SOLOPOS.COM - Ilustrasi KA Prameks (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

Kereta Api Prameks tetap akan melayani rute Prembun-Solo bakda Lebaran 2015.

Kanalsemarang.com, PURWOKERTO — PT Kereta Api Indonesia mempertahankan perpanjangan rute Kereta Api Prambanan Ekspres (Prameks) Prembun-Solo yang semula dilakukan khusus selama angkutan Lebaran 2015. Keputusan PT KAI itu diungkapkan Manajer Komunikasi Perusahaan PT KAI Daerah Operasi V Purwokerto Surono.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“KA Prameks yang semula melayani rute Kutoarjo-Solo pergi pulang (PP), selama masa angkutan Lebaran diperpanjang menjadi Prembun-Solo karena Stasiun Kutoarjo difokuskan untuk layanan KA jarak jauh,” katanya di Purwokerto, Senin (27/7/2015).

Terungkap selama masa angkutan Lebaran 2015 potensi penumpang di daerah Prembun cukup besar. Karena itulah, sambung dia, keberadaan KA Prameks di Stasiun Prembun akan tetap dipertahankan meskipun masa angkutan lebaran berakhir pada 27 Juli 2015.

Dengan demikian, lanjut dia, masyarakat Kabupaten Kebumen tetap bisa menikmati layanan KA Prameks dari Stasiun Prembun sehingga akan membantu efektivitas waktu dan biaya jika dibandingkan dengan naik dari Stasiun Kutoarjo yang letaknya lebih jauh. “Saat ini, rata-rata setiap hari ada sekitar 500-600 penumpang KA Prameks yang naik dari Stasiun Prembun. Bahkan, rata- rata ada 100-an calon penumpang yang tidak kebagian tiket setiap harinya,” kata Surono.

Menurut dia, tarif yang cukup terjangkau, kenyamanan, serta waktu tempuh yang lebih cepat dibandingkan moda angkutan jalan raya diyakini menjadi daya tarik masyarakat di Prembun dan sekitarnya untuk menggunakan KA Prameks.

Tarif PSO
Ia mengatakan bahwa KA Prameks yang merupakan salah satu kereta api dengan fasilitas subsidi tarif public service obligation (PSO). “Tarif KA Prameks dari Stasiun Prembun hanya sebesar Rp15.000. Sementara waktu tempuh Prembun-Jogja hanya satu jam 20 menit dan Prembun-Solo hanya dua jam 50 menit,” katanya.

Ia mengatakan bahwa saat ini ada tiga kali jadwal pemberangkatan KA Prameks dari Stasiun Prembun, masing-masing KA Prameks I berangkat pada pukul 06.00 WIB, KA Prameks II berangkat pukul 08.35 WIB, dan KA Prameks III berangkat pukul 19.05 WIB. Sementara untuk kedatangan KA Prameks di Stasiun Prembun, yakni KA Prameks I pukul 05.49 WIB, KA Prameks II pukul 07.57 WIB, dan KA Prameks III pukul 18.45 WIB.

“Dengan tetap dipertahankannya rute KA Prameks dari Stasiun Prembun diharapkan akan dapat membantu kemudahan transportasi masyarakat di Kabupaten Kebumen serta peningkatan perekonomian di daerah Prembun,” katanya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya