Kereta Api yang Masih Beroperasi Saat Covid-19 Tinggal 8, 142 Perjalanan Dibatalkan
Ilustrasi kereta api Indonesia (Youtube)

Solopos.com, SOLO — PT Kereta Api Indonesia (KAI) kembali menambah daftar kereta api (KA) yang batal beroperasi untuk menegah rantai penularan wabah Covid-19. Hanya tersisa beberapa kereta api yang masih beroperasi selama April 2020.

Di wilayah PT KAI Daerah Operasional (Daops) VI Yogyakarta ada tambahan sebanyak 16 perjalanan KA yang dibatalkan. Dengan demikian, sebelumnya ada 126 perjalanan KA kini menjadi 142 perjalanan yang tidak beroperasi.

126 Trip Batal, Ini Kereta Api Jarak Jauh Yang Masih Beroperasi di Solo

Manajer Humas PT KAI Daops VI Yogyakarta, Eko Budiyanto, mengatakan bertambahnya operasional KA ini seiring dengan semakin merosotnya jumlah penumpang khususnya di wilayah Daops VI Yogyakarta. Selain itu, pembatalan ini untuk mendukung Pemerintah memutus rantai penularan virus corona.

“Pembatalan perjalanan KA ini berlaku mulai 10 April 2020 sampai 24 April 2020. Okupansinya sangat rendah, yakni di bawah 20%,” ujarnya, kepada Solopos.com, Jumat (10/4).

Eko menjelaskan sejumlah tambahan KA yang batal beroperasi adalah KA Argo Dwipangga, Bima, Gajayana, Senja Utama Solo, Fajar Utama Solo, Matarmaja, dan Brantas. Ini termasuk KA ekonomi Bengawan relasi Purwosari Solo - Pasarsenen Jakarta pergi pulang (PP). KA Bengawan merupakan KA Public Service Obligation (PSO).

DPRD Sukoharjo Pangkas Anggaran Perdin Rp2,3 M Untuk Atasi Corona

Daftar Kereta Api yang Masih Beroperasi

Menurutnya, pada hari - hari biasa sebelum mewabahnya Covid-19, PT KAI mengantarkan tidak kurang dari 30.000 penumpang per hari. Namun demikian, angka ini berangsur-angsur berkurang hingga di bawah 20% sejak Maret 2020.

“PT KAI juga mewajibkan para penumpang untuk memakai masker saat berada di stasiun maupun di dalam KA sebagai upaya menekan persebaran virus Covid-19. Jika aturan ini tak dipatuhi, maka PT KAI bakal melarang penumpang untuk naik KA mulai Minggu [12/4],” paparnya.

Bagi penumpang yang tidak bersedia menggunakan masker atau penutup mulut dan hidung, maka tidak diperkenankan naik KA. Selain itu, biaya pembelian tiket dikembalikan 100%.

Kasus Positif DBD Jateng 14 Kali Lipat Lebih Banyak dari Corona

Sementara itu, Kepala Stasiun Solo Balapan, Suharyanto, mengatakan masih ada sejumlah KA yang beroperasi. Setidaknya ada sebanyak delapan KA yang beroperasi, yakni railbus Batara Kresna, Prambanan Ekspres, Joglosemarkerto, Kahuripan, Sri Tanjung, Ranggajati, Sancaka, dan Wijaya Kusuma.

“Ada sejumlah KA yang beroperasi khususnya jarak jauh. Ini baik relasi ke timur seperti Surabaya maupun ke barat ke Jakarta,” jelasnya.

Dinkes Bantah Rasio Kematian Pasien Corona di Jateng Tinggi

Berikut daftar kereta api yang masih Beroperasi Selama wabah Covid-19 April 2020

  1. Railbus Batara Kresna
  2. Prambanan Ekspres
  3. Joglosemarkerto
  4. Kahuripan
  5. Sri Tanjung
  6. Ranggajati
  7. Sancaka
  8. Wijaya Kusuma



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom