukul 04.25 WIB dan keberangkatan terakhir pukul 22.27 WIB.

Manajer Humas PT KAI Daops VI, Supriyanto, menambahkan pihaknya mengawali Tahun Baru 2021 dengan mengoperasikan kembali KA BIAS mulai Jumat (1/1/2021). Menurutnya, para penumpang yang akan melakukan pembelian tiket dapat melalui aplikasi KAI Access mulai H-7 sebelum keberangkatan atau go show di loket stasiun.

Pengunjung Rumah Makan di Sukoharjo Kocar-Kacir Saat Diminta Rapid Test

“Hadirnya kembali angkutan KA BIAS ini diharapkan dapat menjadi andalan masyarakat sebagai moda transportasi yang terintegrasi antara pesawat dan KA sehingga perjalanan lebih nyaman dan tepat waktu. Dengan perjalanan KA BIAS yang beragam dari Klaten – Solo Balapan – Bandara Adi Soemarmo maupun sebaliknya, masyarakat dapat menyesuaikan jadwal penerbangannya di Bandara Adi Soemarmo. Selain itu, diharapkan juga dengan hadirnya kembali KA Bandara ini dapat lebih meningkatkan animo masyarakat untuk menggunakan transportasi massal,” jelas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya