SOLOPOS.COM - Peluncuran Kereta Api (KA) K1 (kelas eksekutif) "New Image" dari PT Inka ke Stasiun KA Madiun, Jawa Timur, Jumat (4/3/2016). (JIBI/Solopos/Antara/Siswowidodo)

Kereta api baru New Image dikirimkan PT Inka Madiun untuk PT KAI.

Madiunpos.com, MADIUN — PT Industri Kereta Api (INKA) Madiun mengirimkan satu train set kereta api (KA) K1 New Image kepada PT KAI, Jumat (4/3/2016).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Peluncuran kereta ini dilepas secara resmi oleh Direktur Produksi PT INKA (Persero), Hendy Hendratno Adji.

Hendy Hendratno Adji mengatakan kereta K1 New Image tersebut merupakan pesanan PT KAI sejak 2015. Kereta K1 New Image tersebut merupakan salah satu kereta kelas eksekutif dari lima kereta kelas eksekutif lain yang dipesan PT KAI. Nilai kontrak dalam pengadaan kereta ini senilai Rp304 miliar.

Adji menyampaikan keunggulan kereta K1 New Image ini dibandingkan kereta lain yaitu K1 New Image memiliki bogie atau tempat roda yang baru didesain pada 2014 lalu, kecepatan kereta ini mencpaai 120 km/jam, dan tingkat pemegasan menggunakan tipe TB 1014.

Direktur Produksi PT Industri Kereta Api (Inka) Hendy Hendratno Adji (kiri) berbincang dengan karyawan PT Inka saat peluncuran Kereta Api K1 (kelas eksekutif) dari PT Inka ke Stasiun KA Madiun, Jawa Timur, Jumat (4/3/2016).  (JIBI/Solopos/Siswowidodo)

Direktur Produksi PT Industri Kereta Api (Inka) Hendy Hendratno Adji (kiri) berbincang dengan karyawan PT Inka saat peluncuran Kereta Api K1 (kelas eksekutif) dari PT Inka ke Stasiun KA Madiun, Jawa Timur, Jumat (4/3/2016). (JIBI/Solopos/Siswowidodo)

Satu train set K1 New Image ini terdiri atas 11 rangkaian kereta dengan susunan sembilan kereta untuk penumpang, satu kereta sebagai tempat makan atau restoran, dan satu kereta untuk pembangkit. Satu kereta penumpang berkapasitas 50 orang.

Lebih lanjut, di setiap gerbong dilengkapi dengan fasilitas pendingin ruangan atau air conditioner (AC), jaringan Internet gratis, kamera pengintai di setiap sudut kereta, dan empat unit televisi di setiap satu kereta.

Untuk tempat duduk penumpang, ujar Adji, menggunakan reclining seat yang bisa diatur sesuai keinginan penumpang. “Jadi, penumpang diberikan kenyamanan saat naik kereta ini. Kursi penumpang bisa diatur sesuai keinginan penumpang,” ujar dia kepada wartawan, Jumat.

Adji menambahkan kereta K1 New Image ini juga dilengkapi fasilitas untuk penyandang cacat. Yaitu, disediakan tempat khusus untuk mengikat kursi roda milik kaum difabel. Di setiap kereta disediakan satu unit fasilitas untuk kaum difabel, khususnya difabel yang menggunakan kursi roda.

“AC di kereta K1 New Image K1 merupakan produksi dari PT INKA sendiri. kapasitas pendinginan lebih tinggi 18.000 kilo kalori/jam, padahal desain lama hanya 15.000 kilo kalori/jam,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya