SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SRAGEN — Dalam rangka menumbuhkan minat baca siswa, SMPN 2 Plupuh Sragen menggalakkan sejumlah inovasi, salah satunya rencana pembuatan kantin di perpustakaan sekolah.

Saat ini sejumlah pojok baca dan gazebo dalam tahap pembangunan di kompleks sekolah. Pojok baca dan gazebo tersebut menjadi alternatif siswa untuk lokasi membaca selain di ruang perpustakaan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Di setiap pojok baca dan gazebo akan dilengkapi berbagai peribahasa Jawa. Harapannya siswa bisa menghafal dan mengamalkan makna yang terkandung dalam setiap peribahasa Jawa tersebut. “Contoh peribahasanya, Ajining diri saka lathi, ajining raga saka busana,” yang artinya harga diri seseorang dari lidahnya [omongannya], dan harga diri badan dari pakaian yang dikenakan. Melalui peribahasa Jawa ini, kami ingin membentuk siswa yang berkarakter,” terang Pengelola Perpustakaan SMPN 2 Plupuh, Eko Hartanto, kepada Solopos.com, Jumat (13/4/2019).

Ekspedisi Mudik 2024

Dalam rangka meningkatkan kunjungan siswa, Ruang Perpustakaan SMPN 2 Plupuh juga akan dilengkapi fasilitasi kantin atau minimarket. Jadi, untuk sekadar makan dan minum, siswa tidak perlu keluar dari perpustakaan. “Sekarang jumlah kunjungan siswa memang kurang maksimal. Dalam sehari rata-rata 20 siswa yang mampir ke ruang perpustakaan. Setelah ada fasilitas kantin, harapannya siswa makin betah berlama-lama di perpustakaan,” jelas Eko Hartanto.

Perpustakaan SMPN 2 Plupuh saat ini memiliki koleksi lebih dari 2.600 buku fiksi, nonfiksi, maupun buku paket mata pelajaran. Agar siswa memiliki wawasan luas dan update terhadap berita atau informasi terkini, Perpustakaan SMPN 2 Plupuh berlangganan beberapa majalah dan surat kabar. Salah satunya Harian Solopos. “Sekarang kami baru mengembangkan sistem digital di perpustakaan. Jadi, setiap buku nanti diberi barcode khusus guna memudahkan pelayanan kepada siswa yang ingin meminjam buku,” terang Eko Hartanto.

Kepala SMPN 2 Plupuh, Suharno, berharap perpustakaan bisa menjadi tumpuan literasi sekaligus menjadi arena untuk menambah wawasan seluas-luasnya. Dia berharap inovasi yang dilakukan di bidang perpustakaan dapat menambah minat siswa dalam membaca buku.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya