SOLOPOS.COM - Parama Pradana Suteja (Istimewa)

Solopos.com, SOLO -- Seorang warga Solo, Parama Pradana Suteja, diterima kuliah S2 di 11 universitas ternama dunia di Amerika Serikat (AS). Tujuh universitas di antaranya menawarkan fasilitas beasiswa untuknya dengan nilai total hingga Rp12 miliar.

Ke-11 universitas itu adalah Harvard University, Massachusetts Institute of Technology (MIT), Yale University, Princeton University, University of Pennsylvania, Columbia University, Cornell University, UC Berkeley, UCLA, USC, dan Rice University.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Mahasiswa UNS Solo Positif Corona Sempat ke Jakarta untuk Melayat

Kepada Solopos.com, laki-laki yang akrab disapa Dana itu menuturkan dia memang mengajukan aplikasi untuk kuliah di universitas-universitas tersebut. Tujuannya agar dia memiliki banyak cadangan kampus kalau tidak diterima di salah satunya, atau memiliki pilihan kalau diterima di beberapa universitas itu.

Menanti Sssstttt

“Proses aplikasi saya lakukan Januari-Desember 2019. Setelah saya tunggu pengumumannya, enggak nyangka banget kalau ternyata saya diterima di semua universitas itu. Jujur saja saya kaget,” kata Dana, Jumat (17/4/2020).

Pilih Harvard University

Warga Panularan, Laweyan, Solo ini pun mengaku sangat bersyukur memiliki kesempatan seluas itu untuk kuliah di universitas ternama.

Ada Kabar Pencurian di Karanganyar Semakin Merebak, Begini Kata Polisi

Dari sederet universitas itu, Dana akhirnya menjatuhkan pilihan untuk menempuh studi di Harvard University (Arsitektur).

Salah satu pertimbangan memilih Harvard University adalah karena paling sesuai dengan minatnya di bidang arsitektur.

Hari Ini Dalam Sejarah: 17 April 1895, Perang China-Jepang I Berakhir

“Selain itu, tiga studio profesor saya juga lulusan sana [Harvard University] sehingga ini juga memengaruhi pilihan saya,” kata Dana yang akan mulai menempuh studi pada Agustus ini.

Ia menceritakan sebelumnya dia memang sudah tinggal di Negeri Paman Sam. Setelah lulus SMA Regina Pacis, Solo pada 2014, Dana melanjutkan studi S1 di Diablo Valley College (2014-2016) dan berlanjut ke University of California Berkeley 2016-2018.

UPDATE Berita Terbaru Virus Corona di Solo

“Saya mengambil jurusan mayor arsitektur dan minor pada teori arsitektur lanskap dan perencanaan lingkungan,” imbuh laki-laki kelahiran Solo, 11 November 1995 ini.

Bekerja di San Fransisco

Lulus dari Berkeley, dia tidak langsung pulang ke Indonesia dan memilih bekerja dulu di AS. Selama dua tahun (2018-2019) ia bekerja di biro arsitektur di San Francisco.

Passion-nya di bidang arsitektur ini kemudian mendorongnya untuk mendalami arsitektur Jepang sambil bekerja di sebuah biro arsitektur di Tokyo selama empat bulan sejak September hingga Desember 2019.

Kumpulan Lirik Lagu

“Di Jepang, kontrak kerjanya memang hanya empat bulan. Lalu saya pulang ke Solo sambil menunggu pengumuman dari aplikasi kuliah S2 yang saya buat di Amerika dan Jepang pada 2019,” imbuh alumni SD dan SMP Kalam Kudus Solo ini.

Sementara itu, meski harus menimba ilmu ke negeri orang, Dana mengaku tetap berkeinginan memanfaatkan ilmunya kelak untuk membangun Indonesia.

Gejala yang Sering Tak Disadari Pasien Virus Corona

“Saya tetap ingin pulang dan membangun Indonesia.”

Dengan pencapaianya dalam meraih kesempatan mencari ilmu ke AS ini ia berharap bisa menjadi inspirasi bagi siswa dan mahasiswa Indonesia.

Gagal Jantung Tak Pandang Usia, Kenali Gejalanya



Dana ingin menjadi salah satu contoh bahwa orang Indonesia memiliki kesempatan yang luas untuk sekolah atau kuliah di universitas terbaik.

“Selama saya di AS, saya banyak temui mahasiswa dari negara lain, tapi jarang sekali saya temui orang Indonesia. Padahal kesempatannya sama. Makanya bagi yang ingin kuliah di luar negeri, dicoba saja. Biayanya memang mahal, tapi kan ada cara lain yaitu dengan mencari beasiswa,” ajaknya.

Curiga Terpapar Virus Corona Tanpa Gejala? Periksa Kaki Anda

Sementara itu, salah satu guru di SMA Regina Pacis Solo, Robertus Margana, saat dihubungi Solopos.com mengatakan sangat bangga terhadap alumninya tersebut.

“Tentu kabar ini sangat membanggakan. Dan dia bisa menjadi inspirasi bagi siswa-siswa kami lainnya agar lebih bersemangat belajar,” ujarnya.

Penghuni Indekos Kentingan Positif Corona Mahasiswa Kedokteran UNS Solo

Indekos Mahasiswa UNS Solo Positif Covid-19 Diperiksa Petugas Kesehatan, Begini Hasilnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya